Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Cair untuk Menanggulangi Sampah Rumah Tangga Di Kelurahan Tanjung RHU Kota Pekanbaru

Authors

  • Misdawita Misdawita Universitas Riau
  • Abraham Immanuel Universitas Riau
  • Isma Puspita Nengsih Universitas Riau
  • Ivan Kevin Situmeang Universitas Riau
  • Kristina Purba Universitas Riau
  • Lidia Belinda Universitas Riau
  • Putri Adytia Dermawan Sormin Universitas Riau
  • Rani Handayanti Universitas Riau
  • Tedy Kurniawan Universitas Riau
  • Wina Indy Natasya Manalu Universitas Riau
  • Yulinda Agita Putri Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i1.4329

Keywords:

sampah organik, pupuk cair, masyarakat

Abstract

Permasalahan sampah organik masih menjadi masalah yang berat bagi beberapa daerah termasuk kelurahan Tanjung Rhu. Tempat pembuangan akhir (TPA) di kelurahan Tanjung Rhu sangat tidak memenuhi standar operasional prosedur kebersihan lingkungan hal ini tentunya akan mengakibatkan masalah yang terus berlanjut. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk menambah wawasan dan keterampilan masyarakat di sekitar Tanjung Rhu, agar dapat mengurangi pencemaran lingkungan sekaligus mengetahui proses dalam pembuatan pupuk organik cair. Metode kegiatan pengabdian yang dilakukan adalah berupa pelatihan dan penyuluhan tentang tata cara bagaimana proses pembuatan pupuk organik cair dengan memanfaatkan sampah organik dari limbah rumah tangga. Sasaran dari kegiatan ini adalah masyarakat umum yang tinggal di kelurahan Tanjung Rhu Kota Pekanbaru. Hasil dari pengabdian ini adalah masyarakat memahami bagaimana pemanfaatan limbah organik rumah tangga untuk mengurangi pencemaran lingkungan dengan cara mengolah sampah tersebut menjadi pupuk organik cair Kelurahan Tanjung Rhu. Kegiatan ini juga akan mendorong kesadaran agar masyarakat lebih peduli kepada lingkungan sekitar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Endah, A. S., Suyadi, A., & Budi, G. P. (2015). Pengujian beberapa metode pembuatan bioaktivator guna peningkatan kualitas pupuk organik cair. Agritech: Jurnal Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 17(2).

Guntoro, S. (2013). Membuat Pakan Ternak dan Kompos dari Limbah Organik. AgroMedia.

Meriatna, M., Suryati, S., & Fahri, A. (2019). Pengaruh waktu fermentasi dan volume bio aktivator EM4 (effective microorganisme) pada pembuatan pupuk organik cair (POC) dari limbah buah-buahan. Jurnal Teknologi Kimia Unimal, 7(1), 13–29.

Mursiti, S., Sulistyaningsih, T., Amalina, N. D., Rosanti, Y. M., Futri, S. S., Andriyani, S., & Danty, R. (2022). Pengembangan Kapasitas Ekonomi Masyarakat melalui Pengolahan Limbah Organik Rumah Tangga. Jurnal Abdimas, 26(2), 176–181.

Nalhadi, A., Syarifudin, S., Habibi, F., Fatah, A., & Supriyadi, S. (2020). Pemberdayaan masyarakat dalam pemanfaatan limbah rumah tangga menjadi pupuk organik cair. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 43–46.

Pranata, A. S. (2010). Meningkatkan hasil panen dengan pupuk organik. AgroMedia.

Putra, B. W. R. I. H., & Ratnawati, R. (2019). Pembuatan pupuk organik cair dari limbah buah dengan penambahan bioaktivator EM4. Jurnal Sains & Teknologi Lingkungan, 11(1), 44–56.

Rasmito, A., Hutomo, A., & Hartono, A. P. (2019). Pembuatan pupuk organik cair dengan cara fermentasi limbah cair tahu, starter filtrat kulit pisang dan kubis, dan bioaktivator EM4. Jurnal Iptek, 23(1), 55–62.

Sulistyaningsih, C. R. (2020). Pemanfaatan limbah sayuran, buah, dan kotoran hewan menjadi Pupuk Organik Cair (POC) di kelompok tani Rukun Makaryo, Mojogedang Karanganyar. Jurnal Surya Masyarakat, 3(1), 22–31.

Suryati, T. (2014). Cara bijak mengolah sampah menjadi kompos dan pupuk cair. AgroMedia.

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Misdawita, M., Immanuel, A., Nengsih, I. P., Situmeang, I. K., Purba, K., Belinda, L., … Putri, Y. A. (2023). Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Cair untuk Menanggulangi Sampah Rumah Tangga Di Kelurahan Tanjung RHU Kota Pekanbaru. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 47–56. https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i1.4329