Pendampingan Usaha Mikro Kecil Menengah dengan Implementasi Modul International Labour Organization Sustaining Competitive and Responsible Enterprise

Authors

  • Krismontia Elisa Institut Shanti Bhuana
  • Jones Parlindungan Nadapdap

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i1.4939

Keywords:

UMKM, ILO SCORE, 5S, Layout, Hygiene

Abstract

Pengabdian pendampingan usaha mikro kecil menengah bertujuan untuk membantu pelaku usaha dalam memanajemen usaha yang dijalankan dan praktikan disebut sebagai konsultan. Pada saat pendampingan metode yang digunakan dalam pendampingan menggunakan acuan ILO SCORE, yaitu metode 5s (sisih, susun, sasap, sosoh, suluh), tata letak, higienis dan promosi yang berdasarkan hasil observasi langsung dengan melakukan wawancara, dan dokumentasi bersama tim akademisi dan pemilik UMKM. Pendampingan usaha mikro kecil menengah ini dilaksanakan di Toko Jerry Kecamatan Sungai Betung, Kabupaten Bengkayang. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa upaya yang diharapkan oleh pemilik usaha dalam mengembangkan usaha dapat terwujud. Dengan meningkatnya pengetahuan keterampilan peserta dalam mengimplementasikan modul ILO SCORE dalam menjalankan usaha dana adanya perubahan yang lebih baik dalam tempat usaha peserta pengabdian. Terbukti  di mana sebelum adanya pendampingan pelaku usaha tidak pernah melakukan promosi melalui media masa dan tata letak pada toko masih tidak rapi, dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran ILO SCORE sangat mempengaruhi perkembangan pada usaha yang didampingi dan pemilik usaha merasa sangat senang karena setelah diadakan pendampingan di tempat usaha keadaan tempat usaha menjadi lebih baik dan para konsumen memberikan tanggapan yang baik atas perkembangan di tempat usaha tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfansyur, A., & Mariyani, M. (2019). Pemanfaatan Media Berbasis Ict “Kahoot†Dalam Pembelajaran Ppkn Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 6(2), 208–216.

Andasari, pipit rosita. (2018). IMPLEMENTASI PENCATATAN KEUANGAN PADA USAHA KECIL DAN MENENGAH (Studi pada Sentra Industri Kripik Tempe Sanan di Kota Malang). Jurnal JIBEKA, 12(1), 59–65.

Astuti, R., & Abdullah, I. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Di Usaha Mikro Kecil Menengah. Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Di Usaha Mikro Kecil Menengah, 1(0118047804), 1–50.

Firmansyah, A. I. (2019). Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Tulungagung. Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Tulungagung, 53(9), 1–3.

Fuadi, N., Khairawati, S., & Sasono, H. (2019). Pengaruh Store Layout , Kualitas Pelayanan dan Motivasi Rasional terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. AT-TAUZI: Jurnal Ekonomi Islam, 19(2), 86.

Gregorius Rio, A., & Pitaloka, E. (2020). Strategi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Bertahan Pada Kondisi Pandemik Covid 19 Di Indonesia. Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV) Ke-6, 6(2), 139–146.

Halim, A. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju. Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(2), 157–172.

Hendrik, T., Syahbana, A., & Fany Permana, A. (n.d.). Manajemen Sumber Daya Manusia-Untuk Kerjasama & Usaha yang Sukses by. ILO Related papers SCORE-Sust aining Compet it ive and Responsible Ent erprises manajemen sumber Daya man….

Kusumadewi, M. F. (2022). Penerapan Budaya 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) Dalam Menunjang Kinerja Gudang. Jurnal Bisnis, Logistik, Dan Supply Chain, 2(2), 58–63.

Lubis, D. S. (2016). Pemberdayaan UMKM Melalui Lembaga Keuangan Syariah Sebagai Upaya Pengentasan Kemiskinan Kota Padangsidimpuan. Pemberdayaan UMKM Melalui Lembaga Keuangan Syariah Sebagai Upaya Pengentasan Kemiskinan Kota Padangsidimpuan, 2, 2.

Permana, E., Arsa, D., Farid, F., Prabawa, A. D., & Lasmana, I. (2022). PENINGKATAN MANAJEMEN DAN BRANDING USAHA BERBASIS TEKNOLOGI DAN DIGITAL PADA USAHA MIKRO KECIL ( UMK ) SHOES CLEANING JAMBI. 2022, 30–40.

Pramesti, M., Subagyo, H. S. H., & Aprilia, A. (2019). Perencanaan Ulang Tata Letak Fasilitas Produksi Keripik Nangka Dan Usulan Keselamatan Kesehatan Kerja (Studi Kasus Di Umkm Duta Fruit Chips, Kabupaten Malang). Agrisocionomics: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 3(2), 151.

Roanisca, O., Yusnita, M., & Mahardika, R. G. (2020). Pendampingan Usaha Mikro dan Masyarakat Desa Balunijuk dalam Mewujudkan Kampung HalalL. Agrokreatif: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 173–180.

Septiani, B. A., Arianie, D. M., Risman, V. F. A. A., Handayani, W., & Kawuryan, I. S. S. (2019). PENGELOLAAN SAMPAH PLASTIK DI SALATIGA: Praktik, dan tantangan. Jurnal Ilmu Lingkungan, 17(1), 90.

Tanan, C. I., & Dhamayanti, D. (2020). Pendampingan UMKM dalam Pengelolaan Keuangan Usaha Guna Peningkatan Ekonomi Masyarakat di Distrik Abepura Jayapura. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 1(2), 173–185.

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Elisa, K., & Nadapdap, J. P. (2023). Pendampingan Usaha Mikro Kecil Menengah dengan Implementasi Modul International Labour Organization Sustaining Competitive and Responsible Enterprise. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 230–241. https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i1.4939