Edukasi Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar Tentang Strategi Keamanan dan Manajemen Siber
DOI:
https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i1.4472Keywords:
keamanan siber, literasi digital, manajemen privasiAbstract
Manajemen siber sangatlah penting bagi siswa sekolah dasar karena berkaitan dengan penyimpanan data pribadi dan keamanan dalam menggunakan media sosial dan gawai. Tujuan pengabdian ini adalah memberikan edukasi literasi digital kepada siswa tentang strategi keamanan dan manajemen siber. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di SDN Ciptomulyo 2 Malang. Kegiatan dilakukan pada tanggal 6 oktober 2022 dan sebanyak 25 siswa kelas V mengikuti kegiatan edukasi dengan metode ceramah interaktif dan juga praktik. Materi yang disampaikan adalah Digital Trails atau jejak digital yang bertujuan untuk mengeksplorasi informasi apa saja yang boleh dan tidak boleh dibagikan di internet. Tim pelaksana yang terdiri dari satu dosen dan dua mahasiswa D3 Bahasa Inggris Universitas Merdeka Malang ini juga memberikan pengetahuan tentang bagaimana cara membuat kata sandi yang aman namun tetap mudah diingat. Hasil dari kegiatan dapat dilihat saat siswa mampu menjawab informasi apa saja yang boleh dan tidak boleh dibagikan di akun media sosial. Selain itu, para siswa juga berhasil membuat contoh kata sandi yang mencakup minimal 8 karakter yang terdiri dari kombinasi huruf, angka, dan simbol.
Downloads
References
Budi, E., Wira, D., & Infantono, A. (2021). Strategi penguatan cyber security guna mewujudkan keamanan nasional di era society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi dan Inovasi Indonesia (SENASTINDO), 3, 223–234. https://doi.org/10.54706/senastindo.v3.2021.141
Dewi, D. A., Hamid, S. I., Annisa, F., Oktafianti, M., & Genika, P. R. (2021). Menumbuhkan karakter siswa melalui pemanfaatan literasi digital. Jurnal Basicedu, 5(6), 5249–5257. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1609
Fadilah, A., Aranggraeni, R., & Putri, S. R. (2021). Eksistensi Keamanan siber terhadap tindakan cyberstalking dalam sistem pertanggungjawaban pidana cybercrime. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(4), 1555. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i4.2524
Hikmah, I. R., Yulita, T., Priambodo, D. F., & Sidabutar, J. (2022). Peningkatan kesadaran keamanan informasi melalui kegiatan online workshop menggunakan platform quizizz. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 6(3).
Hollenbaugh, E. E. (2019). Privacy management among social media natives: an exploratory study of facebook and snapchat. Social Media Society, 5(3), 205630511985514. https://doi.org/10.1177/2056305119855144
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Direktorat Jenderal Paud, Pendidikan Dasar, Dan Pendidikan Menengah. (2021). Modul Literasi Digital Sekolah Dasar. DIREKTORAT SEKOLAH DASAR. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/upload/filemanager/2021/06/4%20Modul%20Literasi%20Digital.pdf
Knieriem, B., Zhang, X., Levine, P., Breitinger, F., & Baggili, I. (2018). An Overview of the Usage of Default Passwords. In P. Matoušek & M. Schmiedecker (Eds.), Digital Forensics and Cyber Crime (Vol. 216, pp. 195–203). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-73697-6_15
Kumar, P., Naik, S. M., Devkar, U. R., Chetty, M., Clegg, T. L., & Vitak, J. (2017). “No telling passcodes out because they’re privateâ€: understanding children’s mental models of privacy and security online. Proceedings of the ACM on Human-Computer Interaction, 1(CSCW), 1–21.
Lailiyah, M., Setiyaningsih, L. A., Wediyantoro, P. L., & Yustisia, K. K. (2021). Assessing an effective collaboration in higher education: A study of students’ experiences and challenges on group collaboration. EnJourMe (English Journal of Merdeka): Culture, Language, and Teaching of English, 6(2), 97–105. https://doi.org/10.26905/enjourme.v6i2.6971
Oates, M., Ahmadullah, Y., Marsh, A., Swoopes, C., Zhang, S., Balebako, R., & Cranor, L. F. (2018). Turtles, locks, and bathrooms: understanding mental models of privacy through illustration. Proceedings on Privacy Enhancing Technologies, 2018(4), 5–32. https://doi.org/10.1515/popets-2018-0029
Yel, M. B., & Nasution, M. K. M. (2022). Keamanan informasi data pribadi pada media sosial. Jurnal Informatika Kaputama (JIK), 6(1). https://doi.org/10.1234/jik.v6i1.768
Yıldırım, M., & Mackie, I. (2019). Encouraging users to improve password security and memorability. International Journal of Information Security, 18(6), 741–759. https://doi.org/10.1007/s10207-019-00429-y
Yunita, Y., & Watini, S. (2022). Membangun literasi digital anak usia dini melalui tv sekolah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2603–2608. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.729
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by GERVASI prior to the publication.