Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 3 Sungai Kakap

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i3.3949

Keywords:

masa pandemi, media pembelajaran, online

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan guru dalam memilih dan menggunakan metode pembelajaran matematika secara online yang inovatif dan menyenangkan sehingga memudahkan siswa dalam belajar matematika. Kegiatan PKM dilaksanakan di SMA Negeri 3 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat dengan peserta berjumlah 22 orang dan pelaksana PKM adalah dosen prodi Pendidikan matematika IKIP PGRI Pontianak yang berjumlah 5 orang. Metode pelaksanaan kegiatan PKM ini dilakukan dengan mengadopsi langkah-langkah action research yaitu: perencanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Hasil PKM dapat disimpulkan yaitu meningkatnya pengembangan dan penggunaan media pembelajaran secara online, sehingga memudahkan dan menyenangkan siswa dalam belajar yang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriani, Y., Mafra, R., & Oktaviani, W. A. (2020). Pembuatan video metode tangkap layar sebagai media pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), Vol 4, No 6 (2020): DESEMBER, 1049–1057. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/2710/pdf

Bafadal, M. F., Rahmaniah, R., & Ilham, I. (2021). Pelatihan pengajaran menggunakan quizizz pada mata pelajaran bahasa inggris untuk siswa smp pada guru-guru smpn 2 kediri, lombok barat NTB. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 1030. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6768

Jauhari, M. I. (2018). Peran media pembelajaran dalam pendidikan islam. Journal PIWULANG, 1(1), 54.

Lesmana, C., Hartono, H., Hartono, H., Permana, R., Permana, R., Matsun, M., & Matsun, M. (2018). Pelatihan dan pendampingan pembuatan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif untuk guru smp negeri 1 sungai kakap. Al-Khidmah, 1(2), 61. https://doi.org/10.29406/al-khidmah.v1i2.1216

Maulana, C., Kusumaningrum, Y., & Waluyo, Y. A. (2022). Pelatihan penggunaan quizizz sebagai media evaluasi pembelajaran daring di sdn karanganyar gunung 01 semarang. Tematik, 4(1), 5–8.

Miswar, D., Basri, M., Yarmaidi, & Aristoteles. (2021). Pelatihan penyusunan, pembuatan, dan penggunaan media pembelajaran bagi guru di kecamatan lemong. Buguh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–9.

Muhaimin, M., Habibi, A., Mukminin, A., Saudagar, F., Pratama, R., Wahyuni, S., & Indrayana, B. (2019). A sequential explanatory investigation of tpack: indonesian science teachers’ survey and perspective. Journal of Technology and Science Education, 9(3), 269–281.

Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan media audio visual dan alat peraga dalam meningkatkan pemahaman konsep dan pemecahan masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 219–230.

Prasojo, L. D., Mukminin, A., Habibi, A., Marzulina, L., Muhammad, S., & Harto, K. (2018). Managing digital learning environments: student teachers’ perception on the social networking services use in writing courses in teacher education. Learning to Teach in A Digital Age: ICT Integration and EFL Student Teachers’teaching Practices. Teaching English with Technology, 18(3), 18–32.

Prawiradilaga, D. S. (2016). Mozaik teknologi pendidikan: E-learning. Kencana.

Putra, I. B. A. (2022). Pelatihan membuat media pembelajaran bagi guru-guru sd negeri 3 tegallinggah. Aptekmas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 10–15.

Sumanto, Y., & Sadewo, Y. D. (2021). Pelatihan pembuatan video pembelajaran sebagai media pembelajaran daring di sd negeri sojopuro dalam masa covid-19. Journal of Education Learning and Innovation (ELIa), 1(1), 01–14. https://doi.org/10.46229/elia.v1i1.237

Suryati, W., Febrianti, A. N., & Febrianti, A. N. (2020). Pelatihan pembuatan media pembelajaran di masa pandemi di smp negeri 4 terbanggi besar. Adiguna: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(2), 171–178.

Syahroni, M., Dianastiti, F. E., & Firmadani, F. (2020). Pelatihan media pembelajaran berbasis teknologi informasi untuk meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran jarak jauh. International Journal Of Community Service Learning, 4(3), 171–172.

Syaribuddin, S., Khaldun, I., & Musri, M. (2016). Penerapan model pembelajaran problem based learning (pbl) dengan media audio visual pada materi ikatan kimia terhadap penguasaan konsep dan berpikir kritis peserta didik sma negeri 1 panga. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 2(2), 103.

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103.

Trianto. (2017). Jurnal pendidikan sains indonesia (indonesian journal of science education). Bumi Aksara.

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Firdaus, M., Darma, Y., Susiaty, U. D., Ardiawan, Y., & Abdillah, A. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 3 Sungai Kakap. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 688–699. https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i3.3949