Pengembangan dan Pemasaran Produk Pada Industri Rumah Tangga (IRT) Rengginang Di Gampong Sukajadi Kebun Ireng, Langsa Lama

Authors

  • Siti Komariyah Universitas Samudra
  • Haikal Fajri Universitas Samudra
  • Fiddini Alham Universitas Samudra

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i1.4343

Keywords:

produk, pengembangan, pemasaran, rengginang, teknologi

Abstract

Kendala yang dihadapi oleh industri rumah tangga rengginang di desa Sukajadi Kebun Ireng, Langsa di antaranya adalah belum ada pengembangan produk serta masih dipasarkan secara konvensional. Atas dasar hal tersebut tim pengabdian berupaya memberikan pemahaman tentang pentingnya pengembangan produk dan teknik pemasaran yang tepat agar produk rengginang lebih diminati oleh pembeli dan dapat dipasarkan secara luas. Terdapat tiga tahapan yang dilakukan dalam melaksanakan kegiatan pengabdian ini yaitu tahap persiapan (visitasi, perumusan masalah dan penawaran solusi), tahap pelaksanaan (survei pemahaman mitra/pre-test dan sosialisasi), dan tahap evaluasi (pelaksanaan kegiatan dan posttest). Dari hasil pre-test, mitra sudah sedikit paham tentang pengembangan produk, namun mitra belum mengetahui pentingnya atribut dan kemasan produk. Untuk pemasaran sendiri mitra belum mengetahui tentang e-commers, mitra lebih mengenal pemasaran melalui media sosial. Setelah diberikan sosialisasi tentang pengembangan  dan pemasaran produk, berdasarkan hasil posttest, mitra mulai tertarik melakukan pengembangan produk, seperti membuat merk, memperbaiki kemasan serta menjual produk dalam bentuk yang lain (produk siap santap). Untuk pemasaran sendiri mitra lebih tertarik memasarkan produk rengginang melalui WhatApp. Selain itu pengetahuan mitra terkait pengembangan dan pemasaran produk meningkat hingga 83%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andamisari, D. (2021). Penggunaan status whatsapp sebagai digital marketing warga kecamatan medan satria bekasi di era new normal. Jurnal Lugas, 5(1): 66-72.

Evanita, S. & Trinanda, O. (2017). Pengaruh atribut produk terhadap minat beli makanan ringan tradisional pada remaja di perkotaan sumatera barat. Ecomac, 1(2): 7-11.

Fiertarico, H.B., Harris, H., Jaya, F.M. (2019). Karakteristik rengginang dengan penambahan surimi ikan patin (pangasius hypopthalmus) pada komposisi yang berbeda. Jurnal Ilmu-ilmu Perikanan dan Budidaya Perairan, 14 (1): 45-53.

Rapitasari, D. (2016). Digital marketing berbasis aplikasi sebagai strategi meningkatkan kepuasan pelanggan. Jurnal Cakrawala, 10 (2): 107 – 112.

Siregar, S.A., Pristiyono, Prayoga, Y. (2021). Pendampingan produksi dan strategi pemasaran industri rumah tangga keripik ubi mana lagi “pak jaim†di desa gunung selamat. JPKM, 27(2): 1-6.

Solidayah, W., Sunendiari, S., Wachidah, L. (2015). Uji modifikasi peringkat bertanda wilcoxon untuk masalah dua sampel berpasangan. Universitas Islam Bandung, Bandung.

Tjiptono, F. 2008. Strategi pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Widayanti, R.E & Oktavia, R. (2021).Strategi pemasaran berbasis online pada produk badan usaha milik desa (bumdes) “sukses bersama†desa sugihwaras kabupaten sidoarjo. Jurnal Tabarru: Islamic Bankingand Finance, 4 (1): 242-252.

Downloads

Published

2023-04-03

How to Cite

Komariyah, S., Fajri, H., & Alham, F. (2023). Pengembangan dan Pemasaran Produk Pada Industri Rumah Tangga (IRT) Rengginang Di Gampong Sukajadi Kebun Ireng, Langsa Lama. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 373–381. https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i1.4343