Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Praktis dan Interaktif untuk Guru SMP Kabupaten Bone

Authors

  • Andi Baso Kaswar Universitas Negeri Makassar
  • Nurjannah Nurjannah Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai http://orcid.org/0000-0002-0753-9709
  • Fathahillah Fathahillah Universitas Negeri Makassar
  • Dyah Darma Andayani Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i1.4530

Keywords:

media pembelajaran, Canva, Prezi, kreativitas

Abstract

Pesatnya kemajuan teknologi sebagai salah satu sumber belajar bagi siswa tidak sebanding dengan literasi digital guru. Berdasarkan hasil observasi, permasalahan yang ada pada sekolah mitra adalah kurangnya pengetahuan guru tentang media pembelajaran dan sulitnya narasumber untuk sampai ke  sekolah karena terletak di daerah pelosok daerah Kabupaten Bone. Adapun tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan kreativitas guru dalam membuat media pembelajaran yang praktis dan interaktif. Adapun metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian tersebut adalah metode ceramah, tanya jawab dan praktik. Kegiatan ini memberikan dampak yang positif kepada peserta. Setelah mengikuti pelatihan, guru-guru memiliki kemampuan untuk membuat media pembelajaran interaktif dengan bantuan aplikasi Canva dan Prezi. Pengetahuan ini akan menjadi dasar bagi guru-guru untuk mengembangkan media pembelajaran dan bahan ajarnya sesuai dengan bidang ilmu masing-masing. Para peserta merasa puas dengan pengabdian yang dilakukan sehingga meminta agar kegiatan pengabdian dilakukan secara berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfian, A. N., Putra, M. Y., Arifin, R. W., Barokah, A., Safei, A., & Julian, N. (2022). Pemanfaatan media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi canva. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 5(1), 75–84. https://doi.org/10.31599/jabdimas.v5i1.986

Farolai, N., & Nurjannah, N. (2022). Pelatihan dasar-dasar komputer sebagai persiapan menyambut pelaksanaan asesmen nasional berbasis komputer pada siswa sd negeri 218 congkoe. Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 43-47.

Fran, F., Kiftiah, M., Pasaribu, M., Yudhi, Y., Huda, N. M., Helmi, H., Noviani, E., Yundari, Y., Kusumastuti, N., & Prihandono, B. (2022). pelatihan visualisasi materi ajar matematika dengan geogebra untuk mahasiswa pendidikan matematika stkip pamane talino landak. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 327–337. https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i2.3261

Kaswar, A. B., & Nurjannah, N. (2021). Pengembangan modul pembelajaran interaktif (mobelin) untuk meningkatkan mutu pembelajaran algoritma dan pemrograman. Jurnal Penjaminan Mutu, 7(2), 143–153. https://doi.org/10.25078/jpm.v7i2.2326

Mahardika, A. I., Wiranda, N., & Pramita, M. (2021). Pembuatan media pembelajaran menarik menggunakan canva untuk optimalisasi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(3), 275–281. https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPPM/article/view/2817/1853

Nafsi, L. L., & Trisnawati, N. (2021). Efektivitas penggunaan google classroom sebagai media pembelajaran mata kuliah aplikasi komputer mahasiswa pendidikan administrasi perkantoran. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 38–52. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1722

Nurjannah, I., Rahman, H., Islamiah, N., & Heriyanti, A. (2021, September). Microsoft office 365 as an alternative in online learning during the covid-19 pandemic. In BIS-HSS 2020: Proceedings of the 2nd Borobudur International Symposium on Humanities and Social Sciences, BIS-HSS 2020, 18 November 2020, Magelang, Central Java, Indonesia (p. 223). European Alliance for Innovation.

Purba, Y. A., & Harahap, A. (2022). Pemanfaatan aplikasi canva sebagai media pembelajaran matematika di smpn 1 na ix-x aek kota batu. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(02), 1325–1334.

Saman, A., Umar, N. F., Bakhtiar, M. I., & Harum, A. (2021). Pemanfaatan aplikasi canva untuk membuat media bimbingan dan konseling bagi mgbk kabupaten gowa. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 270–276.

Supradaka. (2022). Pemanfaatan canva sebagai media perancangan grafis. Jurnal Ikraith-Teknologi, 6(74), 62–68.

Tri Wulandari, & Adam Mudinillah. (2022). Efektivitas penggunaan aplikasi canva sebagai media pembelajaran ipa mi/sd. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1), 102–118. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.245

Vianty, M., Nisphi, M. L., & Sari, D. E. (2021). Pelatihan dan pendampingan desain dan produksi media pembelajaran berbasis aplikasi Canva for Education bagi guru Bahasa di Kota Palembang. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 6(1), 171–180. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i1.8340

Vidiasti, N. (2019). Pengembangan media pembelajaran interaktif prezi pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi (tik) kelas xi di sman 1 pakel. JOEICT (Jurnal of Education and Information Communication Technology), 3(1), 88—94.

Wulandari, N. A. (2006). Perbandingan hasil belajar siswa melalui media pembelajaran prezi dengan powerpoint pada mata diklat akuntansi. Eprints Universitas Negeri Surabaya, 1–8.

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Kaswar, A. B., Nurjannah, N., Fathahillah, F., & Andayani, D. D. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Praktis dan Interaktif untuk Guru SMP Kabupaten Bone. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 172–180. https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i1.4530