Pelatihan Penyusunan RPP IPA Blended Learning Berbasis TPACK Sebagai Upaya Guru dalam Menghadapi Pembelajaran Pasca Covid-19

Authors

  • Mega Elvianasti Universitas Muhammadiyah Prof.DR.Hamka
  • Novia Heza Lestari
  • Maesaroh Maesaroh
  • Irdalisa Irdalisa
  • Husnin Nahry Yarza
  • Rikizaputra Rikizaputra

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i1.4448

Keywords:

blended learning, pembelajaran ipa, TPACK

Abstract

Pengabdian ini dilaksanakan dengan tujuan memberikan pelatihan bagi guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) blended Learning dan berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) sehingga guru dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan protokol kesehatan pascapandemi Covid-19. Pasca Covid-19 guru diharapkan dapat merancang dan melaksanakan pembelajaran blended learning. Sebagai penunjang terlaksananya blended learning, guru diberikan pelatihan penyusunan RPP berbasis TPACK. Uraian kegiatan pelatihan tersebut yaitu guru diberikan materi membuat RPP merdeka dan blended learning, serta evaluasi secara online dilanjutkan dengan materi RPP berbasis TPACK. Hari kedua, guru diberikan pelatihan bagaimana menyusun RPP Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) blended learning dan berbasis TPACK sesuai dengan kondisi dan situasi sekolah, hari ketiga dilaksanakan evaluasi terhadap RPP yang sudah dibuat. Hasil yang dicapai  adalah guru memahami materi yang disampaikan dengan baik dan dapat mengimplementasikan materi dan waktu penyampaian materi yang sudah baik sekali.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Clayton, S. H., & B, H. M. (2012). Classifying K – 12 Blended Learning. INNOSIGHT Institute, May, 1–22. (Online) (https://www.christenseninstitute.org/wp-content/uploads/2013/04/Classifying-K-12-blended-learning.pdf).

Hanik, E. U., Puspitasari, D., Safitri, E., Firdaus, H. R., Pratiwi, M., & Inayah, R. N. (2022). Integrasi Pendekatan tpack (technological, pedagogical, content knowledge) guru sekolah dasar sikl dalam melaksanakan pembelajaran era digital. JEID: Journal of Educational Integration and Development, 2(1), 15-27.

Hoic-Bozic, N., Holenko Dlab, M., & Mornar, V. (2016). Recommender system and web 2.0 tools to enhance a blended learning model. IEEE Transactions on Education, 59(1), 39–44. https://doi.org/10.1109/TE.2015.2427116

Hrastinski, S. (2019). What do we mean by blended learning? TechTrends, 63(5), 564–569. https://doi.org/10.1007/s11528-019-00375-5

Hubackova, S., & Semradova, I. (2016). Evaluation of blended learning. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 217, 551–557. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.02.044

Irdalisa, & Amirullah, G. (2020). Pelatihan Kemampuan tpack pasca pandemi covid 19 bagi guru biologi sma muhammadiyah se-dki jakarta. Prosiding Seminar Nasional Abdimasmu, 1(1), 71–78.

Kelly, T. P. M. F. (2020). 済無No Title No Title No Title. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Makawawa, J. C., Mustadi, A., Septriwanto, J. Van, Sampouw, F., & Najoan, R. A. . (2021). Primary school teachers perception of technological pedagogical content knowledge in online learning due to Covid 19. Jurnal Prima Edukasia, 9(1), 85–95.

Prescott, J. E., Bundschuh, K., Kazakoff, E. R., & Macaruso, P. (2018). Elementary school–wide implementation of a blended learning program for reading intervention. Journal of Educational Research, 111(4), 497–506. https://doi.org/10.1080/00220671.2017.1302914

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Elvianasti, M., Lestari, N. H., Maesaroh, M., Irdalisa, I., Yarza, H. N., & Rikizaputra, R. (2023). Pelatihan Penyusunan RPP IPA Blended Learning Berbasis TPACK Sebagai Upaya Guru dalam Menghadapi Pembelajaran Pasca Covid-19. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 125–134. https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i1.4448