Pembinaan Administrasi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat pada Program Kesetaraan

Authors

  • Ria Rizkia Alvi Universitas Riau
  • Said Suhil Achmad Universitas Riau
  • Daeng Ayub Universitas Riau
  • Muhammad Jais Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i1.4382

Keywords:

pengelolaan administrasi, PKBM, program kesetaraan

Abstract

Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan tim PKBM Bintang Cemerlang dalam pengelolaan administrasi, efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan operasional pendidikan. Kegiatan pengabdian dilaksanakan pada tanggal 08 Agustus 2022 di Aula Kantor Desa Maredan Barat, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Provinsi Riau. Peserta kegiatan ini adalah tim PKBM Bintang Cemerlang sebanyak 10 orang. Kegiatan ini melibatkan 5 orang dosen Pendidikan Masyarakat FKIP Universitas Riau (tim pengabdian) dan 3 mahasiswa PLP. Kegiatan pengabdian dilakukan dalam bentuk pelatihan. Diskusi dan ceramah digunakan sebagai metode penyampaian mengenai administrasi kurikulum dan peserta didik. Latihan digunakan untuk melatih kemampuan tim PKBM dalam menyusun SOP kurikulum dan SOP pengelolaan peserta didik. Kegiatan pengabdian dilaksanakan dengan lima tahap yaitu: persiapan, rancangan program, sosialisasi, pelaksanaan pembinaan administrasi, monitoring dan evaluasi. Hasil evaluasi, peserta menyatakan bahwa sangat setuju 60,8%, diadakan kegiatan pembinaan ini, ketercapaian tujuan kegiatan 70%, ketercapaian target administrasi PKBM 80%, dan kemampuan peserta dalam memahami administrasi PKBM 80%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asifudin, A. J. (2016). Manajemen Pendidikan untuk ondok esantren. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 355-366.

Baihaqi, B. (2017). Pengawasan sebagai fungsi manajemen perpustakaan dan hubungannya dengan disiplin pustakawan. Libria, 8(1).

Batlajery, S. (2016). Penerapan fungsi-fungsi manajemen pada aparatur pemerintahan Kampung Tambat Kabupaten Merauke. Jurnal ilmu ekonomi & sosial, 7(2), 135-155.

Budiwibowo, S., Sudarmiani. (2019). Manajemen pendidikan. Yogyakarta: Andi.

Fauzi., Ikka K.A. (2011). Mengelola pelatihan partisipatif. Bandung: Alfabeta.

Fauzi, E. R., & Widiastuti, N. (2018). Peranan PKBM Nusa Indah dalam peningkatan layanan program pendidikan non-formal di Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang. Jurnal Comm-Edu, 1(2), 30–35.

Fismanelly, F., Herman, H., & Syahril, S. (2022). Efektivitas Pusat kegiatan belajar masyarakat (pkbm) permata bunda sebagai lembaga pendidikan nonformal dalam upaya pengentasan wajib belajar sembilan tahun. Tarikhuna: Journal of History and History Education, 4(1), 91-103.

Gunartin, G., Soffiatun, S., & Hayati, H. F. A. (2018). Pusat kegiatan belajar masyarakat sebagai tempat alternatif menumbuhkan kemandirian wirausaha warga belajarâ€(studi pada pkbm insan karya pamulang tangerang selatan). Pekobis: Jurnal Pendidikan, Ekonomi, dan Bisnis, 3(2), 30-48.

Gunawan, I., & Benty, D. D. N. (2017). Manajemen pendidikan: suatu pengantar praktik. Bandung: Alfabeta.

Hermawan, T., Fakhruddin, F., & Suminar, T. (2017). Pengelolaan pembiayaan menuju kemandirian di PKBM Al Huda Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak. Educational Management, 6(2), 133-140.

Kamil, M. (2011). Pendidikan nonformal pengembangan melalui kegiatan belajar mengajar pkbm di indonesia “sebuah pembelajaran dari kominkan di jepangâ€. Bandung: Alfabeta.

Kurniadin, D., Machali, I., & Sandra, M. (2016). Manajemen pendidikan: konsep & prinsip pengelolaan pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Maisaro, A., Wiyono, B. B., & Arifin, I. (2018). Manajemen program penguatan pendidikan karakter di sekolah dasar. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 1(3), 302-312.

Pamungkas, A. H., Sunarti, V., & Wahyudi, W. A. (2018). Peran PKBM dalam peningkatan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan hidup masyarakat sesuai target SDGs. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 6(3), 303-309.

Pujianto, A., Ismanto, B., & Wahyudi, W. (2022). Analisa kebutuhan terhadap model monitoring berbasis Gsuite dalam pelaksanaan pembelajaran daring sebagai langkah pengendalian mutu sekolah. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 5(3), 194-201.

Rianti, S., Mappincara, A., & Wahed, A. (2022). Peran tenaga administrasi sekolah dalam layanan administrasi di SMP Cokroaminoto Tamalanrea Makassar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pengembangan Pembelajaran, 1(3), 173–180

Sunyoto, D. (2012). Manajemen sumber daya manusia. Yogyakarta: CAPS.

Suryadi, A., & Mutiara, D. (2020). Strategi pencapaian standar layanan pendidikan nonformal pada pusat kegiatan belajar Masyarakat. Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 49-56

Tambunan, R., M. (2013). Pedoman penyusunan standard operating procedures

(SOP). Jakarta: Maistas Publishing.

Terttiaavini, T., Marnisah, L., Yulius, Y., & Saputra, T. S. (2019). Pengembangan Kewirausahaan “Kemplang Tunu†Sebagai Produk Cemilan Khas Kota Palembang. Jurnal Abdimas Mandiri, 3(1).

Wibowo, E. W., Yoeliastuti, Y., Faridah, F., Estiana, R., & Karomah, N. G. (2022). Pelatihan Pengelolaan administrasi surat menyurat bagi warga belajar di pkbm ristek nusantara jaya jakarta. Jurnal Abdidas, 3(1), 47-52.

Wiliandari, Y. (2014). Rancangan pelatihan dan pengembangan sdm yang efektif. Society, 5(2), 93-110.

Zulkarnain, W. (2022). Manajemen layanan khusus di sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Vaca Torres, A. M., & Gómez Rodríguez, L. F. (2017). Increasing EFL learners oral production at a public school through project-based learning. Profile Issues in TeachersProfessional Development, 19(2), 57-71.

Widayanti, T. (2020). Pemanfaatan google form dalam mendukung pengumpulan data untuk karya ilmiah mahasiswa. Jurnal Inovasi Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 85–94

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Alvi, R. R., Achmad, S. S., Ayub, D., & Jais, M. (2023). Pembinaan Administrasi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat pada Program Kesetaraan. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 83–98. https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i1.4382