Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Pelatihan Mendongeng Anak Usia Dini Dusun Nglongko Madiun

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i2.5244

Keywords:

anak usia dini, keterampilan berbicara, mendongeng

Abstract

Perkembangan berbicara merupakan kemampuan dasar pada anak yang perlu dilatih dengan memberikan stimulus melalui metode dan media yang menarik. Pelatihan mendongeng melalui pengabdian masyarakat bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak dan kepercayaan diri saat tampil di depan umum. Metode yang digunakan dalam pengabdian adalah asset-based community development (ABCD). Pengabdian ini melibatkan sepuluh anak di dusun Nglongko, Desa Balerejo, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun dari bulan Juli hingga Agustus 2021. Anak- anak sangat antusias dan semangat mengikuti pelatihan dari awal hingga akhir. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan kemampuan mendongeng anak, terlihat dari kelancaran dan kefasihan anak saat berpartisipasi dalam lomba mendongeng. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini berdampak positif terhadap keterampilan berbicara dan rasa percaya diri anak-anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afdalipah, R., Ummah, S. S., & Prastyo, D. (2020). Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Metode Bercerita Pada Anak usia dini di sekolah alam excelencia pamekasan. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 23-35.

Fadlillah, M. (2017). Desain pembelajaran paud: tinjauan teori & praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Huda, K., & Munastiwi, E. (2020). Strategi orang tua dalam mengembangkan bakat dan kreativitas anak di era pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Glasser, 4(2), 80-87.

Iskandarwassid, & Sunendar, D. (2013). Strategi pembelajaran bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mancoro, N. (2015). Peningkatan kemampuan berbicara melalui dongeng dalam pembelajaran bahasa indonesia siswa kelas i sd negeri 2 tatura. Jurnal Kreatif Online, 4(4).

Mutiah, D. (2015). Psikologi bermain anak usia dini. Jakarta: Prenada Media Grup.

Nurcandrani, P. S., Asriandhini, B., & Turistiati, A. T. (2020). Pelatihan public speaking untuk membangun kepercayaan diri dan keterampilan berbicara pada anak-anak di sanggar ar-rosyid purwokerto. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(01), 27-32.

Pamuji, S. S., & Inung Setyami, S. S. (2021). Keterampilan berbahasa. Guepedia.

Priyono, K. (2006). Terampil mendongeng. Jakarta: Grasindo.

Sulastri, N. M., Maharani, J. F., & Sarilah, S. (2020). Mendongeng bersama anak sebagai upaya pencegahan covid-19. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 1(1), 34-38.

Suradinata, N. I., & Maharani, E. A. (2020). Pengaruh bercerita berbantuan media boneka tangan terhadap kemampuan berbicara anak. Journal of Education Research, 1(1), 28-37.

Syafrina, R. (2020). Meningkatkan minat baca anak usia dini dengan mendongeng. Masyarakat Berdaya dan Inovasi, 1(2), 83-85.

Tim Penyusun Pedoman KPM-DDR and Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM). 2021. Pedoman kuliah pengabdian masyarakat daring dari rumah (KPM-DDR). Ponorogo: IAIN Ponorogo.

Turistiati, A. T., & Ramadhan, H. F. A. (2019). Pelatihan soft skills dan pendampingan siswa-siswi smk di kota bogor untuk persiapan memasuki dunia kerja. Jurnal Komunitas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 1-8.

Zakaria, Z., & Maulida, U. (2021). Penanaman karakter gemar membaca melalui one day one dongeng pada masa pandemi covid-19. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(1), 66-76.

Downloads

Published

2023-08-01

How to Cite

Asyikin, I., Asyikin, I., & Soraya, S. Z. (2023). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Pelatihan Mendongeng Anak Usia Dini Dusun Nglongko Madiun. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 772–782. https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i2.5244