Pendampingan Pengajaran Bahasa Inggris dengan Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Multimodal di Kabupaten Cianjur

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i2.3851

Keywords:

media pembelajaran, multimodal digital, bahasa Inggris

Abstract

Guru Bahasa Inggris sekolah dasar di Kabupaten Cianjur membutuhkan bimbingan dalam menerapkan media pembelajaran Bahasa Inggris digital yang berbasis multimodal. Pendampingan pengajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan media pembelajaran berbasis multimodal merupakan sebuah solusi untuk meningkatkan kompetensi guru-guru Bahasa Inggris di Kabupaten Cianjur, khususnya guru Bahasa Inggris di Kecamatan Cipanas. Pendampingan pengajaran Bahasa Inggris dilakukan melalui kegiatan pelatihan serta praktik pengajaran Bahasa Inggris di kelas. Kegiatan pelatihan dilaksanakan dengan menggunakan media pembelajaran berbasis multimodal (virtual reality /VR, YouTube, Power Point, LKPD, dan laptop). Pendampingan dilaksanakan melalui tiga tahapan, yaitu perancangan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kegiatan penagbdian ini membantu para guru menggunakan virtual reality/VR yang terintegrasi dengan beberapa media pembelajaran berbasis multimodal dalam sebuah pembelajaran Bahasa Inggris, mengunduh video 3600 dari kanal YouTube, memilih video 3600 yang tepat untuk pengajaran Bahasa Inggris, serta menstimulus pengetahuan siswa dengan menggunakan sejumlah media pembelajaran berbasis multimodal lainnya. Dengan demikian, para guru Bahasa Inggris diharapkan mampu melaksanakan pengajaran Bahasa Inggris yang lebih menarik dan interaktif bagi siswanya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-08-01

How to Cite

Nurviyani, V., Halimah, H., Sanda, V. L., Tadjudin, I. R., & Ummah, U. B. (2022). Pendampingan Pengajaran Bahasa Inggris dengan Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Multimodal di Kabupaten Cianjur. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 477–492. https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i2.3851