Optimalisasi Pengembangan Rumah Singgah “ClassKu” dengan Pembuatan Video Profil dan Kegiatan Pembelajaran Bahasa Inggris
Abstract
Rumah Singgah “Classku” merupakan program individu yang didirikan saat pandemi Covid-19 pada tahun 2021 dan memiliki anak-anak binaan dengan latar belakang ekonomi rendah. Rumah Singgah “Classku” belum memiliki video profil sebagai media informasi digital dikarenakan kurangnya pengetahuan pemilik mengenai teknologi informasi. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk membuat video profil rumah singgah dan memberikan pemahaman dan pengarahan terhadap pemilik mengenai media informasi digital. Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan kosa kata berbahasa Inggris anak-anak Rumah Singgah “Classku” selama masa pembelajaran jarak jauh. Tahap pra kegiatan pengabdian ini menggunakan wawancara dengan pemilik rumah singgah, melakukan observasi, dan menganalisa kebutuhan program. Tahap pelaksanaan kegiatan adalah berbagi pengetahuan dengan pemilik dan 10 anak-anak rumah singgah. Hasil kegiatan ini adalah 100% realisasi video profil sebagai video promosi digital, 85% peningkatan pengetahuan maupun ketrampilan pemilik mengenai media informasi digital, dan 82% peningkatan ketrampilan kosa kata bahasa Inggris anak-anak Rumah Singgah “ClassKu”.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fikriryandi, P., Asiah, D. H. S., & Hidayat, E. N. (2016). Pemberdayaan anak jalanan di rumah singgah. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 82. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/jppm.v3i1
Haryoko, T. (2012). Pembuatan video company profile rumah sakit amal sehat wonogiri. Seruni-Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.0809/seruni.v1i1.412
Morisson, G. R., Ross, S. M., & Kemp, J. E. (2001). Designing Effective Instruction (3rd ed.).
Mulyati, M. (2019). Menciptakan pembelajaran menyenangkan dalam menumbuhkan peminatan anak usia dini terhadap pembelajaran. Alim: Journal of Islamic Education, 1(2), 291. https://doi.org/10.51275/alim.v3i2
Noviyanti, D., Sutini, A., & Kurniawati. (2017). Pendekatan komunikatif interaktif untuk meningkatkan kosa kata anak usia dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1). https://doi.org/https://doi.org/10.17509/cd.v8i1.10550
Oishi, I. R. V. (2020). Pentingnya belajar mandiri bagi peserta didik di perguruan tinggi. Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 4(2), 50. https://doi.org/https://doi.org/10.37817/ikraith-humaniora.v7i2
Rifaldi, W. (2020). Pemanfaatan media sosial instagram sebagai media promosi pemasaran makanan di banjarbaru (studi pada akun instagram @burgerberkahbersama). Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Albanjari.
Sudijono, A. (2013). Pengantar evaluasi pendidikan (1st ed.). Rajawali Pers.
Utami, N. C. M., & Herlina. (2019). Teaching english to elementary school studenys (Y. N. I. Sari (ed.); 1st ed.). Bumi Aksara.
Widuri, N. R. (2018). Implementasi knowledge sharing (berbagi pengetahuan) di kalangan pustakawan. Jurnal Pustaka Ilmiah, 4(2), 660. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.20961/jpi.v4i2.33744
Yunanto, P. B. (2018). Kajian Fleksibilitas Ruang Pada Rumah Singgah Anak Jalanan di Losari Ngaglik Sleman Studi Kasus : Proyek Pengabdian Masyarakat Rumah Ngaji Anak Jalanan di Losari Sleman. Tesis tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.
DOI: https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i3.4067
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Gervasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
LPPM IKIP PGRI Pontianak, Gedung Rektorat Lt. 2
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat - 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: gervasi.ikippgriptk@gmail.com
p-ISSN: 2598-6147 | e-ISSN: 2598-6155
VISITOR STATS: