Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pendukung Pembelajaran Online Bagi Guru Sekolah Menengah Atas

Authors

  • Antonio Morgan Pascasarjana Universitas Dinamika Bangsa
  • Dedi Rianto Rahadi Universitas President
  • Syaifuddin Syaifuddin Pascasarjana Universitas Dinamika Bangsa
  • Miranty Yudhistira Pascasarjana Universitas Dinamika Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i1.4366

Keywords:

google workspace for education, pembelajaran online, pelatihan

Abstract

Tujuan pengabdian masyarakat yaitu memberikan pelatihan kepada guru dalam menggunakan Google Workspace for Education dalam proses pembelajaran. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi menyebutkan Akun Belajar yang dapat diakses melalui www.belajar.id. Akun tersebut dapat digunakan oleh siswa, guru, dan anggota komunitas pendidikan lainnya untuk mengakses sumber belajar elektronik. Pentingnya teknologi dan literasi digital telah disorot oleh guru mengingat banyaknya sumber daya online yang digunakan untuk materi kelas. Pelatihan untuk membantu guru di SMAN 14 kota Jambi dalam memaksimalkan proses pembelajaran siswa. Metode yang digunakan adalah presentasi, diskusi interaktif, demonstrasi atau peragaan praktik, bimbingan, dan latihan. Tahapan pelatihan meliputi tahap persiapan, pelaksanaan dan keberhasilan serta evaluasi kegiatan. Hasil pelatihan menunjukkan peserta memahami pentingnya penggunaan Google Workspace for Education dalam proses pembelajaran  antara guru dengan siswa sehingga diharapkan proses pembelajaran dapat dilakukan secara efektif dan efisien.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfitri, N., Azra, T., & Hadi, R. (2020). pelatihan penggunaan fitur google application for education (gafe) bagi guru sekolah. jurnal pengabdian dan pengembangan masyarakat politeknik negeri padang, 2(2), 76–80.

Apridiansyah, Y., Wijaya, A., Sadhevi, D. P., Setiawan, I., & Randa, W. G. (2021). Pembelajaran daring sd 45 kota bengkulu berbasis information and communication technology (ict). jpmtt (jurnal pengabdian masyarakat teknologi terbarukan), 15–23.

Aryani, D., Pintor, S., & Patiro, S. (2021). sosialisasi pemanfaatan layanan g-suite for edu (google suite for education) pada smp negeri 69 jakarta. urnity journal, 1(2).

Basilaia, G., & Kvavadze, D. (2020). transition to online education in schools during a sars-cov-2 coronavirus transition to online education in schools during a sars-cov-2 coronavirus ( covid-19) pandemi in georgia. modestum, 5(4), 1–9.

Cahyono, B. T., & Nugroho, W. (2022). optimalisasi pemanfaatan akun pembelajaran untuk kegiatan pembelajaran daring. edukatif: jurnal ilmu pendidikan, 4(1), 170–175

Corbett, F., & Spinello, E. (2020). heliyon connectivism and leadership : harnessing a learning theory for the digital age to rede fi ne leadership in the twenty- fi rst century. heliyon, e03250.

Husaj, S. (2015). connectivism and connective learning. academic journal of interdisciplinary studies, 4(1), 227–230.

Kizkapan, O., & Bektas, O. (2017). the effect of project based learning on seventh grade students’ academic achievement. international journal of instruction, 10(1), 37–54.

Kustian, N., Ningsih, R., & Hapsari, A. T. (2021). flipped classroom berbantuan google classroom pada bimbingan belajar fm 13 bekasi. jurnal pkm: pengabdian kepada masyarakat, 4(3), 253–260.

Musalamah, S., Ramadhan, M. A., & Saefudin, A. (2021). pelatihan optimalisasi microsoft office untuk mendukung kinerja tenaga pendidik di sekolah microsoft office optimization training to support the performance of educators in schools. panrita abdi jurnal pengabdian kepada masyarakat, 5(4), 528–535.

Nalurita, S. (2021). pemanfaatan aplikasi google meet pada mata kuliah teknik proyeksi bisnis semester gasal tahun pelajaran 2020/2021 di universitas dirgantara marsekal suryadarma (unsurya) (studi pada mahasiswa prodi manajemen kelas g). jurnal ilmiah manajemen surya pasca scientia, 10(1), 22– 30.

Pebriana, P. H. (2021). pelatihan google clasroom dalam pembelajaran daring di sdn 020 ridan permai. jurnal pengabdian masyarakat (abdira), 1, 21–28.

Pendy, A., Suryani, L., & Mbagho, H. M. (2022). analisis keefektifan pembelajaran online di masa pandemi covid-19 pada mahasiswa pendidikan matematika. edukatif: jurnal ilmu pendidikan, 4(1), 19-27.

Peraturan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 18 Tahun 2020 Tentang Petunjuk Teknis Pemanfaatan Data Pokok Pendidikan Untuk Akun Akses Layanan Pembelajaran

Quint, J., & Condliffe, B. (2018). project-based learning: a promising approach to improving student outcomes. issue focus. mdrc, (january).

Rahmi, U., & Hidayati, A. (2020). pelatihan e-learning untuk mengintegrasikan tik dalam pembelajaran bagi guru-guru sma the training of e-learning as ict integration in instructional for senior high school teachers. Panrita Abdi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 34–41.

Sirisrimangkorn, L. (2018). The use of project-based learning focusing on drama to promote speaking skills of efl learners. Advances in Language and Literary Studies, 9(6), 14.

Surat Edaran Nomor 37 Tahun 2020 tentang Akun Akses Layanan Pembelajaran bagi Peserta Didik, Pendidik, dan Tenaga Kependidikan

Vaca Torres, A. M., & Gómez Rodríguez, L. F. (2017). Increasing EFL learners oral production at a public school through project-based learning. Profile Issues in TeachersProfessional Development, 19(2), 57-71.

Widayanti, T. (2020). Pemanfaatan google form dalam mendukung pengumpulan data untuk karya ilmiah mahasiswa. Jurnal Inovasi Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 85–94

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Morgan, A., Rahadi, D. R., Syaifuddin, S., & Yudhistira, M. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pendukung Pembelajaran Online Bagi Guru Sekolah Menengah Atas. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 70–82. https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i1.4366