Pelatihan Akurasi Visualisasi Grafik Menggunakan Aplikasi Desmos untuk MGMP Matematika SMP dan SMA Kubu Raya

Authors

  • Bayu Prihandono Tanjungpura University
  • Yundari Yundari
  • Nilamsari Kusumastuti
  • Yudhi Yudhi
  • Mariatul Kiftiah
  • Meliana Pasaribu
  • Nur’ainul Miftahul Huda
  • Fansiskus Fran
  • Helmi Helmi
  • Evi Novian

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i3.4318

Keywords:

pembelajaran berbasis internet, aplikasi media pembelajaran, Desmos

Abstract

Pelatihan ini bertujuan mengenalkan aplikasi matematika berbasis internet kepada guru-guru MGMP Matematika sehingga dapat meningkatkan kemampuan penggunaan software matematika untuk menunjang proses pembelajaran dan penelitian bagi guru-guru matematika. Kegiatan ini dilaksanakan dari bulan Mei hingga Juni 2022 dengan tahapan meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pelatihan dilaksanakan di ruang konferensi Hotel Mercure Pontianak. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah ceramah, demonstrasi dan diskusi. Agar dapat mengikuti pelatihan dengan baik, peserta diberikan modul pelatihan yang telah disiapkan oleh nara sumber. Melalui kegiatan ini guru-guru diberikan pengetahuan untuk mengoperasikan dan memanfaatkan aplikasi DESMOS sebagai media pembelajaran. Tingkat keberhasilan pelatihan diukur dari nilai pre-test dan posttest yang diberikan pada 50 peserta yang hadir. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan guru dalam menggunakan software matematika dalam menunjang proses pembelajaran dan penelitian matematika

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Bayu Prihandono, Tanjungpura University

Program Studi Matematika Fakultas MIPA

References

Abdillah, L. A. (2021). Web-based learning. ArXiv Preprint ArXiv:2107.13984.

Agustina, I. (2020). Efektivitas pembelajaran matematika secara daring di era pandemi covid-19 terhadap kemampuan berpikir kreatif. Desimal: Jurnal Matematika, June.

Ebert, D. (2014). Graphing projects with Desmos. The Mathematics Teacher, 108(5), 388–391.

Effendi, M. (2016). Integrasi pembelajaran active learning dan internet-based learning dalam meningkatkan keaktifan dan kreativitas belajar. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 283–309.

Fran, F., Kiftiah, M., Pasaribu, M., Yudhi, Y., Huda, N. M., Helmi, H., Noviani, E., Yundari, Y., Kusumastuti, N., & Prihandono, B. (2022). Pelatihan visualisasi materi ajar matematika dengan geogebra untuk mahasiswa pendidikan matematika stkip pamane talino landak. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 6(2), 327–337. https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i2.3261

Gustami, S. A. (2020). The Effect of internet-based learning media on high school student achievement. Al’adzkiya International of Education and Sosial (AIoES) Journal, 1(1), 25–33.

Haerunnisa, Novi, Abdillah Abdillah, Dewi Pramita, Mahsup Mahsup, Vera Mandailina, Syaharuddin Syaharuddin, Yunita Septiana Anwar, Sirajuddin Sirajuddin, Raden Sudarwo, and Khaerul Anam. Efektivitas pembelajaran materi program linear berbasis aplikasi desmos terhadap hasil belajar siswa. In Seminar Nasional Paedagoria, 1, 1-8.

Hardyanto, R. H. (2017). Konsep internet of things pada pembelajaran berbasis web. Jurnal Dinamika Informatika, 6(1), 87–97.

Ishartono, N., Kristanto, Y. D., & Setyawan, F. (2018). An effort to improve senior high school mathematics teachers’ skill In. 9.

King, A. (2017). Using Desmos to draw in mathematics. The Australian Mathematics Teacher, 73(2), 33–37.

Kristanto, Y. D. (2021). Pelatihan desain aktivitas pembelajaran matematika digital dengan menggunakan desmos. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 27(3), 192–199.

Kusumaningtyas, N., Trapsilasiwi, D., & Fatahillah, A. (2018). Pengembangan media pembelajaran interaktif online berbantuan desmos pada kelaskita materi program linier kelas xi sma. Kadikma, 9(3), 118–128.

Liang, S. (2016). Teaching the concept of limit by using conceptual conflict strategy and desmos graphing calculator. International Journal of Research in Education and Science, 2(1), 35–48.

Muawanah, R., Nisak, Z., Maghfiroh, I. N., & Isroil, A. (2022). Aplikasi desmos dalam penyelesaian masalah trigonometri. Galois: Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 1(1), 38–42.

Nisyak, R., Trapsilasiwi, D., Fatahillah, A., Susanto, S., & Murtikusuma, R. P. (2018). Pengembangan media pembelajaran interaktif online menggunakan schoology berbantuan web desmos materi grafik fungsi kuadrat. Kadikma, 9(2), 155–164.

Stohlmann, M. (2017). Desmos battleship. Australian Mathematics Teacher, The, 73(2), 7–11.

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Prihandono, B., Yundari, Y., Kusumastuti, N., Yudhi, Y., Kiftiah, M., Pasaribu, M., … Novian, E. (2022). Pelatihan Akurasi Visualisasi Grafik Menggunakan Aplikasi Desmos untuk MGMP Matematika SMP dan SMA Kubu Raya. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 822–834. https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i3.4318