Pelatihan Penyusunan Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru Sekolah Dasar

Authors

  • Siti Halidjah Universitas Tanjungpura
  • Asmayani Salimi
  • Kartono Kartono
  • Rio Pranata
  • Dyoty Auliya Vilda Ghasya
  • Agung Hartoyo
  • Hery Kresnadi
  • Suparjan Suparjan

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i1.4474

Keywords:

artikel ilmiah, penelitian tindakan kelas, pelatihan

Abstract

Kegiatan pengabdian pada masyarakat (PKM) ini memiliki tujuan, yaitu memberikan bekal konsep dan latihan penyusunan artikel ilmiah serta memberikan pelatihan memparafrasakan tulisan yang terindikasi plagiasi. Bentuk kegiatan adalah pelatihan dan bimbingan dengan metode ceramah dan latihan. Mitra kegiatan PKM ini adalah guru sekolah dasar berjumlah 16 orang. Berdasarkan kegiatan pelatihan yang sudah dilaksanakan dapat disimpulkan kegiatan pelatihan dapat meningkatkan kemampuan guru menyusun artikel ilmiah hasil penelitian tindakan kelas yang dibuktikan dengan hasil penilaian artikel ilmiah yang ditulis guru memperoleh rata-rata nilai akhir 80,95. Aspek yang dinilai terdiri dari judul, abstrak, pendahuluan, metode penelitian, hasil dan pembahasan, kesimpulan, dan daftar pustaka. Di Akhir pelatihan, setiap guru membuat satu artikel ilmiah sesuai laporan yang dihasilkan saat pelatihan karya tulis ilmiah. Berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan pengabdian, peserta pelatihan telah menghasilkan masing-masing satu artikel ilmiah hasil penelitian tindakan kelas yang siap dipublikasikan sebagai tindak lanjut pelatihan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asriati, N. (2019). Pedoman penulisan karya ilmiah: skripsi, tesis, dan artikel hasil penelitian. Pontianak: FKIP Untan.

Bahri, A., et al. (2019). PKM meningkatkan kemampuan menulis artikel ilmiah guru di kabupaten enrekang. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Makassar, 781–785. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2930720

Brotowijoyo, M. D. (2002). Penulisan karangan ilmiah. Jakarta: Akademika Pressindo.

Gunawan, I. (2018). Pendampingan penulisan artikel ilmiah bagi para guru sekolah menengah pertama. Abdimas Pedagogi Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 128–135.

Ismawati, E. (2012). Bahasa Indonesia untuk Penulisan Karya Ilmiah. Yogyakarta: Ombak.

Nurgiansyah, T. N. (2020). Pelatihan penulisan artikel ilmiah bagi mahasiswa ppkn universitas pgri yogyakarta. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 1(1), 16–23.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16. (2009). Jabatan fungsional guru dan angka kreditnya.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 35. (2010). Petunjuk teknis pelaksanaan jabatan fungsional guru dan angka kreditnya.

Rusdiarti. (2018). Pengembangan keprofesionalan berkelanjutan dalam pembuatan publikasi ilmiah melalui workshop dan pendampingan bagi guru sma kota semarang. Rekayasa: Jurnal Penerapan Teknologi Dan Pembelajaran, 16(1), 85–94.

Salehudin, M. (2022). Guru menulis artikel ilmiah unruk meningkatkan karya dan kinerja guru sekolah dasar. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pengabdiam Masyarakat, 2(1), 57–69.

Suyitno, I. (2011). Karya tulis ilmiah (kti), panduan, teori, perlatihan, dan contoh. Bandung: Refika Aditama.

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Halidjah, S., Salimi, A., Kartono, K., Pranata, R., Ghasya, D. A. V., Hartoyo, A., … Suparjan, S. (2023). Pelatihan Penyusunan Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru Sekolah Dasar. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 148–157. https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i1.4474