Pengembangan Kreativitas Anak Melalui Aktivitas Latihan Berbasis Project Based Learning di Sakola Motekar
DOI:
https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i3.4197Keywords:
model project based learning, kreativitas, produkAbstract
Keresahan orang tua terhadap anak-anak yang lebih memilih bermain gadget dibandingkan melakukan aktivitas kreatif membuat orang tua mencari alternatif kegiatan yang dapat menyelesaikan permasalahan tersebut. Pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk merangsang kreativitas anak-anak dalam setiap kegiatan di Sakola Motekar melalui penerapan model project-based learning. Kegiatan unggulan dari acara Ngabuburit di Lembur Keneh adanya program pembelajaran berbasis proyek atau kegiatan berbasis proyek di mana anak-anak madrasah Diniyah Takmiliyah terlibat dalam serangkaian kegiatan stimulasi. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan kreativitas anak melalui kegiatan merancang, memodelkan dan membentuk, membuat kerajinan atau benda-benda di sekitarnya dengan bahan yang sederhana dan mudah ditemukan. Metode pelaksanaan program pada kegiatan pengabdian ini menggunakan metode demonstrasi dan praktik. Peserta yang terlibat sebanyak ±100 orang. Anak-anak yang terlibat pada kegiatan ini berasal dari beberapa madrasah di antaranya Madrasah As Syifa, Madrasah Al – Ikhlas, Madrasah Mubarokul Huda, Madrasah Al-Falah, dan Madrasah Al-Hidayah. Hasil dari pelaksanaan kegiatan ini yaitu anak-anak menjadi lebih percaya diri, dapat memunculkan keberanian dalam mengemukakan pendapat serta dapat memunculkan bakat yang dimiliki.
Downloads
References
Lindawati, L., Fatmaryanti, S. D., & Maftukhin, A. (2013). Penerapan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan kreativitas siswa man i kebumen. Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 3(1), 42-45.
Lubis, F. A. (2018). Upaya meningkatkan kreativitas siswa melalui model project based learning. PeTeKa : Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran, 1(3), 192-200.
Miranda, D. (2018). Pengembangan buku cerita berbasis pendidikan karakter untuk meningkatkan kreativitas aud. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 10(1), 18.
Muslim, S. R. (2017). Pengaruh penggunaan model project based learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Peserta Didik SMA. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 1(2), 88-95.
Novianto, N. K., Masykuri, M., & Sukarmin, S. (2018). Pengembangan modul pembelajaran fisika berbasis proyek (project based learning) pada materi fluida statis untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa kelas x sma/ ma. Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA, 7(1), 81.
Nurfitriyanti, M. (2016). Model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(2).
Saputro, O. A., & Rayahu, T. S. (2020). Perbedaan pengaruh penerapan model pembelajaran project based learning (pjbl) dan problem based learning (pbl) berbantuan media monopoli terhadap kemampuan berpikir kritis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 185–192.
Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan model pembelajaran project based learning (pjbl) upaya peningkatan kreativitas mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 30(1), 79–83.
Setiawan, L., Wardani, N. S., & Permana, T. I. (2021). Peningkatan kreativitas siswa pada pembelajaran tematik Menggunakan pendekatan project based learning. Jurnal Basicedu, 5(4), 1879–1887.
Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan model pembelajaran project based learning (pjbl) untuk meningkatkan hasil belajar dan kreatifitas siswa kelas iii sd negeri sidorejo lor 01 salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by GERVASI prior to the publication.