Pelatihan Model Student Facilitator and Explaining (SFAE) dengan Media Kotak Pintar pada Mata Pelajaran IPAS bagi Guru Sukorejo

Authors

  • Kiky Chandra Silvia Anggraini Universitas Islam Lamongan
  • Farah Destria Rifanah
  • Lailatul Wahidah Alveyn Rohmah

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i3.5205

Keywords:

Student facilitator and explaining, IPAS, Smart Box

Abstract

Kegiatan pengabdian melalaui pelatihan model student facilitatitor and explaning (SFAE) dengan media kotak pintar ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru Sekolah Dasar Negeri Sukorejo Turi Lamongan dalam mengimplementasikan model SFAE dengan media kotak pintar dalam pembelajaran. Metode pengabdian berupa pelatihan dengan tiga tahapan yaitu persiapan, implementasi dan evaluasi. Pada tahapan persiapan, dilakukan prasurvei melalui diskusi untuk menggali pengetahuan awal, tukar pengalaman tentang materi dengan peserta. Pada tahapan implementasi  tim pelatihan mempraktikkan model SFAE di depan peserta pelatihan. Pada tahapan evaluasi, dilakukan survei respon peserta tentang kegiatan pelatihan. Kesimpulan dari kegiatan pelatihan ini adalah peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru SDN Sukorejo Turi dalam menggunakan model SFAE serta tingginya kemenarikan peserta atas model SFAE dengan media kotak pintar.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Kiky Chandra Silvia Anggraini, Universitas Islam Lamongan

Islamic Religion Faculty (FAI)
Program Studi Madrasah Ibtidaiyah teacher education (PGMI)

References

Agustina, N. S., Robandi, B., Rosmiati, I., & Maulana, Y. (2022). Analisis Pedagogical Content Knowledge terhadap Buku Guru IPAS pada Muatan IPA Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka. Jurnal Basicedu, 6(5), 9180–9187.

Amalia, A. R. (2022). Model Computational Thinking Pada Kurikulum Merdeka Sebagai Inovasi Pembelajaran Di SD Annisa Rizky Amalia. DIDAKTIS 7: Proseding Seminar Nasional Pendidikan Dasar 2022, 499–507.

Asiah, N. (2017). Analisis kemampuan praktik strategi pembelajaran aktif ( active learning ) mahasiswa PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Raden Intan Lampung. TERAMPIL Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 20–33.

https://doi.org/https://doi.org/10.24042/terampil.v4i1.1803.

Barlian, U. C., Solekah, S., & Rahayu, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 10(1), 1–52. https://doi.org/10.21608/pshj.2022.250026.

Batin, W., & Arifin, M. Z. (2022). Penerapan Model Penerapan Student Facilitator and Explaining untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa XI IPS 2 SMA Negeri. EDUKASIA: JurnalPendidikan Dan Pembelajara, 3(3), 709–726.

Bayuaji, P. dkk. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining (SFAE) Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Fisika. Pijar MIPA, 12(1).

Dodik, M., & S, A. E. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dan Student Facilitator and Explaining Terhadap Hasil Belajar Matematika dengan Mengontrol Kemampuan Awal Siswa. Jurnal Kependidikan, 6(2), 238–250.

Ginanjar, A., Salam, R., & Hermanto, F. (2017). Penggunaan Facebook Sebagai Media Pembelajaran IPS. Seminar Universitas PGRI Semarang.

Harefa, D. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(1), 116–131. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jdpDOI:https://doi.org/10.51212/jdp.v14i1.

Marlina, T. (2022). Urgensi Dan Implikasi Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Padasekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi, 1(1), 67–72.

Pernantah, P. S. (2019). Desain Skenario Pembelajaran Aktif Dengan Metode "Mikir. Pada Mata Kuliah Pendidikan IPS. Indonesian Journal of Social Science Education, 1(2), 145–155. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29300/ijsse.v1i2.1929

Rahayu, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Eplaining untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(2), 269. https://doi.org/10.17977/um019v4i2p269-274

Rahayuningsih, S. S., Soesilo, T. D., & Kurniawan, M. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bermain Dengan Media Kotak Pintar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 11–18. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p11-18

Setiawan, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dipadu Student Facilitator And Explaining Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA N 6 Kediri. Jurnal Florea, 4(1).

Shofia Hattarina, Nurul Saila, Adenta Faradila, Dita Refani Putri, & RR.Ghina Ayu Putri. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Lembaga Pendidikan. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 1, 181–192. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA

Sitanggang, D. M. (2020). Pengembangan Media Kotak Pintar Hitam (Kopintam) Pada Pembelajaran Tema 7 Indahnya Keberagaman Negeriku Subtema 2 Kelas IV SD Negeri 030303 Berampu T.A 2019/2020. Universitas Negeri Medan.

Tauran, S. (2021). Pembelajaran Kooperatif SFAE dan CIRC untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Padegogik, 4(1).

Wulan, D. dan Purwanto, E. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Sman 1 Madiun. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika.

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Anggraini, K. C. S., Rifanah, F. D., & Rohmah, L. W. A. (2023). Pelatihan Model Student Facilitator and Explaining (SFAE) dengan Media Kotak Pintar pada Mata Pelajaran IPAS bagi Guru Sukorejo. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(3), 1087–1100. https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i3.5205