Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pendukung Pembelajaran Online Bagi Guru Sekolah Menengah Atas
DOI:
https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i1.4366Keywords:
google workspace for education, pembelajaran online, pelatihanAbstract
Tujuan pengabdian masyarakat yaitu memberikan pelatihan kepada guru dalam menggunakan Google Workspace for Education dalam proses pembelajaran. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi menyebutkan Akun Belajar yang dapat diakses melalui www.belajar.id. Akun tersebut dapat digunakan oleh siswa, guru, dan anggota komunitas pendidikan lainnya untuk mengakses sumber belajar elektronik. Pentingnya teknologi dan literasi digital telah disorot oleh guru mengingat banyaknya sumber daya online yang digunakan untuk materi kelas. Pelatihan untuk membantu guru di SMAN 14 kota Jambi dalam memaksimalkan proses pembelajaran siswa. Metode yang digunakan adalah presentasi, diskusi interaktif, demonstrasi atau peragaan praktik, bimbingan, dan latihan. Tahapan pelatihan meliputi tahap persiapan, pelaksanaan dan keberhasilan serta evaluasi kegiatan. Hasil pelatihan menunjukkan peserta memahami pentingnya penggunaan Google Workspace for Education dalam proses pembelajaran antara guru dengan siswa sehingga diharapkan proses pembelajaran dapat dilakukan secara efektif dan efisien.
Downloads
References
Alfitri, N., Azra, T., & Hadi, R. (2020). pelatihan penggunaan fitur google application for education (gafe) bagi guru sekolah. jurnal pengabdian dan pengembangan masyarakat politeknik negeri padang, 2(2), 76–80.
Apridiansyah, Y., Wijaya, A., Sadhevi, D. P., Setiawan, I., & Randa, W. G. (2021). Pembelajaran daring sd 45 kota bengkulu berbasis information and communication technology (ict). jpmtt (jurnal pengabdian masyarakat teknologi terbarukan), 15–23.
Aryani, D., Pintor, S., & Patiro, S. (2021). sosialisasi pemanfaatan layanan g-suite for edu (google suite for education) pada smp negeri 69 jakarta. urnity journal, 1(2).
Basilaia, G., & Kvavadze, D. (2020). transition to online education in schools during a sars-cov-2 coronavirus transition to online education in schools during a sars-cov-2 coronavirus ( covid-19) pandemi in georgia. modestum, 5(4), 1–9.
Cahyono, B. T., & Nugroho, W. (2022). optimalisasi pemanfaatan akun pembelajaran untuk kegiatan pembelajaran daring. edukatif: jurnal ilmu pendidikan, 4(1), 170–175
Corbett, F., & Spinello, E. (2020). heliyon connectivism and leadership : harnessing a learning theory for the digital age to rede fi ne leadership in the twenty- fi rst century. heliyon, e03250.
Husaj, S. (2015). connectivism and connective learning. academic journal of interdisciplinary studies, 4(1), 227–230.
Kizkapan, O., & Bektas, O. (2017). the effect of project based learning on seventh grade students’ academic achievement. international journal of instruction, 10(1), 37–54.
Kustian, N., Ningsih, R., & Hapsari, A. T. (2021). flipped classroom berbantuan google classroom pada bimbingan belajar fm 13 bekasi. jurnal pkm: pengabdian kepada masyarakat, 4(3), 253–260.
Musalamah, S., Ramadhan, M. A., & Saefudin, A. (2021). pelatihan optimalisasi microsoft office untuk mendukung kinerja tenaga pendidik di sekolah microsoft office optimization training to support the performance of educators in schools. panrita abdi jurnal pengabdian kepada masyarakat, 5(4), 528–535.
Nalurita, S. (2021). pemanfaatan aplikasi google meet pada mata kuliah teknik proyeksi bisnis semester gasal tahun pelajaran 2020/2021 di universitas dirgantara marsekal suryadarma (unsurya) (studi pada mahasiswa prodi manajemen kelas g). jurnal ilmiah manajemen surya pasca scientia, 10(1), 22– 30.
Pebriana, P. H. (2021). pelatihan google clasroom dalam pembelajaran daring di sdn 020 ridan permai. jurnal pengabdian masyarakat (abdira), 1, 21–28.
Pendy, A., Suryani, L., & Mbagho, H. M. (2022). analisis keefektifan pembelajaran online di masa pandemi covid-19 pada mahasiswa pendidikan matematika. edukatif: jurnal ilmu pendidikan, 4(1), 19-27.
Peraturan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 18 Tahun 2020 Tentang Petunjuk Teknis Pemanfaatan Data Pokok Pendidikan Untuk Akun Akses Layanan Pembelajaran
Quint, J., & Condliffe, B. (2018). project-based learning: a promising approach to improving student outcomes. issue focus. mdrc, (january).
Rahmi, U., & Hidayati, A. (2020). pelatihan e-learning untuk mengintegrasikan tik dalam pembelajaran bagi guru-guru sma the training of e-learning as ict integration in instructional for senior high school teachers. Panrita Abdi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 34–41.
Sirisrimangkorn, L. (2018). The use of project-based learning focusing on drama to promote speaking skills of efl learners. Advances in Language and Literary Studies, 9(6), 14.
Surat Edaran Nomor 37 Tahun 2020 tentang Akun Akses Layanan Pembelajaran bagi Peserta Didik, Pendidik, dan Tenaga Kependidikan
Vaca Torres, A. M., & Gómez RodrÃguez, L. F. (2017). Increasing EFL learners oral production at a public school through project-based learning. Profile Issues in TeachersProfessional Development, 19(2), 57-71.
Widayanti, T. (2020). Pemanfaatan google form dalam mendukung pengumpulan data untuk karya ilmiah mahasiswa. Jurnal Inovasi Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 85–94
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by GERVASI prior to the publication.