Pelatihan Membaca Al-Quran Melalui Metode Tilawati Bagi Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Eva Selvia IAIN Palangka Raya
  • Rahmad Rahmad
  • Sulistyowati Sulistyowati

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i1.5263

Keywords:

pelatihan membaca Al-Quran, metode Tilawati, sekolah dasar

Abstract

Pengabdian pelatihan belajar membaca Al-Quran dengan penerapan metode Tilawati di SDN Mantaren 2 desa Mantaren I Kabupaten Pulang Pisau Provinsi Kalimantan Tengah yang dilakukan oleh mahasiswa KKN MBKM IAIN Palangka Raya sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada sekolah bertujuan agar menambah motivasi siswa dalam membaca Al-Quran, memberikan pemahaman terhadap makhorijul huruf dan tajwid yang benar dan tepat, serta meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran siswa menggunakan metode Tilawati. Pelatihan dilaksanakan secara luring dengan menggunakan metode ABCD (Asset Based Community-Driven Development). Kegiatan pelatihan dilakukan dengan tahapan inkulturasi, discovery, desain, define, dan refleksi. Hasil pengabdian mahasiswa KKN MBKM di sekolah dalam pelatihan membaca Al-Quran melalui metode Tilawati mengalami peningkatan yang signifikan dalam memahami dan mempraktikkan bacaan Al-Quran sesuai dengan kaidah-kaidah hukum bacaan dengan benar dan tepat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, M. L. (Ed) (2018). Efektivitas penerapan metode qiÅŸÅŸatu al-qurÄnÄ« untuk meningkatkan akhlak mulia siswa kelas iv sd cirebon islamic school (cis) full day. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 153–165.

Anwar, R.N., (Ed) (2019). Motivasi belajar baca tulis al-quran pada ibu rumah tangga di tpq anwarul qulub sidorejo. Prosiding Seminar Nasional & Call Paper.

As’ Arie, M. R., Akbar, A. H., & Al-Bathothy, F. (Eds) (2022). Pembelajaran percakapan bahasa arab di tpq nurul jadid pacet. Gervasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 398–409.

Asy-Syahida, S. N., & Rasyid, A. M. (Eds) (2020). Studi komparasi metode talaqqi dan metode tilawati dalam meningkatkan kemampuan membaca al-quran. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 4(2), 186–191.

Fariandi, K. (Ed) (2020). Pengaruh penggunaan metode tilawati terhadap peningkatan kemampuan membaca al-quran di tpa khoirul huda kecamatan metro timur. Tesis tidak Diterbitkan. Iain Metro.

Hasanah, K. (Ed) (2018). Implementasi metode tilawati dalam meningkatkan kemampuan membaca al-quran. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 1(1), 83–94.

Huda, K., & Munastiwi, E. (Eds) (2020). Strategi orang tua dalam mengembangkan bakat dan kreativitas siswa di era pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Glasser, 4(2), 80–87.

Maysara, N. W., Muslimah, M., & Wahdah, N. (Eds) (2022a). Pelatihan tenaga pendidik tpa (taman pendidikan al-quran) di sidomulyo palangka raya. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(4), 483–490.

Maysara, N. W., Muslimah, M., & Wahdah, N. (Eds) (2022b). Pemberdayaan pendamping lansia penderita penyakit stroke dalam mengingat bacaan dan gerakan shalat di sidomulyo palangka raya. Prima Abdika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), Art. 3. Https://Doi.Org/10.37478/Abdika.V2i3.2031

Nurhayah, N., & Muhajir, M. (Eds) (2020). Implementasi metode tilawati dan metode iqro’dalam meningkatkan kemampuan membaca al-quran: di sd islam al-azhar dan sdit nur el-qolam kabupaten serang. Jurnal Qathruna, 7(2), 41–62.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (Eds) (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352.

Romalee, A. (Ed) (2020). Model pembelajaran karn son islam di rongrianprathom kanlayanacharangsan di thailand. Tesis tidak diterbitkan. Surabaya: Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Saefudin, A., Laila, A. N., & Yusuf, H. (2022). Edukasi cinta al-quran bagi kelompok perempuan desa dermolo kembang jepara. Gervasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 617–632.

Samosir, F. (Ed) (2016). Pengaruh penggunaan metode resitasi terhadap prestasi belajar pendidikan agama islam pokok bahasan shalat wajib kelas vii smp negeri 1 maranca. Tesis tidak diterbitkan. Iain Padangsidimpuan.

Sampurno, B. (Ed) (2020). Training of trainers metode qiraah. Jurnal Ilmiah Islamic Resources, 16(2), 212–221.

Saodah, S. (Ed) (2022). Implementasi metode tilawati dalam pembelajaran membaca al-quran untuk meningkatkan kualitas membaca: di sd salman al-farisi full day school bandung. Islamic Journal Of Education, 1(1), 26–33.

Sumai Dau, (Ed) (2015). Penerapan metode tilawati dalam meningkatkan kemampuan membaca santri di madrasah diniyah fastabichul khoirot joho kalidawir tulungagung. Skripsi tidak diterbitkan. IAIN Tulungagung.

Wahyuni, I.W., (Ed) (2018). Penerapan nilai-nilai moral pada santri tpq al-khumaier pekan baru. Gervasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1).

Widyanti, E. (Ed) (2018). Penerapan metode tilawati dalam pembelajaran membaca al-quran di tk ‘aisyiyah bustanul athfal vi purwokerto. Tesis tidak diterbitkan. Iain Purwokerto.

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Selvia, E., Rahmad, R., & Sulistyowati, S. (2023). Pelatihan Membaca Al-Quran Melalui Metode Tilawati Bagi Siswa Sekolah Dasar. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 252–263. https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i1.5263