Pendampingan Penggunaan Aplikasi Sipedas Berani (Sistem Informasi Pelaporan Dasa Wisma) Kecamatan Batununggal Kota Bandung

Authors

  • Seliwati Seliwati Politeknik Piksi Ganesha
  • Prihartono Aksan Halim
  • Rini Suwartika Politeknik Piksi Ganesha
  • Falaah Abdussalam Politeknik Piksi Ganesha
  • Candra Mecca Politeknik Piksi Ganesha
  • Ratnanto Aditiarno Politeknik Piksi Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i1.4388

Keywords:

inovasi, go green, sistem informasi, user friendly

Abstract

Anggota PKK Kecamatan Batununggal memiliki kendala dalam mengumpulkan data warganya. Hal ini dikarenakan proses pengumpulan data warganya yang masih konvensional yaitu menggunakan kertas formulir. Kumpulan kertas formulir data warga ini menjadi masalah juga yaitu terjadi tumpukan kertas atau menjadi sampah di kantor kecamatan dengan berjalannya waktu. Untuk itu, dibutuhkan inovasi yang mengurangi masalah-masalah tersebut. Selain itu, dibutuhkan juga aplikasi yang user friendly sehingga anggota PKK yang notabene tidak terlalu melek teknologi dapat menggunakannya hanya 1-2 kali pelatihan. Berdasarkan permasalahan tersebut Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini berupaya meningkatkan Go Green dengan mengurangi penggunaan kertas dan memudahkan anggota PKK dalam mengumpulkan data dengan memanfaatkan teknologi. Kegiatan ini diikuti oleh beberapa dosen Politeknik Piksi Ganesha dan 15 orang dari anggota PKK. Kegiatan dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu pra-kegiatan, pelaksanaan, dan validasi. Hasil dari kegiatan ini adalah terciptanya aplikasi SIPEDAS BERANI yang terdiri dari 9 antarmuka. Realisasi ketercapaian dari kegiatan PkM adalah 100% aplikasi SIPEDAS BERANI dan 80,4% pelatihan penggunaan aplikasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditama, A. A. K., Djuni, D., & Wirastuti, N. (2014). Rancang bangun aplikasi pendataan warga banjar berbasis android. Jurnal Spektrum, 1(1), 65-71.

Andriani, R., & Afidah, M. (2020). Evaluasi kegiatan pengabdian kepada masyarakat dosen Universitas Lancang Kuning. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 12(1), 271-278.

Arief, R. (2017). Aplikasi presensi siswa online menggunakan google forms, sheet, sites, awesome table dan gmail. Sntekpan V, Itats, Surabaya, 137-143.

Kurniawati, E. W. (2021). Evaluasi Program pendidikan perspektif model cipp (context, input, process, product). GHAITSA: Islamic Education Journal, 19-25.

Meirawati, E. (2020). Pemanfaatan Google Form sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 2 Palangka Raya. Palangka Raya: Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya.

Ngafifi, M. (2014). Kemajuan teknologi dan pola hidup manusia dalam perspektif sosial budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 33-47.

Rahmayanti. (2015). Penggunaan Media IT dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah CIRCUIT , 85-97.

Tsani, I., Arsyadana, A., Sufirmansyah, S., & Shafira, E. (2021). Evaluasi model cipp pada pembelajaran PAI dan budi pekerti di SMA Negeri 7 Kota Kediri. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 17-45.

Widayanti, T. (2020). Pemanfaatan google form dalam mendukung pengumpulan data untuk karya ilmiah mahasiswa. JUDIMAS (Jurnal Inovasi Pengabdian Kepada Masyarakat), 85-94.

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Seliwati, S., Halim, P. A., Suwartika, R., Abdussalam, F., Mecca, C., & Aditiarno, R. (2023). Pendampingan Penggunaan Aplikasi Sipedas Berani (Sistem Informasi Pelaporan Dasa Wisma) Kecamatan Batununggal Kota Bandung. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 99–109. https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i1.4388