Pendampingan dan Peningkatan Keterampilan Bahasa Inggris pada Peserta Didik Rumah Pintar Desa Punggur Kecil

Authors

  • Desi - Sri Astuti IKIP PGRI Pontianak
  • Diah - Astriyanti IKIP PGRI Pontianak
  • Maliqul - Hafis IKIP PGRI Pontianak
  • Elly - Syahadati IKIP PGRI Pontianak
  • Dedi - Irwan IKIP PGRI Pontianak
  • Sahrawi - - IKIP PGRI Pontianak
  • Aunurrahman - - IKIP PGRI Pontianak
  • Finny - Anita IKIP PGRI Pontianak
  • M. Iqbal Ripo Putra IKIP PGRI Pontianak
  • Citra - Kusumaningsih IKIP PGRI Pontianak
  • Dian Shinta Sari IKIP PGRI Pontianak
  • Tri - Kurniawati IKIP PGRI Pontianak
  • Ageung - Darajat IKIP PGRI Pontianak
  • Abdul - Arif IKIP PGRI Pontianak
  • Muhammad - Firdaus IKIP PGRI Pontianak
  • Dayat Dayat IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i3.4748

Keywords:

Keywords, English skills, Smart House, Mentoring

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) IKIP PGRI Pontianak yang dilakukan oleh Tim PkM sebanyak 15 orang dosen dan 4 orang mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Inggris IKIP PGRI Pontianak bertempat di Rumah Pintar Kampung Literasi di desa Punggur Kecil. Kegiatan PkM ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan Bahasa Inggris anak SD, SMP, dan SMA yang ada di Rumah Pintar. Jumlah peserta yang mengikuti PKM ini sebanyak 45 orang anak. Kegiatan ini dilaksanakan selama tujuh minggu mulai dari tanggal 15 Juli 2022 hingga tanggal 26 Agustus 2022. Sebelum dilakukan pembelajaran, peserta rumah pintar diberikan tes awal guna mengetahui keterampilan berbahasa Inggrisnya sebelum diberikan pengajaran. Kemudian, pembelajaran dilakukan sebanyak enam kali pertemuan dan tiap pertemuan berlangsung selama dua jam. pertemuan ketujuh peserta Rumah Pintar diberikan posttest untuk mengetahui keterampilan Bahasa Inggris siswa setelah diberikan pembelajaran. Hasil posttest menunjukkan bahwa keterampilan Bahasa Inggris siswa mengalami peningkatan sebesar 16.9%. Hal cukup memuaskan karena pembelajaran yang diberikan berdampak positif pada keterampilan berbahasa Inggris siswa.   

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Desi - Sri Astuti, IKIP PGRI Pontianak

english education study program

Diah - Astriyanti, IKIP PGRI Pontianak

english education study program

Maliqul - Hafis, IKIP PGRI Pontianak

english education study program

Elly - Syahadati, IKIP PGRI Pontianak

english education study program

Dedi - Irwan, IKIP PGRI Pontianak

english education study program

Sahrawi - -, IKIP PGRI Pontianak

english education study program

Aunurrahman - -, IKIP PGRI Pontianak

english education study program

Finny - Anita, IKIP PGRI Pontianak

english education study program

M. Iqbal Ripo Putra, IKIP PGRI Pontianak

english education study program

Citra - Kusumaningsih, IKIP PGRI Pontianak

english education study program

Dian Shinta Sari, IKIP PGRI Pontianak

english education study program

Tri - Kurniawati, IKIP PGRI Pontianak

english education study program

Ageung - Darajat, IKIP PGRI Pontianak

english education study program

Abdul - Arif, IKIP PGRI Pontianak

english education study program

Muhammad - Firdaus, IKIP PGRI Pontianak

english education study program

Dayat Dayat, IKIP PGRI Pontianak

english education study program

References

Ahmad, S. R. (2016). The importance of English communication skills in multilingual settings in Southern Africa. International Journal of Applied Research, 2(3), 478–480.

Dini, J. U., & Harahap, L. W. (2017). Analysis Of Fine Motor Skills By Using A Creative Art Model And Coloring Activities In Group B Of Ar-Rozak Kindergarten. Jurnal Usia Din, 3(2), 20–34.

Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Depdiknas.2006. Bunga Rampai Keberhasilan Guru dalam Pembelajaran (SMA, SMK, dan SLB). Jakarta:Depdiknas.

Fraenkel, K. K., Becker, B. L. C., Rowe, M. W., & Pearson, P. D. (2016). From"What is Reading?" to "What is Literacy? Journal of Education, 196(3), 7–17. https://doi.org/10.1177/002205741619600303

Gautam, P. (2019). Writing Skill: An Instructional Overview. Journal of NELTA Gandaki, 2, 74–90. https://doi.org/10.3126/jong.v2i0.26605

Hery, Y. (2017). Teachers and students perceptions of communicative competence in English as a foreign language in Indonesia. Educational Research and Reviews, 12(17), 867–883. https://doi.org/10.5897/err2017.3243

Hamalik, Oemar.2006. Proses Belajar Mengajar. Jakarta:PT Bumi Aksara

https://pontianak.tribunnews.com/2019/03/27/profil-desa-punggu-kecil-di-kecamatan-sungai-kakap

Husain, N. (2015). Language Language as Skill. ResearchGate Publication, March, 1–11. https://www.researchgate.net/publication/274310952

Nana Sudjana 2010. Dasar-dasar Proses Belajar, Sinar Baru Bandung

Sharma, C., & Puri, S. R. (2020). The Importance of Four Basic Skills Learning English: Learning environment View project English learning View project. The Genesis, 7(4), 33–36. https://doi.org/10.47211/tg.2020.v07i04.007

Shea, M., & Ceprano, M. (2017). Reading with understanding: A global expectation. Journal of Inquiry & Action in Education, 9(1), 48–68.

Tamrin, A. F., & Yanti, Y. (2019). Peningkatan keterampilan bahasa Inggris masyarakat pegunungan di Desa Betao Kabupaten Sidrap. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 15(2), 61–72. https://doi.org/10.20414/transformasi.v15i2.1673

Wahidmurni, Alifin Mustikawan, dan Ali Ridho. 2010. Evaluasi Pembelajaran: Kompetensi dan Praktik. Yogyakarta: Nuha Letera

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Sri Astuti, D. .-., Astriyanti, D. .-., Hafis, M. .-., Syahadati, E. .-., Irwan, D. .-., -, S. .-., … Dayat, D. (2023). Pendampingan dan Peningkatan Keterampilan Bahasa Inggris pada Peserta Didik Rumah Pintar Desa Punggur Kecil. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(3), 1285–1297. https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i3.4748