Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Pengemasan Produk Ekonomi Kreatif Lokal Desa Sebente Kabupaten Bengkayang
DOI:
https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i1.4557Keywords:
desain kemasan, logo produk, ekonomi kreatifAbstract
Desa Sebente adalah desa yang memiliki komoditi pertanian dan potensi daerah wisata di Kabupaten Bengkayang. Desa Sebente berada pada daerah yang berbukit yang memiliki potensi wisata pemandangan wilayah perbukitan. Potensi wisata Desa Sebente mendorong pemerintah desa untuk dapat mendukung dalam meningkatkan kunjungan wisatawan dengan menciptakan produk-produk yang khas dari Desa Sebente. Tujuan pengabdian ini adalah untuk memberikan pendampingan dalam upaya pengembangan sumber daya manusia (SDM) melalui perencanaan produk lokal Desa Sebente, Kecamatan Teriak, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. Proses kegiatan pengabdian pada masyarakat dilakukan dalam empat tahapan kegiatan. Pertama observasi, kedua penjadwalan kegiatan, ketiga pelaksanaan, dan keempat evaluasi kegiatan. Kegiatan pelaksanaan ini diikuti oleh 15 orang peserta dengan jumlah 3 kali pertemuan. Kesimpulannya bahwa masyarakat dapat melakukan pengemasan produk lokal. Produk yang dihasilkan berasal dari lingkungan masyarakat. Dengan pengemasan, masyarakat dapat menjamin kebersihan dari produk makan, kemasan dapat juga memastikan produk lainnya yang dipasarkan juga telah melalui proses yang benar.
Downloads
References
Bastuti, S., Alfatiyah, R., & Mualif, M. (2021). Pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan perekonomian dengan menaikkan nilai produk dan harga jual dengan kemasan standing pouch di umkm desa koper, kecamatan kresek, kabupaten tangerang. Adibrata Jurnal, 3(1), 1–10.
Cecilia, M., Suhargo, N., Adib, A., Suhartono, A. W., Petra, U. K., Visual, D. K., & Seni, F. (2014). Perancangan redesain kemasan dan promosi bagiak pelangi sari sebagai buah tangan khas banyuwangi. Jurnal DKV Adiwarna, 1(4), 1–12.
Damayanti, E. (2020). The Macaroni packaging system based on weight in conveyors based microcontroller. Telekontran : Jurnal Ilmiah Telekomunikasi, Kendali Dan Elektronika Terapan, 7(2), 168–178. https://doi.org/10.34010/telekontran.v7i2.1747
Deffrinica, Kikky Vuspitasari, B., & Rini Hapsari, V. (2020). Penguatan ketahanan pangan dalam meningkatkan. JBEE : Journal Business Economics and Entrepreneurship, 2(1), 48–54.
Fidela, A., Pratama, A., & Nursyamsiah, T. (2020). Pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (umkm) dengan program pemasaran desa jambu raya di desa jambu, kabupaten sumedang. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat, 2(3), 493–498.
Haholongan, W., & Jayadi, I. (2019). Perancangan desain kemasan sebagai media untuk menarik minat beli konsumen bir pletok (setu babakan). Jurnal SISTEM INFORMASI, 1(1), 27–44. www.journal.ibmasmi.ac.id
Hasanah, H. (2017). Teknik-teknik observasi (sebuah alternatif metode pengumpulan data kualitatif ilmu-ilmu sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21–46. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163
Joehastanti, J. (2012). Strategi pemasaran wisata alam untuk meningkatkan kunjungan wisatawan di kawasan wisata kabupaten kediri. Jurnal Ilmu Manajemen, REVITALISASI, 1(2), 61–73.
Listya, A., & Rukiah, Y. (2018). Visual branding produk belimbing olahan umkm depok melalui desain logo. Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain Dan Periklanan (Demandia), 03(02), 55–74. https://doi.org/10.25124/demandia.v3i02.1548
Nastain, M. (2017). Branding dan eksistensi produk (kajian teoritik konsep branding dan tantangan eksistensi produk. Channel, 5(1), 14–26.
Pemerintah Desa Sebente. (2016). Wilayah Desa. https://sebente.com/first/artikel/98
Puspita, R. M., Arini, A., & Masrurah, S. U. (2016). Pengembangan aplikasi penjadwalan kegiatan pelatihan teknologi informasi dan komunikasi dengan algoritma genetika (studi kasus: bprtik). Jurnal Online Informatika, 1(2), 76–81. https://doi.org/10.15575/join.v1i2.43
Rahmadianto, S. A., P.P., B. P., & Andito, T. (2019). Peningkatan pemasaran melalui strategi branding dan identitas untuk mocca animation studio malang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 17–23. https://doi.org/10.26905/abdimas.v4i1.2993
Siahaan, S. V. br, & Vuspitasari, B. K. (2021). Peran kepala desa dalam mewujudkan pendapatan asli desa sebente melalui kegiatan bum desa. PUBLIK: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Adminsitrasi Dan Pelayanan Publik, VIII(2), 202–214.
Sumiari, N. K., & Ambara, M. P. (2020). Pelatihan dan penyuluhan pemanfaatan teknologi informasi untuk peningkatan sdm pada usaha kopi jelijih punggang tabanan. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 97–104. https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v6i2.7553
Syahrul, S., Yahya, M., & Natsir, T. (2018). Pemanfaatan limbah bambu menjadi produk yang bernilai bagi kelompok usaha jasa penjual bambu di Kabupaten Gowa. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(8), 559–563.
Usman, & Hapsari, V. R. (2022). Pemanfaatan dan pengembangan asesoris dari bahan limbah kulit jagung yang bernilai jual. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Membangun Negeri, 6(1), 152–158.
Vuspitasari, B. K., Deffrinica, D., & Siahaan, S. V. B. (2021). Menggali peluang ekonomi kreatif melalui potensi desa suka maju kabupaten bengkayang. Sebatik, 25(1), 181–187. https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i1.1132
Vuspitasari, B. K., Deffrinica, Siahaan, S. V. B., & Novita. (2021). Pemberdayaan perempuan dalam memanfaatkan sampah kresek menjadi produk bernilai ekonomis. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 4(1), 33–38.
Widyamurti, N. (2018). Pemasaran pariwisata melalui kemasan produk ukm standing pouch berbahan paper metal di era ekonomi kreatif. Jurnal Industri Kreatif Dan Kewirausahaan, 1(1), 1–9.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by GERVASI prior to the publication.