Pelatihan Pengembangan Emosi Anak Usia Dini bagi Orang Tua di Kabupaten Pangandaran
DOI:
https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i2.4761Keywords:
anak usia dini, orang tua, pelatihan, pengembangan emosiAbstract
Downloads
References
Erhamwilda, E., Afrianti, N., Tazkia, A. H., & Mulyati, H. (2021). Efektivitas pelatihan parenting dalam meningkatkan pengetahuan orang tua menyiapkan generasi qur’ani. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 793–800.
Fitri, R., & Rinaldi. (2019). Hubungan antara kematangan emosi dengan penyesuaian diri pada remaja. Jurnal Riset Psikologi, 2(2), 1–11.
Herlina. (2013). Bibliotherapy: Mengatasi masalah anak dan remaja melalui buku. Bandung; Pustaka Cendikia Utama.
Ihsan, H., Herlina, Dahlan, T. H., Biahaqi, M., Damaianti, L. F., Syahnur, Kosasih, I., Swastika, A., & Fauziyyah, F. (2021). Analisis kebutuhan layanan psikologis bagi orang tua dengan anak usia dini, anak sekolah, dan remaja. Laporan penelitian tidak diterbitkan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Indana, F.N., & Tsabitah, R.A. (2021). Pengaruh teknik relaksasi otot progresif terhadap tingkat stres kerja pada staf Puskesmas Banyuputih Situbondo. Psycomedia, 1(1), 21-28.
Irawan, D., Hasballah, K., & Kamil, H. (2018). Pengaruh relaksasi otot progresif terhadap stres dan tekanan darah pada klien hipertensi. Jurnal Ilmu Keperawatan, 6(1), 70-82.
Jannah, M. (2015). Tugas-tugas perkembangan pada usia kanak-kanak. Gender Equality: International Journal Of Child And Gender Studies, 1(2), 87–98.
Kasimo, T.A., Purwaningrum, E.K., & Sari, M.T. (2021). Pengaruh strategi koping terhadap stres pada mahasiswa tingkat akhir dalam penyusunan skripsi. Motivasi, 9(1), 1-15.
Komariah, Y. (2015). Efektivitas program pelatihan parenting skill terhadap peningkatan pemahaman orang tua tentang pola asuh. Tesis tidak diterbitkan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
KPAI. (2020). Hasil Survei Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak Pada Masa Pandemi Covid-19. Jakarta, (Online), (https://bankdata.kpai.go.id/files/2021/02/Hasil-Survei-KPAI-2020-Pemenuhan-dan-Perlidunga-di-Masa-Covid-19.pdf).
Maghfiroh, L., & Wijayanti, F. (2021). Parenting stress dengan kekerasan verbal pada anak usia sekolah di masa pandemi covid-19. Jurnal Kesehatan Kusuma Husada, 12(2), 187-193.
Mahmud, B. (2019). Kekerasan verbal pada anak. An Nisa’, 12(2), 689–694.
Mulyana, E.H., Gandana, G. & Muslim, M.Z.N. (2017). Kemampuan anak usia dini mengelola emosi diri pada kelompok B di TK Pertiwi DWP Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya. Jurnal PAUD Agapedia, 1(2), 214-232.
Nikmah, F. J., & Lubis, H. (2021). Hubungan intensitas penggunaan gadget dengan perilaku agresif pada anak pra-sekolah (4-6 Tahun). Jurnal Imiah Psikologi, 9(2), 417–429.
Nurrizka, R.H. & Wenny, D.W. (2020). Efektivitas pelatihan dengan media phantom dalam meningkatkan pengetahuan perawatan payudara dan asi ekslusif pada ibu hamil. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 12(3), 99–103.
Papalia, D. E., & Fledman, R. D. (2014). Experience human development (12th ed.). New York: McGraw-Hill.
Perdani, R. R. W., Purnama, D. M. W., Afifah, N., Sari, A. I., & Fahrieza, S. (2021). Hubungan stimulasi ibu dengan perkembangan anak usia 0-3 tahun di Kelurahan Penengahan Raya Kecamatan Kedaton Bandar Lampung. Sari Pediatri, 22(5), 304–310.
Rozali, Y. A., Sitasari, N. W., & Lenggogeni, A. (2021). Meningkatkan kesehatan mental di masa pandemic. Jurnal Abdimas, 7(2), 109–113.
Setyowati, N., & R, E. (2017). Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Perkembangan Emosi Anak Dengan Perkembangan Emosi Anak Pra Sekolah Usia 3-6 Tahun. Jurnal Keperawatan, 6(1), 1-5.
Widiyanto, A. F., & Gamelia, E. (2017). Peran perempuan sebagai ibu dalam perilaku hidup bersih dan sehat (phbs) pada anak usia dini. Palastren, 10(2), 127–148.
Zukhra, R. M., & Amin, S. (2017). Hubungan tingkat pengetahuan orang tua tentang stimulasi tumbuh kembang terhadap perkembangan balita di wilayah kerja puskesmas Simpang Baru. Jurnal Ners Indonesia, 8(1), 8–14.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by GERVASI prior to the publication.