Penerapan Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Melalui Media Sosial Pada Pelaku Home Industry Tempe

Authors

  • Sholihul Amri Universitas Islam Lamongan
  • Dian Safitri Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i1.4325

Keywords:

home industry, media sosial, strategi pemasaran

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi kepada pelaku usaha dalam memanfaatkan metode pemasaran secara digital. Kegiatan pengabdian diikuti oleh sebanyak 20 peserta pelaku usaha tempe yang berasal dari desa Kedungmegarih Lamongan. Pelaksanaan kegiatan terbagi atas dua langkah kegiatan yaitu sosialisasi dan demonstrasi. Pertama adalah melakukan sosialisasi tentang peran internet bagi peningkatan ekonomi pada home industry. Kedua adalah demonstrasi dalam membuat sebuah inovasi pemasaran produk melalui media sosial yang dapat diterapkan langsung kepada seluruh peserta yang hadir dalam kegiatan sosialisasi tersebut. Hasil dari kegiatan ini yaitu peserta bisa menciptakan desain label produk serta memiliki kemampuan dan kemauan dalam membuat konten dalam strategi pemasaran lewat media sosial. Realisasi ketercapaian dari kegiatan sosialisasi adalah 90% memahami apa yang disampaikan pemateri, dan memiliki minat membuat konten media sosial adalah 88%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

dengan konsep 4p (price, product, place, promotion), ahp (analytical hierarchy process) dan topsis di cv. Xyz. Juminten, 2(3), 167-178.

Fitriyah, L. (2020). Keefektifan Penggunaan Perangkat Pelatihan Untuk Meningkatkan Kemampuan Membuat Makanan Olahan Berbahan Tempe Pada Masyarakat Desa Kedungmegarih Kecamatan Kembangbahu Kabupaten Lamongan. Journal Tata Boga, (9)1, 565-570.

Halim, A. (2020). Pengaruh pertumbuhan usaha mikro, kecil dan menengah terhadap pertumbuhan ekonomi kabupaten mamuju. GROWTH jurnal ilmiah ekonomi pembangunan, 1(2), 157-172.

Luciana, M., & Aldi, B. E. (2018). Analisis daya saing industri kreatif (studi kasus di DKI Jakarta). Universitas Musamus.

Iriani, E., Alvin, R., Listyana, L., & Khumairoh, N. S. (2022). Pelatihan dan seminar e-marketing pada pelaku umkm desa pesawahan, porong, kabupaten sidoarjo. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1331-1334.

Retnasary, M., Setiawati, S. D., Fitriawati, D., & Anggara, R. (2019). Pengelolaan media sosial sebagai strategi digital marketing pariwisata. Jurnal Kajian Pariwisata, 1(1), 76-83.

Sapas, P., Vuspitasari, B. K., Sadewo, Y. D., & Siahaan, S. V. B. (2020). Strategi pemasaran sayur organik frysia melalui analisis 4p dan stp. Business, Economics and Entrepreneurship, 2(2), 20-28.

Setiyana, C. D. M. R., & Maulidasari, C. D. (2020). Sosialisasi digital marketing pada usaha mikro kecil menengah (umkm). Jurnal Pengabdian Masyarakat Darma Bhakti Teuku Umar, 2(1), 63-73.

Werdani, R. E., Kurniawati, N. I., Sukoco, J. B., Windriya, A., & Iskandar, D. (2020). Pelatihan pemasaran produk homemade melalui sosial media. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 1–5.

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Amri, S., & Safitri, D. (2023). Penerapan Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Melalui Media Sosial Pada Pelaku Home Industry Tempe. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 38–46. https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i1.4325