Penanaman Nilai Karakter Berbasis Religius pada Anak Melalui Kegiatan Bercerita

Authors

  • Mesterianti Hartati IKIP PGRI PONTIANAK
  • Muhammad Zikri Wiguna
  • Eti Ramaniyar
  • Wiendi Wiranty
  • Melia Melia
  • Al Ashadi Alimin

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i1.4287

Keywords:

nilai karakter, religius, bercerita

Abstract

Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk memberi penanaman nilai karakter berbasis religius pada anak-anak melalui kegiatan bercerita. Kegiatan PkM ini diikuti oleh 22 anak-anak di lingkungan Gang AL Muhajirin, Kecamatan Pal 9, Kabupaten Kubu Raya yang dilaksanakan pada tanggal 13 Juli 2022 bertempat di Surau Al Muhajirin. Metode yang digunakan dalam PkM ini adalah metode klasikal, yaitu suatu tindakan yang dilakukan dengan pemberian penjelasan materi oleh tim pengabdi yang terdiri atas lima anggota tim kepada peserta. Harapan dari kegiatan ini diharapkan anak-anak di Desa Parit Gado Kecamatan Pal IX Kubu Raya memiliki nilai karakter yang tinggi. Hasil dari kegiatan diperoleh adanya peningkatan pemahaman tentang karakter dan religius, yaitu ditinjau dari peningkatan perhitungan nilai tes, sebelum dilaksanakan tindakan mengalami peningkatan setelah dilakukan kegiatan. Peserta juga mempraktikkan langsung terkait karakter dan religius, dengan cara menunjukkan contoh-contoh terkait konteks karakter dalam kehidupan sehari-sehari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Asyhar, T. (2020). Agama, Pancasila, dan Pendidikan Karakter. (Online), (https://kemenag.go.id/opini/agama-pancasila-dan-pendidikan-karakter-70x7ar).

Budiarto, G., & Budiarto, G. (2020). Indonesia dalam pusaran globalisasi dan pengaruhnya terhadap krisis moral dan karakter. Jurnal Pamator : Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo, 13(1), 50–56. https://doi.org/10.21107/pamator.v13i1.6912.

Laksana, D. N. L., & Awe, E. Y. (2021). Desain pembelajaran berbasis budaya. pt. nasya expanding management. (Online), (https://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/desain-pembelajaran-berbasis-budaya/).

Ginanjar, R. (2021). Pendidikan karakter di Indonesia. (Online), (https://www.kompasiana.com/ravii97194/60f24bd206310e444d063fb2/pendidikan-karakter-di-indonesia).

Muhlisin. (2020). Historisitas dan dinamika pendidikan karakter di Indonesia. An-Nahdhah. (Online), (https://www.researchgate.net/publication/338570297_HISTORISITAS_DAN_DINAMIKA_PENDIDIKAN_KARAKTER_DI_INDONESIA).

Nurgiyantoro, B. (2015). Teori pengkajian fiksi. Gadjah Mada University Press. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=541160.

Ramdhani, S., Yuliastri, N. A., Sari, S. D., & Hasriah, S. (2019). Penanaman nilai-nilai karakter melalui kegiatan storytelling dengan menggunakan cerita rakyat sasak pada anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 153–160. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V3I1.108.

Riza, M. (2016). Pendidikan karakter dalam perspektif islam. Jurnal As-Salam, 1(1), 73–82. https://jurnal-assalam.org/index.php/JAS/article/view/46

Rukayah, R. (2018). Eksistensi cerita rakyat sebagai media pembentukan karakter siswa sekolah dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 2(2), 32–40. https://doi.org/10.26858/JKP.V2I2.6860.

Safitri, M. R. (2018). Penanaman pendidikan karakter berbasis kesadaran diri dalam lingkungan keluarga. Seminar Nasional Lembaga Kebudayaan (SENASGABUD), 1(1).

Turaikhan, A. (2018). Pendidikan Agama dan Pendidikan Karakter Halaman 1 - Kompasiana.com. (Online) (https://www.kompasiana.com/turaikhan/5adf1a61ab12ae172e6a8f23/pendidikan-agama-dan-pendidikan-karakter).

Yunita, Y., & Mujib, A. (2021). Pendidikan karakter dalam perspektif islam. Jurnal TAUJIH, 14(01), 78–90. https://doi.org/10.53649/jutau.v14i01.309.

Downloads

Published

2023-04-03

How to Cite

Hartati, M., Wiguna, M. Z., Ramaniyar, E., Wiranty, W., Melia, M., & Alimin, A. A. (2023). Penanaman Nilai Karakter Berbasis Religius pada Anak Melalui Kegiatan Bercerita. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 361–372. https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i1.4287