Pengenalan Literasi Keuangan Sejak Dini Bagi Wali Murid di TK Harmoni Kota Blitar

Authors

  • Fitriana Santi Universitas Merdeka Malang
  • Ary Yunita Anggraeni
  • Rani Ayu Widya Nauvalita
  • Dela Safira Maharani

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i3.4399

Keywords:

anak usia dini, literasi keuangan, mengelola keuangan

Abstract

Literasi keuangan merupakan keterampilan pengelolaan keuangan, belajar membedakan kebutuhan dan keinginan. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah memberikan wawasan kepada mama muda (wali murid) TK Harmoni Kota Blitar. Melalui kegiatan ini maka guru serta wali murid dapat saling berkolaborasi dengan baik menumbuhkan literasi keuangan pada anak usia dini. Metode pelaksanaan program ini adalah lokakarya kepada mama muda, pendampingan, dan evaluasi. Kegiatan dilaksanakan oleh 1 dosen, 2 guru dan 9 peserta. Kegiatan dilaksnaakan pada hari Selasa 30 Agustus 2022. Tahap pertama lokakarya kepada mama muda. Pada tahap ini akan dijelaskan materi mengenai uang serta cara mengenalkan literasi keuangan kepada anak usia dini. Tahap kedua evaluasi kegiatan. Tahapan ini peserta akan mengisi Google Form untuk mengetahui tingkat keberhasilan lokakarya kegiatan pengabdian menghasilkan antusias mama muda yang mempraktekkan langsung materi dan permainan literasi keuangan. Hal ini ditunjukkan dari antusias mama muda yang mengirimkan video kepada tim pengabdi. Hasil akhir dari kegiatan lokakarya dan evaluasi adalah menghasilkan HKI permainan literasi keuangan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariyani, D. (2018). Pendidikan literasi keuangan pada anak usia dini di tk khalifah purwokerto. Yinyang:Jurnal Studi Islam, Gender Dan Anak, 13(2), 175–190.

Gunawan, A., & Pulungan, D. R. (2019). Tingkat literasi keuangan dosen fakultas ekonomi dan bisnis universitas muhamadiyah sumatera utara. Seminar Nasional & Call for Paper Seminar Bisnis Magister Manajemen (SAMBIS-2019), 1–9.

Hikmah, H., Setiawati, K., & Chika, S. (2019). Pembinaan Edukasi Finansial pada Anak Melalui Menabung Sejak Dini Untuk Membangun. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 3(3), 156–161.

Insana, D. R. M., & Johan, R. S. (2021). Analisis pengaruh penggunan uang elektronik terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Relasi: Jurnal Ekonomi, 17(2), 413-434.

Krisdayanthi, A. (2019). Penerapan financial parenting (gemar menabung) pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 1–7.

Musawamah, M. (2021). Peran orang tua dan guru dalam membentuk karakter anak di kabupaten demak. Jurnal AL-HIKMAH, 3(1).

Novianti, Rohaety Ety, E., & Westhisi Munggaraning, S. (2019). Meningkatkan kemampuan daya ingat anak usia dini melalui media pembelajaran mind mapping. Jurnal Ceria, 2(3), 2614–4107.

Novieningtyas, A. (2018). Pentingnya edukasi literasi keuangan sejak dini. MANNERS, 1(2), 133.

Nuh, M., Sangaji, R., Muzzaki, M., Agustin, E., & Larasati, A. N. (2021). Sosialisasi pentingnya manfaat menabung sejak dini. Dedikasi, 1(1).

Nuryanto, S. (2016). Dongeng sebagai pendidikan anti korupsi pada anak usia dini. Indria, Jurnal Ilmiah Pendidikan PraSekolah dan Sekolah Awal, 1(1), 65–79.

Otoritas Jasa Keuangan. (2020). Menumbuhkan kecakapan literasi keuangan pada anak usia dini. In Otoritas Jasa Keuangan, 1, 1–42.

Pulungan, D. R. (2017). Literasi keuangan dan dampaknya terhadap perilaku keuangan masyarakat kota medan. Ekonomikawan: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 17(1), 401–406.

Purnamasari, F. B. (2019). Hubungan antara guru dan orang tua melalui program parenting perkembangan anak. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 13(1), 11–25.

Rahmawati, Z. D. (2020). Penggunaan media gadget dalam aktivitas belajar dan pengaruhnya terhadap perilaku anak. Jurnal Studi Pendidikan Islam, 3(1).

Rapih, S. (2016). Pendidikan literasi keuangan pada anak: mengapa dan bagaimana?. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2).

Septiansari, D., & Handayani, T. (2021). Pengaruh belanja online terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa di masa pandemi covid-19. Jurnal Ekonomi dan Manajmeen Teknologi (EMT), 5(1), 53–65. https://doi.org/10.35870/emt.v5i1.372

Syukria, S., & Siregar, N. Si. S. (2018). Buku cerita si kancil dan perilaku meniru siswa taman kanak-kanak. Gondang: Jurnal Seni dan Budaya, 2(2), 86. https://doi.org/10.24114/gondang.v2i2.11285

Ulfah, M., Kuswanti, H., & Thoharudin, M. (2021). Pendidikan literasi keuangan dalam pembelajaran ekonomi di sma dan smk kabupaten kubu raya kalimantan barat. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(1), 194. https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3155

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Santi, F., Anggraeni, A. Y., Nauvalita, R. A. W., & Maharani, D. S. (2022). Pengenalan Literasi Keuangan Sejak Dini Bagi Wali Murid di TK Harmoni Kota Blitar. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 858–871. https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i3.4399