Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Pelatihan Mendongeng Anak Usia Dini Dusun Nglongko Madiun
DOI:
https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i2.5244Keywords:
anak usia dini, keterampilan berbicara, mendongengAbstract
Perkembangan berbicara merupakan kemampuan dasar pada anak yang perlu dilatih dengan memberikan stimulus melalui metode dan media yang menarik. Pelatihan mendongeng melalui pengabdian masyarakat bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak dan kepercayaan diri saat tampil di depan umum. Metode yang digunakan dalam pengabdian adalah asset-based community development (ABCD). Pengabdian ini melibatkan sepuluh anak di dusun Nglongko, Desa Balerejo, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun dari bulan Juli hingga Agustus 2021. Anak- anak sangat antusias dan semangat mengikuti pelatihan dari awal hingga akhir. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan kemampuan mendongeng anak, terlihat dari kelancaran dan kefasihan anak saat berpartisipasi dalam lomba mendongeng. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini berdampak positif terhadap keterampilan berbicara dan rasa percaya diri anak-anak.
Downloads
References
Afdalipah, R., Ummah, S. S., & Prastyo, D. (2020). Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Metode Bercerita Pada Anak usia dini di sekolah alam excelencia pamekasan. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 23-35.
Fadlillah, M. (2017). Desain pembelajaran paud: tinjauan teori & praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Huda, K., & Munastiwi, E. (2020). Strategi orang tua dalam mengembangkan bakat dan kreativitas anak di era pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Glasser, 4(2), 80-87.
Iskandarwassid, & Sunendar, D. (2013). Strategi pembelajaran bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mancoro, N. (2015). Peningkatan kemampuan berbicara melalui dongeng dalam pembelajaran bahasa indonesia siswa kelas i sd negeri 2 tatura. Jurnal Kreatif Online, 4(4).
Mutiah, D. (2015). Psikologi bermain anak usia dini. Jakarta: Prenada Media Grup.
Nurcandrani, P. S., Asriandhini, B., & Turistiati, A. T. (2020). Pelatihan public speaking untuk membangun kepercayaan diri dan keterampilan berbicara pada anak-anak di sanggar ar-rosyid purwokerto. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(01), 27-32.
Pamuji, S. S., & Inung Setyami, S. S. (2021). Keterampilan berbahasa. Guepedia.
Priyono, K. (2006). Terampil mendongeng. Jakarta: Grasindo.
Sulastri, N. M., Maharani, J. F., & Sarilah, S. (2020). Mendongeng bersama anak sebagai upaya pencegahan covid-19. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 1(1), 34-38.
Suradinata, N. I., & Maharani, E. A. (2020). Pengaruh bercerita berbantuan media boneka tangan terhadap kemampuan berbicara anak. Journal of Education Research, 1(1), 28-37.
Syafrina, R. (2020). Meningkatkan minat baca anak usia dini dengan mendongeng. Masyarakat Berdaya dan Inovasi, 1(2), 83-85.
Tim Penyusun Pedoman KPM-DDR and Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM). 2021. Pedoman kuliah pengabdian masyarakat daring dari rumah (KPM-DDR). Ponorogo: IAIN Ponorogo.
Turistiati, A. T., & Ramadhan, H. F. A. (2019). Pelatihan soft skills dan pendampingan siswa-siswi smk di kota bogor untuk persiapan memasuki dunia kerja. Jurnal Komunitas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 1-8.
Zakaria, Z., & Maulida, U. (2021). Penanaman karakter gemar membaca melalui one day one dongeng pada masa pandemi covid-19. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(1), 66-76.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by GERVASI prior to the publication.