Pelatihan dan Workshop Robotika untuk SMK Kesehatan Binatama Yogyakarta

Authors

  • Amalia Cemara Nur'aidha Universitas PGRI Yogyakarta
  • Wahyu Sugianto

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i3.4278

Keywords:

robotika, STEM, workshop, siswa, teknologi

Abstract

Perkembangan teknologi membawa dampak besar bagi dunia pendidikan. Institusi luar negeri telah menerapkan pendidikan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM). Salah satu penerapan STEM dalam bidang pendidikan adalah pemanfaatan teknologi robotika sebagai sarana pengembangan kreativitas dan inovasi pelajar. Kegiatan PkM bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan guru dan siswa SMK Kesehatan Binatama dalam pembelajaran robotika. SMK Kesehatan Binatama merupakan “smart school†dan sekolah yang berbasis penggunaan android untuk menunjang pembelajaran. Berdasarkan analisis SWOT diperoleh permasalahan tentang kurangnya kesiapan lembaga pendidikan untuk melakukan pembelajaran robotika baik dari segi tenaga pengajar maupun fasilitas pembelajaran. Metode penyelesaian masalah tersebut adalah dengan melakukan pelatihan dan workshop mengenai robotika khususnya dalam aplikasi di bidang medis. Kegiatan PkM di laksanakan dengan enam kali pertemuan mulai dari observasi, audiensi, dan pelaksanaan workshop dengan  metode ceramah, diskusi dan praktik. Peningkatan kemampuan mitra tim PkM melakukan evaluasi selama kegiatan berlangsung dan memberikan tugas untuk menyusun program pada robot line follower. Hasil dari workshop didapatkan guru pendamping dan perwakilan siswa telah memiliki dasar pengetahuan dasar robotika. Hal ini dibuktikan dari hasil evaluasi guru pendamping dan siswa dapat menyelesaikan perancangan robot mulai dari hardware hingga software (program).

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Amalia Cemara Nur'aidha, Universitas PGRI Yogyakarta

Teknik Biomedis

References

Fuada, S., Hendriyana, H., Majid, N. W. A., & Sari, N. T. A. (2022). Pengenalan teknologi robot sederhana line follower pada anak-anak desa. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(3), 1210-1216.

Husni, N. L., Handayani, A., Prihatini, E., Evelina, E., & Anisa, M. (2019). Peningkatan minat anak di bidang robotika. SNAPTEKMAS, 1(1), 116-126.

Irawan, B., Oprasmani, E., & Fernando, A. (2022). Pelatihan penerapan pendekatan STEAM dalam pembelajaran biologi bagi MGMP biologi kota tanjungpinang. Jurnal Anugerah, 3(2), 69-75.

Marwanto, S., Suharjanto, S., Pius, S. W., & Raharjo, A. T. (2021). Pelatihan robot pengikut garis (line follower) untuk siswa smk batik 2 surakarta di prodi teknik elektronika stt “warga†surakarta. Abdi Masya, 1(3), 132-136.

Novianta, M. A., & Firman, B. (2021). Pelatihan robot line follower analog bagi siswa smk tkm teknik purworejo. Dharma Bakti, 1-6.

Putu, Luh et al. (2019). Peningkatan kemampuan berpikir kritis kreatif siswa teknik komputer dan jaringan smk negeri 2 seririt melalui pelatihan robot bioloid. Jurnal Widya Laksana 8(1), 79–84.

Sahali, I. R., Nappu, M. B., Anshar, M., Salam, A. E. U., Areni, I. S., Arief, A. B., ... & Baharuddin, M. (2020). Sosialisasi dan workshop robotika untuk skala pelajar. Jurnal Tepat: Teknologi Terapan untuk Pengabdian Masyarakat, 3(2), 92-97.

Sambas, A., Gundara, G., & Ula, S. (2019). Pelatihan robotika berbasis android untuk menumbuhkan inovasi dan kreativitas di smp 11 bandung. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 8-12.

Setiawan, N. C. E., Sutrisno, S., Munzil, M., & Danar, D. (2020). Pengenalan stem (science, technology, engineering, and mathematics) dan pengembangan rancangan pembelajarannya untuk merintis pembelajaran kimia dengan sistem sks di kota madiun. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 5(2), 56-64.

Siswanto, & Sigit, H. T. (2019). Pelatihan Pembuatan robot line follower untuk meningkatkan pengetahuan robotika pada siswa smk negeri i kramatwatu. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Indonesia, 1(1), 230–40.

Suryawan, D., Adinandra, R., Arifianto, J., Nugroho, E. S., Masykur, L. A., & Purnama, R. H. (2021). Rancang bangun robot pelayan medis untuk pasien karantina covid-19 dengan kendali berbasis android. JTT (Jurnal Teknologi Terapan), 7(1), 68-76.

Yolanda, Y., & Arini, W. (2018). Pelatihan robotic dan teknologi arduino bagi guru mipa dan pelajar sma/smk di wilayah kabupaten musi rawas. Jurnal Cemerlang: Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 1-11.

Downloads

Published

2022-12-16

How to Cite

Nur’aidha, A. C., & Sugianto, W. (2022). Pelatihan dan Workshop Robotika untuk SMK Kesehatan Binatama Yogyakarta. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 885–894. https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i3.4278