Pelatihan Pembuatan Subject Specific Pedagogy (SSP) M-Learning Bermuatan Karakter Sebagai Solusi Pendidik dalam Pembelajaran dan Karya Tulis Ilmiah

Authors

  • Muhamad Firdaus IKIP PGRI Pontianak
  • Utin Desy Susiaty
  • Yudi Darma
  • Dewi Risalah
  • Buchari Buchari

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i1.4306

Keywords:

SSP, M-Learning, karakter, karya tulis ilmiah, pembelajaran

Abstract

Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pengetahuan guru tentang pembuatan Subject Specific Pedagogy (SSP) M-Learning bermuatan karakter dan karya tulis ilmiah. Metode pelaksanaan kegiatan PKM ini dilakukan dengan mengadopsi empat langkah action research, yaitu: perencanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Peserta pengabdian sebanyak 36 orang yang merupakan guru dan anggota PGRI Kabupaten Kayong Utara. Pelaksanaan kegiatan dilakukan secara luring di PGRI Kabupaten Kayong Utara Kalimantan Barat. Hasil PKM melalui pelatihan pembuatan SSP M-Learning bermuatan karakter dan karya tulis ilmiah disimpulkan sebagai berikut: (1) guru sangat memahami dalam penyusunan SSP terutama dalam mengintegrasikan pilar pendidikan karakter di dalam proses pembelajaran melalui pembuatan RPP; (2) guru sangat kreatif dalam pembuatan bahan ajar yang bermuatan karakter; (3) sesama guru aktif berdiskusi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran khususnya dalam masa pandemi Covid-19; (4) guru memahami dengan baik cara membuat karya tulis ilmiah sebagai syarat kenaikan pangkat guru; dan (5) peningkatan pengetahuan tentang pembuatan SSP M-Learning bermuatan karakter dan karya tulis ilmiah sebanyak 94,44% guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, R. N., Handayani, E. N., Quintania, M., & Nova, F. (2020). Pelatihan dan pendampingan penyusunan karya tulis ilmiah untuk mahasiswa di era pandemi. Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 3(4), 1–7. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3065

Darma, Y., Suratman, D., Yani, A., & Susiaty, U. D. (2019). Improving problem-solving ability and character in subject specific pedagogic with heuristic strategy. Journal of Education, Teaching, and Learning, 4(2), 333–338.

Darma, Y., Susiaty, U. D., & Fitriawan, D. (2018). Pendidikan karakter dalam pembelajaran pada mahasiswa calon guru matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 3(2), 110–115. https://doi.org/10.30998/sap.v3i2.3029

Hadirman, Igisani, R., Musafar, & Talibo, I. (2022). PKM pelatihan karya tulis ilmiah bermuatan moderasi beragama dan pendidikan karakter pada guru-guru min 1 institut agama islam negeri manado , sulawesi utara , indonesia institut agama islam negeri manado, sulawesi utara. NYIUR-Dimas: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 23–36.

Handayani, S. L., & Dewi, T. U. (2019). Pelatihan penulisan karya ilmiah bagi guru-guru sekolah dasar untuk meningkatkan kompetensi profesionalisme guru. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 70. https://doi.org/10.30651/aks.v4i1.2602

Harding, D., Kadiyono, A. L., Hidayat, Y., & Yanuarti, N. (2018). Pelatihan dan pengembangan sdm sebagai salah satu upaya menjawab tantangan mea. Journal of Psychological Science and Profession, 2(2), 185. https://doi.org/10.24198/jpsp.v2i2.21196

Harjono, A., Makhrus, M., Savalas, L. R. T., & Rasmi, D. A. C. (2019). Pelatihan pengembangan perangkat pembelajaran ipa untuk mendukung kesiapan guru sebagai role model keterampilan abad 21. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 2(3), 343–347.

Hasan, N. A. (2018). Pendidikan dan pelatihan sebagai upaya peningkatan kinerja pustakawan. Libria, 10(1), 95–115.

Hidayat, & Nurasyiah. (2017). Pengaruh diklat terhadap prestasi kerja karyawan di bank bpr rokan hulu. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 6(1), 71–82.

Loren, F. T. A., Siregar, N. A., & Susanti. (2022). Pelatihan penulisan karya tulis ilmiah sebagai upaya peningkatan kompetensi profesional guru di smp negeri 14 tanjungpinang. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (SENPEDIA) Politeknik Negeri Media Kreatif Tahun 2022, 2, 18–24.

Novita, D., Wilson, A., Irawan, A., & Artikel, S. (2022). Pelatihan penggunaan mendeley dalam penulisan karya ilmiah di sman 5 tangerang selatan. Kapas: Kumpulan Artikel Pengabdian Masyarakat, 1(2), 63–71.

Rahmawati, E. M., & Mukminan, M. (2017). Pengembangang m-learning untuk mendukung kemandirian dan hasil belajar mata pelajaran geografi. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(2), 157. https://doi.org/10.21831/jitp.v4i2.12726

Rifnida, & Surastina. (2016). Pelatihan penyusunan perangkat pembelajaran pada guru-guru smk pgri 2 bandar lampung. Adiguna: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 21–24.

Sulaefi, S. (2017). Pengaruh pelatihan dan pengembangan terhadap disiplin kerja dan kinerja karyawan. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(1). https://doi.org/10.26905/jmdk.v5i1.1212

Syahri, J., Hilma, R., Nasution, H., Prasetya, P., Syafri, R., Siregar, S. H., & Nurlaili, N. (2018). Pelatihan pembuatan publikasi ilmiah guru-guru sma n 2 tambang kabupaten kampar. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 2(1), 43–49. https://doi.org/10.37859/jpumri.v2i1.689

Warsita, B. (2010). Mobile learning sebagai model pembelajaran yang efektif dan inovatif. Jurnal Teknodik, 14(1), 062. https://doi.org/10.32550/teknodik.v14i1.452

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Firdaus, M., Susiaty, U. D., Darma, Y., Risalah, D., & Buchari, B. (2023). Pelatihan Pembuatan Subject Specific Pedagogy (SSP) M-Learning Bermuatan Karakter Sebagai Solusi Pendidik dalam Pembelajaran dan Karya Tulis Ilmiah. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 23–37. https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i1.4306