Belajar Bahasa Inggris Mandiri Menggunakan Aplikasi Duolingo Bagi Anak-Anak Kelurahan Sukajaya Kecamatan Sukarami

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i3.4221

Keywords:

belajar mandiri, aplikasi duolingo, bahasa inggris

Abstract

Mempelajari bahasa inggris secara mandiri di rumah merupakan salah satu kesulitan pada beberapa anak. Mitra kegiatan ini adalah anak-anak yang berusia 6-12 tahun berjumlah 20 anak yang berada lingkungan Kelurahan Sukajaya Kota Palembang Sumatera Selatan. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 20 Juli 2022. Metode yang diberikan yakni memberikan pelatihan kepada anak-anak bagaimana belajar bahasa inggris mandiri dengan menggunakan aplikasi Duolingo.Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada anak-anak untuk belajar mandiri di rumah dalam mempelajari bahasa inggris menggunakan aplikasi Duolingo. Tingkat keberhasilan yang telah dilakukan pada kegiatan ini adalah antusiasnya anak-anak dalam menggunakan aplikasi Duolingo. Setelah melakukan kegiatan, dapat disimpulkan bahwa hasil yang telah diperoleh oleh tim kegiatan PkM aplikasi belajar mandiri dengan menggunakan Duolingo bagi anak-anak Kelurahan Sukajaya sangat memberikan dampak yang positif pada anak-anak. Harapan setelah melakukan kegiatan ini akan ada keberlanjutan dalam menerapkan metode-metode pembelajaran lain yang mampu meningkatkan kemandirian anak dalam pembelajaran bahasa inggris.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Argaheni, N. B. (2020). Sistematik review: dampak perkuliahan daring saat pandemi covid-19 terhadap mahasiswa indonesia. PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan Dan Aplikasinya, 8(2), 99–108. https://doi.org/10.20961/placentum.v8i2.43008

Budiharto, R. A., & Syahroni, A. W. (2020). Pendampingan pemanfaatan duolingo melalui smartphone sebagai alat pengajaran dan pembelajaran bahasa inggris bagi masyarakat. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 339–346. https://doi.org/10.31960/caradde.v2i2.374

Herlina, E., Yundayani, A., & Astuti, S. (2021). Prosiding seminar nasional pendidikan stkip kusuma negara iii penggunaan duolingo sebagai media pembelajaran berbasis teknologi dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa. 2012, 244–253.

Hidayati, Rahmaniah, R., Irwandi, Hudri, M., & Zitri, I. (2021). Use of duolingo application to improve english vocabulary during covid-19 for mining engineering students. Journal of Character Education Society (JCES), 4(3), 623–634. http://journal.ummat.ac.id/index.php/JCES

Indrasari, A., Novita, D., & Megawati, F. (2018). Big book: attractive media for teaching vocabulary to lower class of young learners. JEES (Journal of English Educators Society), 3(2), 141–154. https://doi.org/10.21070/jees.v3i2.1572

Kristanto, A., Mustaji, Mariono, A., Sulistiowati, & Nuryati, D. W. (2018). Developing media module proposed to editor in editorial division. Journal of Physics: Conference Series, 947(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/947/1/012054

Matra, S. D. (2020). Duolingo applications as vocabulary learning tools. JELLE: Journal Of English Literature, Linguistics, and Education, 1(1), 46–52. http://www.jurnal.unikal.ac.id/index.php/jelle/article/view/1185

Nursyamsiah, E. (2020). Penerapan media aplikasi duolingo dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa inggris siswa smp negeri 3 agrabinta cianjur. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 8(1), 67–77. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/pedagogy

Purba, N. A., & Saragih, M. (2022). Peningkatan hasil belajar bahasa inggris melalui aplikasi duolingo dalam pembelajaran online di tengah covid-19 pada siswa smp katolik delimurni delitua. Jurnal Ilmiah Aquinas, 32-38.

Rifdinal, R. (2021). Keefektifan penggunaan duolingo dalam pembelajaran kosakata Bahasa Inggris. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 697–704. https://dinastirev.org/JMPIS/article/view/627

Sasmitha, I., & Thamrin, H. (2022). Meningkatkan minat belajar bahasa inggris dengan aplikasi duolingo sebagai media interaktif di rumah pintar yafsi. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Inovasi, 2(2), 732-737.

Silmi, M. R. (2020). Persepsi mahasiswa terhadap duolingo sebagai media untuk belajar bahasa inggris. Telaga Bahasa, 7(2), 231–240.

Susiandari, A. D. P. (2022). Sosialisasi penggunaan aplikasi duolingo untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa inggris pada mahasiswa diii kebidanan institut kesehatan dan bisnis st. fatimah mamuju. SSegawati (Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia), 1(2), 01–06.

Widyastuti, M., & Kusumadewi, H. (2018). Penggunaan aplikasi duolingo dalam meningkatkan kamampuan kosakata bahasa inggris pada tenaga pengajar bimbingan belajar omega sains institut. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 237–244.

Yusnita, I., Maskur, R., & Suherman, S. (2016). Modifikasi model pembelajaran gerlach dan ely melalui integrasi nilai-nilai keislaman sebagai upaya meningkatkan kemampuan representasi matematis. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 29–38. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i1.29

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Suryani, N. Y., Rifaat, A. A., & Fitri, A. (2022). Belajar Bahasa Inggris Mandiri Menggunakan Aplikasi Duolingo Bagi Anak-Anak Kelurahan Sukajaya Kecamatan Sukarami. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 745–755. https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i3.4221