Literasi Teori Kepemimpinan: Pendampingan Bagi Siswa SMK Pertanian Pembangunan Negeri Jambi
DOI:
https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i1.4591Keywords:
pendampingan literasi, teori kepemimpinan, siswa SMKAbstract
Pengabdian ini bertujuan untuk menambah khasanah pengetahuan siswa mengenai teori-teori kepemimpinan dan bertambahnya kemampuan siswa dalam mensimulasikan praktik kepemimpinan yang baik. Proses pelaksanaan kegiatan dibagi menjadi tiga tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, dan refleksi. Kegiatan ini menggunakan metode ceramah, simulasi, dan presentasi. Subjek atau peserta pelatihan adalah 20 orang siswa SMK Pertanian Pembangunan Negeri Jambi. Analisis data pelatihan ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan untuk mengevaluasi program pelatihan ini adalah angket. Hasil kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman siswa mengenai teori-teori kepemimpinan. diketahui: (1) pada bagian pemilihan materi sebanyak 92% peserta memahami dan menguasainya dan yang cukup menguasai sebanyak 8%; (2) pada bagian penerapan terlihat para peserta memahami dan menguasai sebanyak 85%, cukup menguasai 10%, dan kurang menguasai 5%; dan (3) pada bagian penggunaan media 75% peserta memahami dan menguasai, cukup menguasai 15%, dan kurang menguasai sebanyak 10%.
Downloads
References
Dacholfany, M. I. (2018). Kepemimpinan islam dan perilaku organisasi. Metro Lampung: Laduny Alifatama.
Faturahman, B. M. (2018). Kepemimpinan dalam budaya organisasi. MADANI Jurnal Politik dan Sosial Kemasyarakatan, 10(1): 1-11.
Fitriani, A. (2015). Gaya kepemimpinan perempuan. Jurnal TAPIs. 11(2): 30 - 37
Hentasmaka & Sa’adah. (2022). Pelatihan dan pendampingan pembuatan asesmen berbasis information and communication technology. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. 6 (2): 372-386.
Kurniawan, P., & Budi, M. K. S. (2017). Smart leader-being leader. Yogyakarta: Andi Offset.
Mattayang, B. (2019). Tipe dan gaya kepemimpinan: suatu tinjauan teoritis. JEMMA, 2(2): 62-67
Mulyono, H. (2018). Kepemimpinan (leadership) berbasis karakter dalam peningkatan kualitas pengelolaan perguruan tinggi. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora. 3(1): 290-297.
Muspawi, M. (2020). Strategi menjadi kepala sekolah profesional. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2): 402-409
Wijono, S. (2018). Kepemimpinan dalam Perspektif Organisasi. Jakarta: Prenadamedia Group.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by GERVASI prior to the publication.