Pelatihan E-Commerce dan Social Commerce untuk Meningkatkan Kompetensi Tecnopreneurship pada Siswa SMK

Authors

  • Ana Zahrotun Nihayah UIN Walisongo Semarang
  • Tatim Musolichah UIN Walisongo Semarang
  • Lathif Hanafir Rifqi UIN Walisongo Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i3.3876

Keywords:

technopreneurship, e-commerce, social commerce

Abstract

Pelatihan technopreneurship pada siswa SMK Dwi Sakti Tuban dilatarbelakangi oleh data nasional yang menunjukkan tingkat pengangguran lulusan SMK di antara kategori lain tergolong tertinggi (sebanyak 13,55%). Pada observasi awal diperoleh data bahwa sebagian siswa SMK Dwi Sakti memiliki akun media   sosial dan dapat mengoperasikan smartphone dengan baik. Namun, sedikit sekali yang memiliki  wawasan mengenai e-commerce dan social commerce. Secara garis besar, metode pengabdian ini meliputi tiga hal yaitu identifikasi masalah lapangan, pelatihan, dan evaluasi. Pelatihan diikuti oleh 34 siswa berlokasi di gedung sekolah SMK Dwi Sakti pada 7 Agustus 2021. Evaluasi hasil pelatihan menggunakan uji chi kuadrat yang membandingkan tingkat harapan dan realita dari uji pre-test dan posttest. Hasil analisis chi kuadrat menunjukkan tidak ada perbedaan antara harapan dengan realita dari peningkatan kompetensi siswa. Persentase peningkatan kompetensi siswa setelah pelatihan secara realita telah sesuai dengan persentase peningkatan kompetensi siswa yang diharapkan sebelum dilakukan pelatihan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, M. (2014). Manajemen bisnis syariah. Aswaja Persindo.

Annur, C. M. (2021). Jumlah pengangguran capai 8,75 juta orang per februari 2021. Databoks. (Online), (https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/05/05/jumlah-pengangguran-capai-875-juta-orang-per-februari-2021)

Apriadi, D., & Arie Yandi Saputra. (2017). E-Commerce Berbasis marketplace dalam upaya mempersingkat distribusi penjualan hasil pertanian. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), 1(2), 131–136.

Arofah, I. (2018). Analisis persepsi biaya kuliah perguruan tinggi dengan menggunakan metode regresi logistik ordinal. Jurnal Statistika Dan Aplikasinya, 2(1), 21–29.

Asnal, H., Jamaris, M., Mardainis, Susanti, & Zoromi, F. (2020). Pelatihan web e-commerce untuk mempromosikan produk unggulan pada smkn 4 pekanbaru. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat J–PEMAS, 1(1).

Cahayaningsih, I. P. (2020). Peran kepemimpinan wanita di era modern. Al Yasini: Jurnal Keislaman, Sosial, Hukum, dan Pendidikan, 5, 168–181.

Gimin, S., Gani Haryana, & Saryono. (2018). Desain pendidikan kewirausahaan mahasiswa berbasis technopreneurship. Jurnal ekonomi pendidikan dan kewirausahaan J, 6(2), 171–186.

Harahap, E. F. (2016). Model karakteristik dan peranan pekerja informal di kota padang. E-Jurnal Apresiasi Ekonomi, 4(3), 169–176.

Hariono, T., Hilyah Ashoumi, Habib Qoirul Tabiin, & Mochammad Khoirul Faizin. (2021). PKM pembuatan e-commerce desa banjarsari. Jumat Informatika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 51–55.

Hilmy, E. P. M. E. A. H. M. R. (2021). Pelatihan kiat sukses jadi entrepreneur muda di masa pandemi covid-19 dan new normal. The 2nd Seminar Nasional ADPI Mengabdi Untuk Negeri Pengabdian Masyarakat Di Era New Normal, 104–110.

J.Barber, S., NoelleLopez, KritiCadambi, & Alfereza, S. (2020). The limited roles of cognitive capabilities and future time perspective in contributing to positivity effects. Cognition, 200(July).

Kurniawan, A., Muhammad Khafid, & Amin Pujiati. (2016). Pengaruh lingkungan keluarga, motivasi, dan kepribadian terhadap minat wirausaha melalui self efficacy. Journal of Economic Education, 5(1), 100–109.

