Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Guru-Guru di Wilayah VII Sumatra Barat
DOI:
https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i2.4765Keywords:
media pembelajaran, video pembelajaran, teknologi informasiAbstract
Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kemampuan para guru dalam merancang dan mengembangkan media pembelajaran yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) atau Information and Communication Technology (ICT). Kegiatan diikuti oleh 40 peserta yang berasal dari guru-guru SMA/SMK yang berada di Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VII Provinsi Sumatra Barat. Kegiatan ini melibatkan pelatihan selama dua hari sebagai bentuk kegiatan. Pelaksanaannya terdiri dari tiga tahap, yakni: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kegiatan diawali dengan penyampaian materi pelatihan oleh narasumber terkait pembuatan video dan media pembelajaran berbasis ICT. Setelah penyampaian materi, peserta langsung melakukan praktik dalam pembuatan video dan media pembelajaran menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (ICT). Selanjutnya, dilakukan evaluasi untuk mengukur peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam hal pembuatan media pembelajaran dan video pembelajaran berbasis ICT. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam pengetahuan dan keterampilan peserta terkait pembuatan media pembelajaran dan video pembelajaran menggunakan ICT.
Downloads
References
Adam, S., & Syastra, M. T. (2015). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi bagi siswa kelas x sma ananda batam. Computer Based Information System Journal CBIS Journal, 3(2), 1–13.
Ariana, R. (2016). Keterampilan belajar dan berinovasi abad 21 pada era revolusi industri 4.0. Purwadita, 7, 1–23.
Faisal, M., Azis, M., & Rahman, N. (2023). Pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan moodle di masa pandemi covid-19 pada mata pelajaran ekonomi kelas x di sma 4 muhammadiyah makassar. Media Bina Ilmiah, 17(11), 2679-2688.
Lestari, R. (2016). Efektivitas penerapan media pembelajaran pembelahan sel dengan menggunakan macromedia flash pada siswa kelas x sma negeri 1 rambah. Seminar Nasional Pendidikan dan Saintek, 2016, 825–829.
Lord, T., Lee, H.-S., Horwitz, P., Pryputniewicz, S., & Pallant, A. (2023). A Remote view into the classroom: analyzing teacher use of digitally enhanced educative curriculum materials in support of student learning. Journal of Science Teacher Education, 1–26.
Pujiriyanto. (2019). Modul 2 peran guru dalam pembelajaran abad 21. Modul 2 PPG, 168.
Reigeluth, C. M. (1983). Instructional design theories and models an overview of their current status, (Online), (https:// doi.org/10.4324/9780203824283).
Safitri, A., Rusmiati, M. N., Fauziyyah, H., & Prihantini. (2022). Pentingnya memahami karakteristik peserta didik sekolah dasar untuk meningkatkan efektivitas belajar dalam mata pelajaran bahasa indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9333–9339.
Sari, A., Nurhadi, M., & Tyas, E. P. (2020). Analisis karakteristik terhadap latar belakang peserta didik bagi pembelajaran efektif. Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 63–68.
Simarmata, H. A., & Mayuni, I. (2023). Curriculum reform in indonesia: from competency-based to freedom of learning. International Journal Of Pedagogical Novelty, 2(2), 1–13.
Syaifudin, Y. W., Funabiki, N., Kuribayashi, M., & Kao, W.-C. (2020). A proposal of android programming learning assistant system with implementation of basic application learning. International Journal of Web Information Systems, 16(1), 115–135.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by GERVASI prior to the publication.