Implementasi LSLC untuk Meningkatkan Kecakapan Guru IPA dalam Mendesain Pembelajaran Berbasis 4C di Kecamatan Selakau
DOI:
https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i3.4444Keywords:
desain pembelajaran, keterampilan 4C, guru IPAAbstract
Downloads
References
Arifuddin, M., Mahardika, A. I., Ashari, A., Muda, A. A. A., & Fitriani, N. (2022). Pelatihan penggunaan kit praktikum IPA untuk guru SD/MI sederajat di kota Banjarmasin. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 5(3), 276-281.
Aripin, U., Setiawan, W., & Hendriana, H. (2021). Rekam medis (media edukasi dengan software) guru dalam menerapkan lesson study. Abdimas Siliwangi, 4(2), 157-166.
Arisinta, R., As’ari, A. R., & Sa’dijah, C. (2019). Realistic mathematics education untuk meningkatkan kemandirian belajar matematika. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(6), 738-746.
Dewi, N. L. R. A., Lasmawan, I. W., & Gading, I. K. (2022). pengembangan instrumen keterampilan belajar dan berinovasi (4C) pada pembelajaran IPA siswa kelas V SD. Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 6(1), 65-74.
Equanti, D., & Bayuardi, G. (2018). kondisi sosial ekonomi dan kualitas hunia rumah tangga nelayan di Desa Kuala Kecamatan Selakau Kabupaten Sambas. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 5(1), 20-34.
Fajri, Z., Riza, I. F. D., Azizah, H., Sofiana, Y., Ummami, U., & Andila, A. (2022). Pendampingan guru PAUD Al Muhaimin Desa Pengarang Kec. Jambesari Darussolah Bondowoso dalam pembuatan media pembelajaran berbasis Canva. Dimastek: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Berbasis Teknologi, 2(2), 19-31.
Friska, S. Y., Nurhalida, N., & Susilawati, W. O. (2022). Pengembangan E-Modul IPA tema 6 subtema 2 materi siklus hidup hewan berbasis Problem Based Learning berbantu flipbook maker di Kelas IV Sekolah Dasar. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 10(2), 377-382.
Junedi, B., Mahuda, I., & Kusuma, J. W. (2020). Optimalisasi keterampilan pembelajaran abad 21 dalam proses pembelajaran pada Guru MTs Massaratul Mut’allimin Banten. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16(1), 63-72.
Kartini, K. S., & Putra, I. N. T. A. (2022). Kebutuhan media pembelajaran berbasis android pada materi hidrokarbon di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1).
Kumolontang, D. F. (2021). Pelatihan dan pengembangan perangkat pembelajaran inovatif berbasis TIK bagi guru-guru Sekolah Dasar. EDU PRIMARY JOURNAL, 2(2), 197-205.
Kurniawan, B., & Muh, A. S. (2021). pengaruh implementasi model pembelajaran Science Integrated Learning (sil) berbasis keterampilan belajar dan berinovasi 4C terhadap hasil belajar IPA dengan kovariabel kemandirian belajar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 2(2), 192-201.
Mahesti, G., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan media pembelajaran permainan monopoli asean untuk meningkatkan hasil belajar tema 1 selamatkan makhluk hidup pada siswa kelas 6 Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 30-39.
Marliani, T., Hamdu, G., & Pranata, O. H. Pengembangan LKS pembelajaran STEM untuk mencapai keterampilan 4C dengan media Electrical Tandem Roller di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 276-291.
Mastura, M., & Santaria, R. (2020). Dampak pandemi COVID-19 terhadap proses pengajaran bagi guru dan siswa. Jurnal studi guru dan pembelajaran, 3(2), 289-295.
Ninawati, M., & Wahyuni, N. (2021). Efektivitas media pembelajaran audio visual pada pembelajaran daring terhadap hasil belajar ipa siswa kelas IV SDN Pademangan Barat 11 jakarta utara. tanggap: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(1), 64-73.
Pratama, G. S., & Retnawati, H. (2018, September). Urgency of Higher Order Thinking Skills (HOTS) content analysis in mathematics textbook. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1097, No. 1, p. 012147). IOP Publishing.
Suryanda, A., Azrai, E. P., & Setyorini, D. (2021). Peningkatan keterampilan guru IPA dalam mengembangkan media pembelajaran inovatif berbasis potensi lokal. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(4).
Tyas, E. H., & Naibaho, L. (2021). HOTS learning model improves the quality of education. International Journal of Research-GRANTHAALAYAH, 9(1), 176-182.
Uno, H. B., & Nina Lamatenggo, S. E. (2022). Teori kinerja dan pengukurannya. Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by GERVASI prior to the publication.