Pelatihan dan Workshop Robotika untuk SMK Kesehatan Binatama Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i3.4278Keywords:
robotika, STEM, workshop, siswa, teknologiAbstract
Perkembangan teknologi membawa dampak besar bagi dunia pendidikan. Institusi luar negeri telah menerapkan pendidikan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM). Salah satu penerapan STEM dalam bidang pendidikan adalah pemanfaatan teknologi robotika sebagai sarana pengembangan kreativitas dan inovasi pelajar. Kegiatan PkM bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan guru dan siswa SMK Kesehatan Binatama dalam pembelajaran robotika. SMK Kesehatan Binatama merupakan “smart school†dan sekolah yang berbasis penggunaan android untuk menunjang pembelajaran. Berdasarkan analisis SWOT diperoleh permasalahan tentang kurangnya kesiapan lembaga pendidikan untuk melakukan pembelajaran robotika baik dari segi tenaga pengajar maupun fasilitas pembelajaran. Metode penyelesaian masalah tersebut adalah dengan melakukan pelatihan dan workshop mengenai robotika khususnya dalam aplikasi di bidang medis. Kegiatan PkM di laksanakan dengan enam kali pertemuan mulai dari observasi, audiensi, dan pelaksanaan workshop dengan metode ceramah, diskusi dan praktik. Peningkatan kemampuan mitra tim PkM melakukan evaluasi selama kegiatan berlangsung dan memberikan tugas untuk menyusun program pada robot line follower. Hasil dari workshop didapatkan guru pendamping dan perwakilan siswa telah memiliki dasar pengetahuan dasar robotika. Hal ini dibuktikan dari hasil evaluasi guru pendamping dan siswa dapat menyelesaikan perancangan robot mulai dari hardware hingga software (program).
Downloads
References
Fuada, S., Hendriyana, H., Majid, N. W. A., & Sari, N. T. A. (2022). Pengenalan teknologi robot sederhana line follower pada anak-anak desa. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(3), 1210-1216.
Husni, N. L., Handayani, A., Prihatini, E., Evelina, E., & Anisa, M. (2019). Peningkatan minat anak di bidang robotika. SNAPTEKMAS, 1(1), 116-126.
Irawan, B., Oprasmani, E., & Fernando, A. (2022). Pelatihan penerapan pendekatan STEAM dalam pembelajaran biologi bagi MGMP biologi kota tanjungpinang. Jurnal Anugerah, 3(2), 69-75.
Marwanto, S., Suharjanto, S., Pius, S. W., & Raharjo, A. T. (2021). Pelatihan robot pengikut garis (line follower) untuk siswa smk batik 2 surakarta di prodi teknik elektronika stt “warga†surakarta. Abdi Masya, 1(3), 132-136.
Novianta, M. A., & Firman, B. (2021). Pelatihan robot line follower analog bagi siswa smk tkm teknik purworejo. Dharma Bakti, 1-6.
Putu, Luh et al. (2019). Peningkatan kemampuan berpikir kritis kreatif siswa teknik komputer dan jaringan smk negeri 2 seririt melalui pelatihan robot bioloid. Jurnal Widya Laksana 8(1), 79–84.
Sahali, I. R., Nappu, M. B., Anshar, M., Salam, A. E. U., Areni, I. S., Arief, A. B., ... & Baharuddin, M. (2020). Sosialisasi dan workshop robotika untuk skala pelajar. Jurnal Tepat: Teknologi Terapan untuk Pengabdian Masyarakat, 3(2), 92-97.
Sambas, A., Gundara, G., & Ula, S. (2019). Pelatihan robotika berbasis android untuk menumbuhkan inovasi dan kreativitas di smp 11 bandung. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 8-12.
Setiawan, N. C. E., Sutrisno, S., Munzil, M., & Danar, D. (2020). Pengenalan stem (science, technology, engineering, and mathematics) dan pengembangan rancangan pembelajarannya untuk merintis pembelajaran kimia dengan sistem sks di kota madiun. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 5(2), 56-64.
Siswanto, & Sigit, H. T. (2019). Pelatihan Pembuatan robot line follower untuk meningkatkan pengetahuan robotika pada siswa smk negeri i kramatwatu. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Indonesia, 1(1), 230–40.
Suryawan, D., Adinandra, R., Arifianto, J., Nugroho, E. S., Masykur, L. A., & Purnama, R. H. (2021). Rancang bangun robot pelayan medis untuk pasien karantina covid-19 dengan kendali berbasis android. JTT (Jurnal Teknologi Terapan), 7(1), 68-76.
Yolanda, Y., & Arini, W. (2018). Pelatihan robotic dan teknologi arduino bagi guru mipa dan pelajar sma/smk di wilayah kabupaten musi rawas. Jurnal Cemerlang: Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 1-11.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by GERVASI prior to the publication.