Pelatihan Akurasi Visualisasi Grafik Menggunakan Aplikasi Desmos untuk MGMP Matematika SMP dan SMA Kubu Raya
DOI:
https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i3.4318Keywords:
pembelajaran berbasis internet, aplikasi media pembelajaran, DesmosAbstract
Pelatihan ini bertujuan mengenalkan aplikasi matematika berbasis internet kepada guru-guru MGMP Matematika sehingga dapat meningkatkan kemampuan penggunaan software matematika untuk menunjang proses pembelajaran dan penelitian bagi guru-guru matematika. Kegiatan ini dilaksanakan dari bulan Mei hingga Juni 2022 dengan tahapan meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pelatihan dilaksanakan di ruang konferensi Hotel Mercure Pontianak. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah ceramah, demonstrasi dan diskusi. Agar dapat mengikuti pelatihan dengan baik, peserta diberikan modul pelatihan yang telah disiapkan oleh nara sumber. Melalui kegiatan ini guru-guru diberikan pengetahuan untuk mengoperasikan dan memanfaatkan aplikasi DESMOS sebagai media pembelajaran. Tingkat keberhasilan pelatihan diukur dari nilai pre-test dan posttest yang diberikan pada 50 peserta yang hadir. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan guru dalam menggunakan software matematika dalam menunjang proses pembelajaran dan penelitian matematika
Downloads
References
Abdillah, L. A. (2021). Web-based learning. ArXiv Preprint ArXiv:2107.13984.
Agustina, I. (2020). Efektivitas pembelajaran matematika secara daring di era pandemi covid-19 terhadap kemampuan berpikir kreatif. Desimal: Jurnal Matematika, June.
Ebert, D. (2014). Graphing projects with Desmos. The Mathematics Teacher, 108(5), 388–391.
Effendi, M. (2016). Integrasi pembelajaran active learning dan internet-based learning dalam meningkatkan keaktifan dan kreativitas belajar. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 283–309.
Fran, F., Kiftiah, M., Pasaribu, M., Yudhi, Y., Huda, N. M., Helmi, H., Noviani, E., Yundari, Y., Kusumastuti, N., & Prihandono, B. (2022). Pelatihan visualisasi materi ajar matematika dengan geogebra untuk mahasiswa pendidikan matematika stkip pamane talino landak. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 6(2), 327–337. https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i2.3261
Gustami, S. A. (2020). The Effect of internet-based learning media on high school student achievement. Al’adzkiya International of Education and Sosial (AIoES) Journal, 1(1), 25–33.
Haerunnisa, Novi, Abdillah Abdillah, Dewi Pramita, Mahsup Mahsup, Vera Mandailina, Syaharuddin Syaharuddin, Yunita Septiana Anwar, Sirajuddin Sirajuddin, Raden Sudarwo, and Khaerul Anam. Efektivitas pembelajaran materi program linear berbasis aplikasi desmos terhadap hasil belajar siswa. In Seminar Nasional Paedagoria, 1, 1-8.
Hardyanto, R. H. (2017). Konsep internet of things pada pembelajaran berbasis web. Jurnal Dinamika Informatika, 6(1), 87–97.
Ishartono, N., Kristanto, Y. D., & Setyawan, F. (2018). An effort to improve senior high school mathematics teachers’ skill In. 9.
King, A. (2017). Using Desmos to draw in mathematics. The Australian Mathematics Teacher, 73(2), 33–37.
Kristanto, Y. D. (2021). Pelatihan desain aktivitas pembelajaran matematika digital dengan menggunakan desmos. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 27(3), 192–199.
Kusumaningtyas, N., Trapsilasiwi, D., & Fatahillah, A. (2018). Pengembangan media pembelajaran interaktif online berbantuan desmos pada kelaskita materi program linier kelas xi sma. Kadikma, 9(3), 118–128.
Liang, S. (2016). Teaching the concept of limit by using conceptual conflict strategy and desmos graphing calculator. International Journal of Research in Education and Science, 2(1), 35–48.
Muawanah, R., Nisak, Z., Maghfiroh, I. N., & Isroil, A. (2022). Aplikasi desmos dalam penyelesaian masalah trigonometri. Galois: Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 1(1), 38–42.
Nisyak, R., Trapsilasiwi, D., Fatahillah, A., Susanto, S., & Murtikusuma, R. P. (2018). Pengembangan media pembelajaran interaktif online menggunakan schoology berbantuan web desmos materi grafik fungsi kuadrat. Kadikma, 9(2), 155–164.
Stohlmann, M. (2017). Desmos battleship. Australian Mathematics Teacher, The, 73(2), 7–11.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by GERVASI prior to the publication.