Pelatihan Pembuatan Resapan Biopori di Lingkungan Sekolah Dasar Sebagai Salah Satu Usaha Konservasi Lingkungan

Authors

  • Yurdayanti Yurdayanti Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Erick Prayogo Walton

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i1.5140

Keywords:

resapan, biopori, konservasi lingkungan, penyuluhan

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat bertujuan memberikan penyuluhan, pendampingan, dan pelatihan pembuatan lubang resapan biopori. Kegiatan dilakukan pada guru dan siswa Sekolah Dasar Negeri 12 Lubuk Besar yang berlokasi di Desa Batu Beriga, Kab. Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebanyak 30 peserta. Metode pelaksanaan dilakukan dengan ceramah, diskusi dan praktik untuk meningkatkan keterampilan para guru dan siswa terhadap pengertian, manfaat, dan cara pembuatan resapan biopori. Kegiatan pengabdian yang dilakukan di sekolah terdiri dari tiga tahapan yaitu persiapan, pelatihan dan evaluasi. Tahap persiapan yaitu penyuluhan kegiatan pada mitra memberikan materi tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekitar, peranan resapan biopori, manfaat resapan biopori. Tahap pelatihan yaitu mendampingi peserta dalam membuat resapan biopori. Hasil evaluasi yang dicapai melalui kegiatan pelatihan diketahui bahwa guru dan siswa bisa mempraktikkan dalam membuat lubang resapan biopori di lingkungan sekolah maupun di rumah. Kegiatan pengabdian diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya menjaga lingkungan dalam mengurangi potensi terjadinya genangan air berlebihan dan merusak kelestarian lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arwildayanto, A., Sarlin, M., & Tuasikal, J. M. S. (2020). Peningkatan daya saing anak-anak pesisir melalui pendidikan di desa bilato kecamatan bilato kabupaten gorontalo provinsi gorontalo. MONSU'ANI TANO Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2).

Badan Pusat Statistik Kabupaten Bangka Tengah. (2021). Kecamatan lubuk besar dalam angka. bangka tengah: BPS

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Kepulauan Bangka Belitung. (2018). Bangka Tengah Kecamatan Lubuk Besar Desa Batu Beriga: BKKBN

Brata, K. (2008). Lubang Resapan Biopori. Swadaya. Jakarta

Djanuardi, N dan Setiawan. (2008). Cara Cepat Membuat Kompos. PT. Agro Media Pustaka. Jakarta.

Febri & Budi. (2015). Dampak kegiatan tambang timah inkonvensional terhadap perubahan guna lahan di Kabupaten Belitung. Jurnal Planologi Unpas, 2(3), 177-194.

Nurlenawati. (2019). Training of biopore infiltration holes construction,1, 48–58.

Pemerintah Desa Batu Beriga. (2020) Profil desa batu beriga tahun; bangka tengah.

Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 12 Tahun (2009) Tentang Pemanfaatan Air Hujan.

Sanitya, R. S., & Burhanudin, H. (2013). Penentuan lokasi dan jumlah lubang resapan biopori di kawasan DAS Cikapundung bagian tengah. Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota, 13(1).

Downloads

Published

2023-04-04

How to Cite

Yurdayanti, Y., & Walton, E. P. (2023). Pelatihan Pembuatan Resapan Biopori di Lingkungan Sekolah Dasar Sebagai Salah Satu Usaha Konservasi Lingkungan. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 404–415. https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i1.5140