Pendampingan dan Peningkatan Keterampilan Bahasa Inggris pada Peserta Didik Rumah Pintar Desa Punggur Kecil
DOI:
https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i3.4748Keywords:
Keywords, English skills, Smart House, MentoringAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) IKIP PGRI Pontianak yang dilakukan oleh Tim PkM sebanyak 15 orang dosen dan 4 orang mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Inggris IKIP PGRI Pontianak bertempat di Rumah Pintar Kampung Literasi di desa Punggur Kecil. Kegiatan PkM ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan Bahasa Inggris anak SD, SMP, dan SMA yang ada di Rumah Pintar. Jumlah peserta yang mengikuti PKM ini sebanyak 45 orang anak. Kegiatan ini dilaksanakan selama tujuh minggu mulai dari tanggal 15 Juli 2022 hingga tanggal 26 Agustus 2022. Sebelum dilakukan pembelajaran, peserta rumah pintar diberikan tes awal guna mengetahui keterampilan berbahasa Inggrisnya sebelum diberikan pengajaran. Kemudian, pembelajaran dilakukan sebanyak enam kali pertemuan dan tiap pertemuan berlangsung selama dua jam. pertemuan ketujuh peserta Rumah Pintar diberikan posttest untuk mengetahui keterampilan Bahasa Inggris siswa setelah diberikan pembelajaran. Hasil posttest menunjukkan bahwa keterampilan Bahasa Inggris siswa mengalami peningkatan sebesar 16.9%. Hal cukup memuaskan karena pembelajaran yang diberikan berdampak positif pada keterampilan berbahasa Inggris siswa.
Downloads
References
Ahmad, S. R. (2016). The importance of English communication skills in multilingual settings in Southern Africa. International Journal of Applied Research, 2(3), 478–480.
Dini, J. U., & Harahap, L. W. (2017). Analysis Of Fine Motor Skills By Using A Creative Art Model And Coloring Activities In Group B Of Ar-Rozak Kindergarten. Jurnal Usia Din, 3(2), 20–34.
Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta
Depdiknas.2006. Bunga Rampai Keberhasilan Guru dalam Pembelajaran (SMA, SMK, dan SLB). Jakarta:Depdiknas.
Fraenkel, K. K., Becker, B. L. C., Rowe, M. W., & Pearson, P. D. (2016). From"What is Reading?" to "What is Literacy? Journal of Education, 196(3), 7–17. https://doi.org/10.1177/002205741619600303
Gautam, P. (2019). Writing Skill: An Instructional Overview. Journal of NELTA Gandaki, 2, 74–90. https://doi.org/10.3126/jong.v2i0.26605
Hery, Y. (2017). Teachers and students perceptions of communicative competence in English as a foreign language in Indonesia. Educational Research and Reviews, 12(17), 867–883. https://doi.org/10.5897/err2017.3243
Hamalik, Oemar.2006. Proses Belajar Mengajar. Jakarta:PT Bumi Aksara
https://pontianak.tribunnews.com/2019/03/27/profil-desa-punggu-kecil-di-kecamatan-sungai-kakap
Husain, N. (2015). Language Language as Skill. ResearchGate Publication, March, 1–11. https://www.researchgate.net/publication/274310952
Nana Sudjana 2010. Dasar-dasar Proses Belajar, Sinar Baru Bandung
Sharma, C., & Puri, S. R. (2020). The Importance of Four Basic Skills Learning English: Learning environment View project English learning View project. The Genesis, 7(4), 33–36. https://doi.org/10.47211/tg.2020.v07i04.007
Shea, M., & Ceprano, M. (2017). Reading with understanding: A global expectation. Journal of Inquiry & Action in Education, 9(1), 48–68.
Tamrin, A. F., & Yanti, Y. (2019). Peningkatan keterampilan bahasa Inggris masyarakat pegunungan di Desa Betao Kabupaten Sidrap. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 15(2), 61–72. https://doi.org/10.20414/transformasi.v15i2.1673
Wahidmurni, Alifin Mustikawan, dan Ali Ridho. 2010. Evaluasi Pembelajaran: Kompetensi dan Praktik. Yogyakarta: Nuha Letera
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Desi Sri Astuti, Diah Astriyanti, Maliqul Hafis, Elly Syahadati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by GERVASI prior to the publication.