Peningkatan Motivasi Siswa Berbicara Bahasa Inggris Melalui Menonton Video

Hilma Safitri, Purwanti Taman, May Triranto Maharini

Abstract


Tujuan utama pengabdian kepada masyarakat (PkM) ini adalah untuk meningkatkan motivasi siswa belajar berbicara bahasa Inggris di Pondok Pesantren Al-Ghozali Kecamatan Gunung Sindur Desa Curug. Tahapan pelatihan pada kegiatan PkM meliputi: (1) tahap pertama yaitu memberikan kuesioner untuk melihat masalah konkret yang dihadapi para siswa dalam belajar berbicara bahasa Inggris; (2) tahap kedua yaitu melaksanakan pelatihan dengan cara menonton video singkat; dan (3) tahap ketiga yaitu melakukan evaluasi terhadap pelatihan yang telah dilakukan dengan cara memberikan kuesioner kedua kepada para siswa untuk dapat mengonfirmasi motivasi siswa belajar dan sikap mereka terhadap hasil pelatihan berbicara bahasa Inggris dengan menggunakan video. Tujuan selanjutnya adalah terjalinnya kerja sama antara tim pengabdi dengan mitra PkM dalam bidang pendidikan pada umumnya dan dalam hal pelatihan berbicara bahasa Inggris umumnya. Dari hasil angket diketahui bahwa motivasi siswa berbicara bahasa Inggris meningkat setelah menonton tiga video singkat berisi pesan moral dan pembelajaran. Kesulitan siswa berbicara bahasa Inggris karena keterbatasan pengetahuan kosakata, pengucapan dan pemahaman terhadap topik pembelajaran menjadi berkurang setelah termotivasi menonton video. Kata-kata berisi pesan-pesan moral yang disampaikan melalui tayangan video dan cara penyampaian pesan memudahkan siswa memahami konten pelatihan. Tayangan gambar video yang menarik memberikan inspirasi pada siswa untuk berbicara menggunakan bahasa Inggris.

Keywords


motivasi, keterampilan berbicara, bahasa Inggris, menonton video

Full Text:

PDF

References


Batubara, F., Derin, T., Putri, N. S., & Yudar, R. S. (2020). Five Factors Influencing the Students’ Motivation to Learn English as a Foreign Language: A Closer Look into Montessori Classroom Environment. REiLA : Journal of Research and Innovation in Language, 2(2), 76– 84. https://doi.org/10.31849/reila.v2i2.3165

Cuadrado, F., Lopez-Cobo, I., Mateos-Blanco, T., & Tajadura-Jiménez, A. (2020). Arousing the Sound: A Field Study on the Emotional Impact on Children of Arousing Sound Design and 3D Audio Spatialization in an Audio Story. Frontiers in Psychology, 11(May), 1–19. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.00737

Dalem, M. (2017). Difficulties of Speaking That Are Encountered By English. Premise Journal of Education, 6(2), 20–29. http://dx.doi.org/10.24127/pj.v6i2.1002

Ena, Z., & Djami, S. H. (2021). Peranan Motivasi Intrinsik Dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Minat Personel Bhabinkamtibmas Polres Kupang Kota. Among Makarti, 13(2), 68–77. https://doi.org/10.52353/ama.v13i2.198

Haryanto, D. (2011). Semiotika film laskar pelangi. Dewi Ruci, 7(1), 161–179.

Ihsan, M. D. (2016). Students’ Motivation in Speaking English. Journal of English Educators Society (JEES), 1, 31–48. http://ojs.umsida.ac.id/index.php/jess

Khosiyono, B. H. C. (2018). KEBIJAKAN PENDIDIKAN BAHASA ASING DI INDONESIA DALAM PERSPEKTIF MASYARAKAT GLOBAL. 7(2), 44–68.

Kristiawan, M., Suryani, I., & Muhammad Muntazir, D. (2017). Inovasi Pendidikan. In Rifa’i & Muhammad (Eds.), Media Komunikasi SMP dan MTs (First, Issue 9). CV. Widya Puspita. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpis/article/view/3669

Megawati, F. (2016). Kesulitan Mahasiswa dalam Mencapai Pembelajaran Bahasa Inggris Secara Efektif. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(2), 147. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.246

Putera Jaya, H., Petrus, I., & Lingga Pitaloka, N. (2022). Speaking Performance and Problems Faced by English Major Students at a University in South Sumatra. South Sumatera. Indonesian EFL Journal, 8(1), 105–112. https://journal.uniku.ac.id/index.php/IEFLJ/index

Safitri, H., Rafli, Z., & Dewanti, R. (2020). Improving Students’ Speaking Skills through Task-Based Learning: An Action Research at the English Department. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(6), 88. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v7i6.1647

Tarmidzi, T. (2019). Belajar Bermakna (Meaningful Learning) Ausubel Menggunakan Model Pembelajaran Dan Evaluasi Peta Konsep (Concept Mapping) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar Pada Mata Kuliah Konsep Dasar Ipa. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 1(2), 131. https://doi.org/10.33603/.v1i2.2504




DOI: https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i3.4698

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Gervasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

LPPM IKIP PGRI Pontianak, Gedung Rektorat Lt. 2
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat - 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: gervasi.ikippgriptk@gmail.com 


p-ISSN:  2598-6147 | e-ISSN: 2598-6155


VISITOR STATS:

View Stats