Pelatihan Pembuatan Poster Digital Tema Pemanasan Global dalam Melatihkan Kreativitas Siswa

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i3.4250

Keywords:

kreativitas, poster digital, pemanasan global

Abstract

Kreativitas merupakan salah satu keterampilan yang dibutuhkan di Abad 21. Identifikasi masalah menunjukkan mayoritas siswa SMP di sekolah mitra belum memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan kreativitas mereka. Siswa SMP perlu difasilitasi untuk mengembangkan kreativitas misalnya dengan memanfaatkan perkembangan teknologi secara positif. Pelatihan pembuatan poster digital tema Pemanasan Global dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan kreativitas siswa dalam membuat poster digital. Pelatihan diselenggarakan selama 4 x 8 jam, mulai tanggal 27 hingga 30 Juli 2022. Jumlah peserta kegiatan pelatihan adalah 15 siswa dari 5 SMP di Samarinda. Instrumen yang digunakan adalah rubrik penilaian kreativitas poster dan angket respon siswa. Tahapan pelaksanaan meliputi penyajian materi pemanasan global dan pembuatan poster, pemberian contoh pembuatan poster digital menggunakan software canva, penugasan dan bimbingan kepada peserta pelatihan dalam membuat poster digital tema pemanasan global, presentasi, feedback oleh instruktur, perbaikan dan pengumpulan poster akhir. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kreativitas poster siswa sebesar 84 berada pada kategori sangat kreatif. Respon siswa terhadap kegiatan pelatihan diperoleh persentase sebesar 87% termasuk dalam kategori sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aguilar, D., & Turmo, M. P. (2019). Promoting social creativity in science education with digital technology to overcome inequalities: A scoping review. Frontiers in Psychology, 10(JULY), 1–16. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.01474

Anggraeni, A. D., & Pentury, H. J. (2022). Empowering students’ 21st century skills through canva application. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 8(1), 50. https://doi.org/10.33394/jk.v8i1.4391

Boyes, E., & Stanisstreet, M. (1993). The ‘Greenhouse Effect’: Children’s perceptions of causes, consequences and cures. International Journal of Science Education, 15(5), 531–552. https://doi.org/10.1080/0950069930150507

Budiarti, M. I. eka, & Malikin, L. Q. (2020). Analisis kemampuan berpikir kreatif dalam memecahkan masalah berdasarkan kepribadian dan status pekerjaan. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1268. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3161

Bulut, D., Samur, Y., & Cömert, Z. (2022). The effect of educational game design process on students’ creativity. Smart Learning Environments, 9(1). https://doi.org/10.1186/s40561-022-00188-9

Dupri, Nazirun, N., & Candra, O. (2021). Creative thinking learning of physical education: can be enhanced using discovery learning model? Journal Sport Area, 6(1), 37–47. https://doi.org/10.25299/sportarea.2021.vol6(1).5690

Fatmawati, A., Zubaidah, S., Mahanal, S., & Sutopo. (2019). Critical thinking, creative thinking, and learning achievement: how they are related. Journal of Physics: Conference Series, 1417(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1417/1/012070

Guilford, J. P. (1950). Creativity. American Psychologist, 5(9)(444–454).

Hakim, M., Budiono, A. N., & Afandi, B. (2021). Pelatihan pembuatan video pembelajaran bagi guru ma’arif jember. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 217-224.

Hanifah, W., & Subiyantoro, S. (2020, February). Creative thinking skills in science lessons in elementary schools. In 3rd International Conference on Learning Innovation and Quality Education (ICLIQE 2019), 870-875. Atlantis Press.

Julfitri, E., Efwinda, S., & Zulkarnaen, Z. (2020). The C3PDR learning model to increase conceptual understanding and creative thinking skills of senior high school students. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 8(3), 170. https://doi.org/10.20527/bipf.v8i3.9113

Kholiq, A., Luthfiyati, D., & Setyaningrum, R. R. (2021). Pelatihan media pembelajaran interaktif pada guru smp mambaul ulum kabupaten lamongan. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 211-216.

Malik, A., Denya Agustina, R., & Alisia Wardhany, W. (2019). Improving creative thinking skills of student related to the concept work and energy. Journal of Physics: Conference Series, 1175(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1175/1/012180

Munguia, N., Romero, A., Anaya-Eredias, C., Perkins, K. M., & Velazquez, L. (2022). Global warming in the minds of Mexican higher education students: an exploratory study. International Journal of Sustainability in Higher Education, ahead-of-p(ahead-of-print). https://doi.org/10.1108/IJSHE-09-2021-0365

Nurjan, S. (2018). Pengembangan berpikir kreatif. Al-Asasiyyah: Journal Basic of Education, 3(01), 14–18.

Purba, N. E., Surya, E., Syahputra, E., & Medan, P. U. (2017). Analisis kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pemecahan masalah pada materi fpb dan kpk. Tesis tidak diterbitkan. Medan: PPs Unimed Medan.

Purwaningrum, J. P., & Ahyani, L. N. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi animaker sebagai media pembelajaran interaktif selama pandemi covid-19. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 155-162.

Syahputri, N. R., & Murdiono, M. (2022). The impact of digital-based mind map on creative thinking skills in civic education learning. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 11(1), 78–85. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v11i1.34154

Syaputri, R. (2018). Meningkatkan kreativitas siswa melalui model project based learning dengan pembuatan poster dalam pembelajaran ips. Universitas Pendidikan Indonesia.

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(2), 79–85.

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Efwinda, S., Damayanti, P., Mutmainah, O., Malisan, R., & Anggraeni, B. (2022). Pelatihan Pembuatan Poster Digital Tema Pemanasan Global dalam Melatihkan Kreativitas Siswa. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 756–768. https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i3.4250