Pelatihan Penyusunan Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i1.4474Keywords:
artikel ilmiah, penelitian tindakan kelas, pelatihanAbstract
Kegiatan pengabdian pada masyarakat (PKM) ini memiliki tujuan, yaitu memberikan bekal konsep dan latihan penyusunan artikel ilmiah serta memberikan pelatihan memparafrasakan tulisan yang terindikasi plagiasi. Bentuk kegiatan adalah pelatihan dan bimbingan dengan metode ceramah dan latihan. Mitra kegiatan PKM ini adalah guru sekolah dasar berjumlah 16 orang. Berdasarkan kegiatan pelatihan yang sudah dilaksanakan dapat disimpulkan kegiatan pelatihan dapat meningkatkan kemampuan guru menyusun artikel ilmiah hasil penelitian tindakan kelas yang dibuktikan dengan hasil penilaian artikel ilmiah yang ditulis guru memperoleh rata-rata nilai akhir 80,95. Aspek yang dinilai terdiri dari judul, abstrak, pendahuluan, metode penelitian, hasil dan pembahasan, kesimpulan, dan daftar pustaka. Di Akhir pelatihan, setiap guru membuat satu artikel ilmiah sesuai laporan yang dihasilkan saat pelatihan karya tulis ilmiah. Berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan pengabdian, peserta pelatihan telah menghasilkan masing-masing satu artikel ilmiah hasil penelitian tindakan kelas yang siap dipublikasikan sebagai tindak lanjut pelatihan.
Downloads
References
Asriati, N. (2019). Pedoman penulisan karya ilmiah: skripsi, tesis, dan artikel hasil penelitian. Pontianak: FKIP Untan.
Bahri, A., et al. (2019). PKM meningkatkan kemampuan menulis artikel ilmiah guru di kabupaten enrekang. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Makassar, 781–785. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2930720
Brotowijoyo, M. D. (2002). Penulisan karangan ilmiah. Jakarta: Akademika Pressindo.
Gunawan, I. (2018). Pendampingan penulisan artikel ilmiah bagi para guru sekolah menengah pertama. Abdimas Pedagogi Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 128–135.
Ismawati, E. (2012). Bahasa Indonesia untuk Penulisan Karya Ilmiah. Yogyakarta: Ombak.
Nurgiansyah, T. N. (2020). Pelatihan penulisan artikel ilmiah bagi mahasiswa ppkn universitas pgri yogyakarta. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 1(1), 16–23.
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16. (2009). Jabatan fungsional guru dan angka kreditnya.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 35. (2010). Petunjuk teknis pelaksanaan jabatan fungsional guru dan angka kreditnya.
Rusdiarti. (2018). Pengembangan keprofesionalan berkelanjutan dalam pembuatan publikasi ilmiah melalui workshop dan pendampingan bagi guru sma kota semarang. Rekayasa: Jurnal Penerapan Teknologi Dan Pembelajaran, 16(1), 85–94.
Salehudin, M. (2022). Guru menulis artikel ilmiah unruk meningkatkan karya dan kinerja guru sekolah dasar. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pengabdiam Masyarakat, 2(1), 57–69.
Suyitno, I. (2011). Karya tulis ilmiah (kti), panduan, teori, perlatihan, dan contoh. Bandung: Refika Aditama.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by GERVASI prior to the publication.