Pendampingan Literasi Dasar Santri Taman Pendidikan Qur’an Nurul Huda Melalui Pojok Baca di Kota Malang

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i2.3886

Keywords:

literasi dasar, budaya baca, pojok baca

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Taman Pendidikan Qur’an (TPQ) Nurul Huda yakni mengembangkan literasi dasar santri melalui pojok baca. Kegiatan pengabdian dilakukan melalui metode pendampingan literasi kepada 115 siswa berusia 6-12 tahun jenjang sekolah dasar. Kegiatan tersebut dilakukan melalui ceramah, bercerita, dan pembiasaan membaca. TPQ hanya memiliki koleksi buku bacaan yang terbatas, serta belum ada kegiatan rutin untuk literasi. Hal ini merupakan tantangan untuk dibenahi sehingga harapannya dapat membantu meningkatkan motivasi belajar anak di masa pandemi Covid-19. Kegiatan membaca bersama di pojok baca dilakukan 30 menit sampai 1  jam diharapkan akan berdampak bagi perkembangan karakter dan pembiasaan literasi dasar siswa. Kegiatan “Ayo Membaca dan Berceritaâ€, berjalan dengan baik dan dilanjutkan oleh pengelola TPQ sebagai kegiatan rutin mingguan. Selain itu dengan kegiatan kerjasama bersama masyarakat di sekitar TPQ diharapkan menjadi keberlanjutan program yang semakin mendukung pembelajaran literasi dasar anak.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-08-01

How to Cite

Istikomayanti, Y., Mitasari, Z., Trianawati, A., & Emqi, M. F. (2022). Pendampingan Literasi Dasar Santri Taman Pendidikan Qur’an Nurul Huda Melalui Pojok Baca di Kota Malang. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 452–463. https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i2.3886