Edukasi Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar Tentang Strategi Keamanan dan Manajemen Siber

Authors

  • Karlina Karadila Yustisia Universitas Merdeka Malang
  • Anis Dwi Winarsih
  • Malikhatul Lailiyah
  • Aditya Noorman Yudhawardhana
  • Anando Sang Binatoro
  • Qisthina Arifah

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i1.4472

Keywords:

keamanan siber, literasi digital, manajemen privasi

Abstract

Manajemen siber sangatlah penting bagi siswa sekolah dasar karena berkaitan dengan penyimpanan data pribadi dan keamanan dalam menggunakan media sosial dan gawai. Tujuan pengabdian ini adalah memberikan edukasi literasi digital kepada siswa tentang strategi keamanan dan manajemen siber. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di SDN Ciptomulyo 2 Malang. Kegiatan dilakukan pada tanggal 6 oktober 2022 dan sebanyak 25 siswa kelas V mengikuti kegiatan edukasi dengan metode ceramah interaktif dan juga praktik. Materi yang disampaikan adalah Digital Trails atau jejak digital yang bertujuan untuk mengeksplorasi informasi apa saja yang boleh dan tidak boleh dibagikan di internet. Tim pelaksana yang terdiri dari satu dosen dan dua mahasiswa D3 Bahasa Inggris Universitas Merdeka Malang ini juga memberikan pengetahuan tentang bagaimana cara membuat kata sandi yang aman namun tetap mudah diingat. Hasil dari kegiatan dapat dilihat saat siswa mampu menjawab informasi apa saja yang boleh dan tidak boleh dibagikan di akun media sosial. Selain itu, para siswa juga berhasil membuat contoh kata sandi yang mencakup minimal 8 karakter yang terdiri dari kombinasi huruf, angka, dan simbol.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budi, E., Wira, D., & Infantono, A. (2021). Strategi penguatan cyber security guna mewujudkan keamanan nasional di era society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi dan Inovasi Indonesia (SENASTINDO), 3, 223–234. https://doi.org/10.54706/senastindo.v3.2021.141

Dewi, D. A., Hamid, S. I., Annisa, F., Oktafianti, M., & Genika, P. R. (2021). Menumbuhkan karakter siswa melalui pemanfaatan literasi digital. Jurnal Basicedu, 5(6), 5249–5257. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1609

Fadilah, A., Aranggraeni, R., & Putri, S. R. (2021). Eksistensi Keamanan siber terhadap tindakan cyberstalking dalam sistem pertanggungjawaban pidana cybercrime. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(4), 1555. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i4.2524

Hikmah, I. R., Yulita, T., Priambodo, D. F., & Sidabutar, J. (2022). Peningkatan kesadaran keamanan informasi melalui kegiatan online workshop menggunakan platform quizizz. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 6(3).

Hollenbaugh, E. E. (2019). Privacy management among social media natives: an exploratory study of facebook and snapchat. Social Media Society, 5(3), 205630511985514. https://doi.org/10.1177/2056305119855144

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Direktorat Jenderal Paud, Pendidikan Dasar, Dan Pendidikan Menengah. (2021). Modul Literasi Digital Sekolah Dasar. DIREKTORAT SEKOLAH DASAR. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/upload/filemanager/2021/06/4%20Modul%20Literasi%20Digital.pdf

Knieriem, B., Zhang, X., Levine, P., Breitinger, F., & Baggili, I. (2018). An Overview of the Usage of Default Passwords. In P. Matoušek & M. Schmiedecker (Eds.), Digital Forensics and Cyber Crime (Vol. 216, pp. 195–203). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-73697-6_15

Kumar, P., Naik, S. M., Devkar, U. R., Chetty, M., Clegg, T. L., & Vitak, J. (2017). “No telling passcodes out because they’re privateâ€: understanding children’s mental models of privacy and security online. Proceedings of the ACM on Human-Computer Interaction, 1(CSCW), 1–21.

Lailiyah, M., Setiyaningsih, L. A., Wediyantoro, P. L., & Yustisia, K. K. (2021). Assessing an effective collaboration in higher education: A study of students’ experiences and challenges on group collaboration. EnJourMe (English Journal of Merdeka): Culture, Language, and Teaching of English, 6(2), 97–105. https://doi.org/10.26905/enjourme.v6i2.6971

Oates, M., Ahmadullah, Y., Marsh, A., Swoopes, C., Zhang, S., Balebako, R., & Cranor, L. F. (2018). Turtles, locks, and bathrooms: understanding mental models of privacy through illustration. Proceedings on Privacy Enhancing Technologies, 2018(4), 5–32. https://doi.org/10.1515/popets-2018-0029

Yel, M. B., & Nasution, M. K. M. (2022). Keamanan informasi data pribadi pada media sosial. Jurnal Informatika Kaputama (JIK), 6(1). https://doi.org/10.1234/jik.v6i1.768

Yıldırım, M., & Mackie, I. (2019). Encouraging users to improve password security and memorability. International Journal of Information Security, 18(6), 741–759. https://doi.org/10.1007/s10207-019-00429-y

Yunita, Y., & Watini, S. (2022). Membangun literasi digital anak usia dini melalui tv sekolah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2603–2608. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.729

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Yustisia, K. K., Winarsih, A. D., Lailiyah, M., Yudhawardhana, A. N., Binatoro, A. S., & Arifah, Q. (2023). Edukasi Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar Tentang Strategi Keamanan dan Manajemen Siber. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 135–147. https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i1.4472