Lina, L. F., & Berlintina Permatasari. (2020). Social media capabilities dalam adopsi media sosial guna meningkatkan kinerja umkm. Jembatan: Jurnal Ilmiah Manajemen, 17(2), 227–238.

Maulina, M., & Nono Hery Yoenanto. (2022). Optimalisasi link and match sebagai upaya relevansi SMK dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI). Jurnal Akuntabilitas : Manajemen Pendidikan, 10(1), 28–37.

Mikkael, Touana, & Takrim. (2020). PkM pelatihan peningkatan usaha mikro dalam mewujudkan smart business melalui smartphone di masa pandemi Covid-19. Yumary: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 35–40.

Mufti, A., Novianti, D., & Anjani, D. (2017). Analisis perancangan sistem e-commerce untuk jual beli hasil pertanian berupa beras. Semnasteknomudia Online, 5(1).

Muhazir, A., Sya, A. Z., Siagian, Y., & Hutahaean, J. (2021). Motivasi penerapan e-commerce dalam mebangun minat berwirausaha siswa smk negeri 6 tanjung balai. Journal of Social Responsibility Projects by Higher Education Forum, 1(3).

Novaliendry, D. (2019). Pengembangan keterampilan siswa dibidang desain grafis dan ecommerce dibidang jasa digital printing. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 12(02).

Oahlevi, R. (2021). Tingkat Pengangguran Terbuka Lulusan SMK Paling Tinggi. Databoks. (Online) (https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/11/06/tingkat-pengangguran-terbuka-lulusan-smk-paling-tinggi)

Pradiani, T. (2018). Pengaruh sistem pemasaran digital marketing terhadap peningkatan volume penjualan hasil industri rumahan. Urnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53.

Prasetya, M. N., Domloboy, E. N., & Nabiyyin, H. (2019). Pelatihan kewirausahaan pembuatan blog e-commerce bagi remaja sebagai persiapan menghadapi revolusi industri 4.0. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat 2019, 338–340.

Sajjad, M., Kaleem, N., Chani, M. I., & Ahmed, M. (2020). Worldwide role of women entrepreneurs in economic development. Asia Pacific Journal of Innovation and Entrepreneurship, 14(2), 151–160.

Santoso, Kifti, W. M., & Rahayu, E. (2020). E-Commerce business to consumers sarana belanja aman, nyaman dan efisien. Community Development Journal, 1(2).

Sari, A. I. C., Elin Karlina, & Fadli Rasam. (2021). Peran Pendidikan kewirausahaan dan motivasi berwirausaha dalam menumbuhkan sikap mental kewirausahaan peserta didik. Research And Development Journal Of Education, 7(2), 403–412.

Sembiring, L. J. (2021). Waduh! Pengangguran di RI Paling Banyak Lulusan SMK.

Sumantri. (2021). Memantik prestasi siswa inklusif melalui saksi. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 7(2), 157–158.

Suryana. (2008). Kewirausahaan Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Salemba Empat.

Tahirs, J. P., & Abedneigo Carter Rambulangi. (2020). Menumbuhkan minat berwirausaha melalui pelatihan kewirausahaan bagi siswa smk. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 125–129.

Tarantang, J., Annisa Awwaliyah, Maulidia Astuti, & Meidinah Munawaroh. (2019). Perkembangan sistem pembayaran digital pada era revolusi industri 4.0 di indonesia. Jurnal Al-Qardh, 4(1), 60–75.

Wibowo, F. W. (2021). Pengaruh religiusitas terhadap wirausaha muslim muda (studi kasus pondok pesantren di yogyakarta). Al Infaq : Jurnal Ekonomi Islam, 12(2), 138–157.

Yanti, A. (2019). Pengaruh pendidikan kewirausahaan, self efficacy, locus of control dan karakter wirausaha terhadap minat berwirausaha. Maneggio : Jurnal Ilmu Magister Manajemen, 2, 268–283.

Yuliana, E. (2019). Kewirausahaan dalam perspektif islam. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 15(2), 29–44.

Zimmerer, T. W., & Norman. (2005). Kewirausahaan dan manajemen bisnis kecil. Erlangga.

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Nihayah, A. Z., Musolichah, T., & Rifqi, L. H. (2022). Pelatihan E-Commerce dan Social Commerce untuk Meningkatkan Kompetensi Tecnopreneurship pada Siswa SMK. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 647–663. https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i3.3876