Pelatihan Pengembangan Keterampilan Membuat Soal Berbasis Teka-Teki Silang Online Bagi Calon Guru
DOI:
https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i1.4707Keywords:
soal online, soal numerasi, TTS online, EclipseCrosswordAbstract
Teka-teki silang (TTS) online merupakan salah satu alternatif media pembelajaran. Sebagian besar calon guru belum terampil membuat soal numerasi berbasis TTS online. Pemberian soal yang monoton membuat siswa merasa bosan. Tujuan pengabdian ini untuk memberikan pelatihan pembuatan soal TTS online menggunakan software EclipseCrossword bagi 24 orang mahasiswa calon guru matematika di Kota Malang.  Metode yang digunakan pada pengabdian ini yaitu: diskusi, pelatihan, pendampingan, dan evaluasi kegiatan. Kegiatan pengabdian dilaksanakan sebanyak dua  pertemuan setiap Sabtu yang diikuti 24 orang peserta. Pertemuan pertama dilaksanakan pembuatan soal dan kunci jawaban numerasi. Pertemuan kedua dilaksanakan praktik pembuatan TTS online dengan software EclipseCrossword. Hasil pengamatan pengabdian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan dan ketertarikan calon guru dalam membuat soal TTS online. Hasil angket menunjukkan calon guru merasa puas terhadap pelaksanaan dan menghendaki keberlanjutan program pengabdian.
Downloads
References
Afif, N. (2019). Pengajaran dan pembelajaran di era digital. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 2(01), 117–129. https://doi.org/10.37542/iq.v2i01.28
Aribowo, E. K., & Purwanto, A. (2021). Pembuatan media pembelajaran berbasis smartphone memanfaatkan aplikasi quizlet, quizizz, dan perangkat lunak EclipseCrossword. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(4), 1125–1141. https://doi.org/10.30653/002.202164.1062
Budiana, I. (2021). Menjadi guru profesional di era digital. JIEBAR: Journal of Islamic Education: Basic and Applied Research, 2(2), 144–161. https://doi.org/10.33853/jiebar.v2i2
Farida, N., & Rahayu, S. (2017). Perbedaan pembelajaran melalui multimedia interaktif dan melalui buku teks terhadap hasil belajar siswa pada materi pecahan kelas IV SDN Gadang 01 Malang. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 7(1), 47-56. https://doi.org/10.21067/jip.v7i1.1550
Irawati, I., Haryati, I., & Meirawan, D. (2020). Efektifitas penggunaan aplikasi Eclipse Crossword (teka-teki silang) pada peningkatan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 56 Tolobali Kota Bima. Jurnal Pendidikan Bahasa, 10(2), 4–13. http://www.ejournal.tsb.ac.id/index.php/jpb/article/view/369%0Ahttp://www.ejournal.tsb.ac.id/index.php/jpb/article/download/369/254
Khadijah, K., Astuti, W. W., Purnamasari, A. B., & Ahmad, F. (2017). Deskripsi kemampuan membuat soal interaktif mahasiswa calon guru di STKIP-PI Makassar. Saintifik, 3(1), 69–76. https://doi.org/10.31605/saintifik.v3i1.112
Kuncara, K. P., Farikah, F., & Mulyani, M. (2021). Penggunaan media pembelajaran teka-teki silang online untuk meningkatkan kemampuan menyusun kalimat. Kabastra, 1(1), 41–48.
Lestari, S. (2018). Peran teknologi dalam pendidikan di era globalisasi. Edureligia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459
Maryanti, S., & Kurniawan, D. T. (2017). Implementsi pemanfaatan media teka-teki silang (tts) online dalam matakuliah neurosains untuk mahasiswa calon guru Raudhatul Athfal. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 124–138. https://doi.org/10.24235/awlady.v3i2.1487
Murniasih, T. R., Suwanti, V., Hima, L. R., Palayukan, H., & Sirajuddin, S. (2021). The development of a learning media using motion paths in the circle learning material. Journal of Physics: Conference Series, 1882(1), 1-8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1882/1/012076
Murniasih, T. R., Hariyani, S., Suwanti, V., & Faizah, S. (2022). Pelatihan Video Editing Pada Calon Guru. Jurnal Martabe, 5(1), 45–50.
Priyani, N. E. (2022). Improving scientific literacy through cooperative learning : EclipseCrossword for students in the border area of indonesia. jenius. Journal of Education Policy and Elementary Education Issues, 3(1), 12–24.
Rohmawati, D., & Suhardi, A. (2022). Development of Eclipse Crossword Assisted Crossword Learning Media in Digestive System Materials in Junior High School. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 3(1), 43–55. https://doi.org/10.21154/insecta.v3i1.3868
Rusydi, I. (2017). Peranan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam kegiatan pembelajaran dan perkembangan dunia pendidikan. Journal Warta, 53(1), 1689–1699.
Sababalat, D. F., Purba, L. S. L., & Sormin, S. (2021). Efektivitas pemanfaatan media pembelajaran teka-teki silang online terhadap peningkatan minat belajar siswa. EduMatSains : Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 6(1), 207–218. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v6i1.2959
Sari, S., Fallo, I. S., Qosim, A., Fuzita, M., Rustanto, H., Yane, S., Lauh, W. D. A., Abdillah, A., Cahyadi, A., Rahmat, A., Rusdi, R., Permana, A., Asmutiar, A., Sabransyah, M., & Wardhani, R. (2022). Pelatihan pelatih indoor dan field permainan hockey tingkat daerah provinsi Kalimantan Barat. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 493–499. https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i2.3286
Siskawati, F. S., Chandra, F. E., & Irawati, T. N. (2020). Profil kemampuan literasi numerasi di masa pandemi cov-19. Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 253–261. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1673
Sulistiyarini, D., Bibi, S., Fatmawati, E., & Arpan, M. (2018). Pelatihan pembuatan media pembelajaran interaktif di SMP dan SMK mandiri Pontianak. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 39–46.
Sutisna, U., & Elkarimah, M. F. (2021). Pendampingan pengembangan keterampilan guru Sekolah Dasar dalam soal evaluasi pembelajaran dengan Teka-teki Silang berbasis smartphone. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 15–25. https://doi.org/10.29408/ab.v2i1.3249
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by GERVASI prior to the publication.