Implementasi LSLC untuk Meningkatkan Kecakapan Guru IPA dalam Mendesain Pembelajaran Berbasis 4C di Kecamatan Selakau

Authors

  • Ira Nofita Sari IKIP PGRI Pontianak
  • Nurussaniah Nurussaniah IKIP PGRI Pontianak
  • Dedi Irwan IKIP PGRI Pontianak
  • Muhammad Iqbal Ripo Putra IKIP PGRI Pontianak
  • Afina Afina IKIP PGRI Pontianak
  • Siti Umaya Sari IKIP PGRI Pontianak
  • Fahrul Jatannur IKIP PGRI Pontianak
  • Nabila Alhilma IKIP PGRI Pontianak
  • Sarah Ashari IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i3.4444

Keywords:

desain pembelajaran, keterampilan 4C, guru IPA

Abstract

PKM yang dilaksanakan bertujuan menerapkan LSLC untuk meningkatkan kemampuan guru IPA dalam mendesain pembelajaran berbasis 4C. PKM ini melibatkan 9 orang sebagai tim pelaksana kegiatan. Metode yang digunakan yaitu tutorial dan pendekatan secara kolaboratif-partisipatif. Tahapan kegiatan yaitu persiapan, pelatihan dan pendampingan. Kegiatan dilaksanakan di Kecamatan Selakau, Kabupaten Sambas Kalimantan Barat. Peserta yang terlibat yaitu guru-guru IPA yang berasal dari SMA Negeri 1 Selakau, SMA Negeri 2 Selakau, SMA Negeri 1 Salatiga, dan SMA Negeri 1 Pemangkat dengan jumlah peserta sebanyak 14 orang guru. Kegiatan pelatihan dilaksanakan pada 15-16 Juli 2022 dan pendampingan pada 25-26 Agustus 2022. Hasil yang telah dicapai menunjukkan hasil yang positif. Guru telah memiliki kemampuan dalam menerapkan LSLC dalam mendesain pembelajaran berbasis 4C. Selain itu kemampuan siswa juga menunjukkan hasil positif pada aspek 4C dengan rata-rata 76,79.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifuddin, M., Mahardika, A. I., Ashari, A., Muda, A. A. A., & Fitriani, N. (2022). Pelatihan penggunaan kit praktikum IPA untuk guru SD/MI sederajat di kota Banjarmasin. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 5(3), 276-281.

Aripin, U., Setiawan, W., & Hendriana, H. (2021). Rekam medis (media edukasi dengan software) guru dalam menerapkan lesson study. Abdimas Siliwangi, 4(2), 157-166.

Arisinta, R., As’ari, A. R., & Sa’dijah, C. (2019). Realistic mathematics education untuk meningkatkan kemandirian belajar matematika. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(6), 738-746.

Dewi, N. L. R. A., Lasmawan, I. W., & Gading, I. K. (2022). pengembangan instrumen keterampilan belajar dan berinovasi (4C) pada pembelajaran IPA siswa kelas V SD. Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 6(1), 65-74.

Equanti, D., & Bayuardi, G. (2018). kondisi sosial ekonomi dan kualitas hunia rumah tangga nelayan di Desa Kuala Kecamatan Selakau Kabupaten Sambas. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 5(1), 20-34.

Fajri, Z., Riza, I. F. D., Azizah, H., Sofiana, Y., Ummami, U., & Andila, A. (2022). Pendampingan guru PAUD Al Muhaimin Desa Pengarang Kec. Jambesari Darussolah Bondowoso dalam pembuatan media pembelajaran berbasis Canva. Dimastek: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Berbasis Teknologi, 2(2), 19-31.

Friska, S. Y., Nurhalida, N., & Susilawati, W. O. (2022). Pengembangan E-Modul IPA tema 6 subtema 2 materi siklus hidup hewan berbasis Problem Based Learning berbantu flipbook maker di Kelas IV Sekolah Dasar. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 10(2), 377-382.

Junedi, B., Mahuda, I., & Kusuma, J. W. (2020). Optimalisasi keterampilan pembelajaran abad 21 dalam proses pembelajaran pada Guru MTs Massaratul Mut’allimin Banten. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16(1), 63-72.

Kartini, K. S., & Putra, I. N. T. A. (2022). Kebutuhan media pembelajaran berbasis android pada materi hidrokarbon di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1).

Kumolontang, D. F. (2021). Pelatihan dan pengembangan perangkat pembelajaran inovatif berbasis TIK bagi guru-guru Sekolah Dasar. EDU PRIMARY JOURNAL, 2(2), 197-205.

Kurniawan, B., & Muh, A. S. (2021). pengaruh implementasi model pembelajaran Science Integrated Learning (sil) berbasis keterampilan belajar dan berinovasi 4C terhadap hasil belajar IPA dengan kovariabel kemandirian belajar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 2(2), 192-201.

Mahesti, G., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan media pembelajaran permainan monopoli asean untuk meningkatkan hasil belajar tema 1 selamatkan makhluk hidup pada siswa kelas 6 Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 30-39.

Marliani, T., Hamdu, G., & Pranata, O. H. Pengembangan LKS pembelajaran STEM untuk mencapai keterampilan 4C dengan media Electrical Tandem Roller di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 276-291.

Mastura, M., & Santaria, R. (2020). Dampak pandemi COVID-19 terhadap proses pengajaran bagi guru dan siswa. Jurnal studi guru dan pembelajaran, 3(2), 289-295.

Ninawati, M., & Wahyuni, N. (2021). Efektivitas media pembelajaran audio visual pada pembelajaran daring terhadap hasil belajar ipa siswa kelas IV SDN Pademangan Barat 11 jakarta utara. tanggap: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(1), 64-73.

Pratama, G. S., & Retnawati, H. (2018, September). Urgency of Higher Order Thinking Skills (HOTS) content analysis in mathematics textbook. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1097, No. 1, p. 012147). IOP Publishing.

Suryanda, A., Azrai, E. P., & Setyorini, D. (2021). Peningkatan keterampilan guru IPA dalam mengembangkan media pembelajaran inovatif berbasis potensi lokal. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(4).

Tyas, E. H., & Naibaho, L. (2021). HOTS learning model improves the quality of education. International Journal of Research-GRANTHAALAYAH, 9(1), 176-182.

Uno, H. B., & Nina Lamatenggo, S. E. (2022). Teori kinerja dan pengukurannya. Bumi Aksara.

Downloads

Published

2022-12-07

How to Cite

Sari, I. N., Nurussaniah, N., Irwan, D., Putra, M. I. R., Afina, A., Sari, S. U., … Ashari, S. (2022). Implementasi LSLC untuk Meningkatkan Kecakapan Guru IPA dalam Mendesain Pembelajaran Berbasis 4C di Kecamatan Selakau. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 895–908. https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i3.4444