Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Pelajar Melalui Graphic Literature

Authors

  • Hilma Safitri UNIVERSITAS PAMULANG
  • Dwita Deandra
  • Leony Rahmawati
  • Meita Surya Riani
  • Ahmad Jajuli
  • Sukma Nurmardia
  • Muhammad Adji Pamungkas
  • Gabril Bigeswara
  • Ilham Septian Maulana
  • Muhammad Sultan Rasyid
  • Rosita Rosita

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i2.5253

Keywords:

literatur grafis, pengetahuan kosakata, pembelajaran kosakata

Abstract

Permasalahan seputar minimnya pengetahuan kosakata bahasa Inggris dapat ditemui di kehidupan sehari-hari kalangan pelajar. Kurangnya minat membaca karena metode pembelajaran yang kurang menarik menjadi salah satu alasan pemahaman para pelajar tentang kosakata bahasa Inggris tidak maksimal. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk menambah pemahaman peserta tentang kosakata bahasa Inggris melalui metode pembelajaran graphic literature. Kegiatan pengabdian dilaksanakan pada 27 santri di Yayasan Al-Kamilah. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa adanya peningkatan pemahaman kosakata bahasa Inggris peserta dan peningkatan minat baca melalui media graphic literature.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alzheimer’s Disease Cooperative Study (ADCS). (n.d.). Relationship between bilingualism and Alzheimer's. ADCS, (Online), (https://www.adcs.org/).

Dwiyogo, W. (2014). Analisis kebutuhan pengembangan model rancangan pembelajaran berbasis blended learning (pbbl) untuk meningkatkan hasil belajar pemecahan masalah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 21(1), 71–78.

Holidazia, R., & Rodliyah, R. S. (2020). Strategi pelajar dalam pembelajaran kosa kata bahasa inggris. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(1), 111-120.

Kennedy, E. (2016). What is a Picture Book? How Do you Define It?, (Online), (tersedia di http://childrensbooks.about.com/od/childrensbooksglossary/g/picture_book.htm).

Lacković, N., & Olteanu, A. (2020). Rethinking educational theory and practice in times of visual media: Learning as image-concept integration. Educational Philosophy and Theory, 53(6), 597–612.

Marice. (2017). Pendekatan pengajaran kosa kata bahasa asing, 1-7, (Online), (https://media.neliti.com/media/publications/75631-ID-pendekatan-pengajaran-kosakata-bahasa-as.pdf).

Meidariani, N. W., & Meilantari, N. L. (2018). Uji coba pemanfaatan kamus Bahasa jepang pariwisata guna meningkatkan pemahaman kosakata bagi pramuwisata di bali. PARAFRASE: Jurnal Kajian Kebahasaan & Kesastraan, 18(01).

Murray, C. 2017. Graphic novel. Encyclopedia Britannica, (Online), (https://www.britannica.com/art/graphic-novel).

Pujilestari, Y., & Susila, A. (2020). Pemanfaatan media visual dalam pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 19(02), 40-47.

Putranti, B. E., & Ambawani, S. (2019). Pentingnya belajar bahasa inggris untuk anak usia sekolah dasar di lingkungan rt 37 rw 13 kelurahan giwangan kecamatan umbulharjo. Dharma Bakti, 177-183.

Safitri, H., Al-Baroroh, A., Antika, R., & Astuti, P. (2022). Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini dengan Variasi. ACITYA BHAKTI, 2(2), 128. https://doi.org/10.20961/kc.v9i2.49037

Sahuni, S., Budiningsih, I., & P, L. M. (2020). Interaksi media pembelajaran dengan minat belajar terhadap hasil belajar bahasa arab. Akademika, 9(2), 43–52.

Downloads

Published

2023-08-01

How to Cite

Safitri, H., Deandra, D., Rahmawati, L., Riani, M. S., Jajuli, A., Nurmardia, S., … Rosita, R. (2023). Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Pelajar Melalui Graphic Literature. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 518–531. https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i2.5253