Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pembuatan Instrumen Evaluasi Online Menggunakan Aplikasi Quizizz

Authors

  • Jahring Jahring Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Sufri Mashuri Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Marniati Marniati Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Nasruddin Nasruddin Universitas Sembilanbelas November Kolaka

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i1.4163

Keywords:

quizizz, instrumen evaluasi, evaluasi online, kompetensi guru

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam membuat dan mengembangkan instrumen evaluasi online menggunakan Quizizz. Kegiatan diikuti oleh 22 peserta yang terdiri dari 17 orang guru SMP dan 5 orang guru SMA/SMK yang berada di Kecamatan Pakue Utara, Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara. Bentuk kegiatan yang dilakukan adalah pelatihan yang dilaksanakan selama 3 hari. Kegiatan dilaksanakan dengan tiga tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, dan evaluasi. Peserta diberikan soal pre-test untuk mengukur pengetahuan dan kemampuan awal peserta sebelum kegiatan. Selanjutnya, peserta diberikan materi pelatihan pembuatan instrumen evaluasi online menggunakan Quizizz. Setelah materi selesai diberikan, dilanjutkan dengan evaluasi (posttest) untuk mengukur peningkatan pengetahuan dan kemampuan peserta. Hasil pengabdian menunjukkah bahwa adanya peningkatan pengetahuan dan kemampuan peserta terhadap penyusunan instrumen online menggunakan Quizizz tergolong baik (78.18%). Tindak lanjut dari pelatihan ini adalah pendampingan melalui WhatsApp group terhadap guru-guru dalam menghasilkan produk instrumen evaluasi yang siap digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amany, A. (2020). Quizizz sebagai media evaluasi pembelajaran daring pelajaran matematika. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(2), 1–11.

Dibia, I. K., Renda, N. T., Yudiana, K., Artaningsih, L., & Wiradnyana, I. G. A. (2021). Pelatihan aplikasi quizizz bagi guru untuk mengevaluasi hasil belajar siswa secara daring. SEPAKAT: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1–7.

Dito, S. B., & Pujiastuti, H. (2021). Dampak revolusi industri 4.0 pada sektor pendidikan: kajian literatur mengenai digital learning pada pendidikan dasar dan menengah. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 4(2), 59–65. https://doi.org/10.24246/juses.v4i2p59-65

Fazriyah, N., Cartono, C., & Awangga, R. M. (2020). Pelatihan aplikasi pembelajaran quizizz di sekolah dasar kota bandung. ETHOS: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 199–204. https://doi.org/10.29313/ethos.v8i2.5429

Hidayati, U., & Jahring, J. (2021). Analisis kemampuan koneksi matematis siswa ditinjau dari gaya belajar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2890. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4417

Imran, M. C., Jusmaniar, Sulviana, Indahyanti, R., Mursidin, M., & Nurjannah, S. (2021). Pelatihan quizizz sebagai sarana penguatan literasi digital bagi mahasiswa. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 876–880. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2651

Jahring, Herlina, Nasruddin, & Astrinasari. (2022). Pengembangan instrumen evaluasi pembelajaran matematika berbasis online menggunakan aplikasi quizizz. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2). https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4932

Jahring, Nasruddin, & Marniati. (2022). Peningkatan kompetensi guru dalam pembuatan media pembelajaran berbasis android menggunakan smart apps creator. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 2–11.

Makdori, Y. (2021). Kemendikbud sebut 60 persen guru masih terbatas menguasai teknologi informasi. Liputan6.Com. (Online), (https://www.liputan6.com/news/read/4533328/kemendikbud-sebut-60-persen-guru-masih-terbatas-menguasai-teknologi-informasi).

Meizar, A., Gunawan, H., & Sianturi, N. E. (2021). Pelatihan aplikasi quizizz sebagai saran ujian berbasis dalam jaringan. Jurnal Pustaka Mitra, 1(1), 54–59.

Nasruddin, N., Jahring, J., & Miftachurohmah, N. (2020). Pendampingan pembelajaran berbasis ict bagi guru smp/mts di kecamatan samaturu. Abdi Reksa, 1(1), 40–45.

Nasution, W. H. R., & Nasution, A. S. (2021). Quizizz: science learning media in elementary school in developing critical thinking skills. Journal of Science Education Research, 5(1), 26–30. https://doi.org/10.21831/jser.v5i1.38592

Pusparani, H. (2020). Media quizizz sebagai aplikasi evaluasi pembelajaran kelas vi di sdn guntur kota cirebon. Jurnal Pendidikan Dasar : Jurnal Tunas Nusantara, 2(2), 269–279. https://doi.org/10.34001/jtn.v2i2.1496

Putranto, W. S., Suryaningsih, L., Suradi, K., & Pratama, A. (2022). Penyuluhan dan pelatihan pembuatan keju mozarella yang terintegrasi dengan kkn (kuliah kerja nyata) mahasiswa. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 250–257. https://doi.org/10.30651/aks.v6i2.4701

Suharsono, A. (2020). the Use of quizizz and kahoot! in the training for millennial generation. IJIET (International Journal of Indonesian Education and Teaching), 4(2), 332–342. https://doi.org/10.24071/ijiet.v4i2.2399

Utomo, M. C. C., Putra, M. G. L., & Prambudi, D. A. (2021). Perbandingan fitur pada platform kuis terpopuler. Inspiration: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 11(1), 38–44. https://doi.org/10.35585/inspir.v11i1.2596

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Jahring, J., Mashuri, S., Marniati, M., & Nasruddin, N. (2023). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pembuatan Instrumen Evaluasi Online Menggunakan Aplikasi Quizizz. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 1–11. https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i1.4163