Upaya Peningkatan Usaha Mikro Kecil Menengah di Desa Pitra Tabanan Melalui Sosialisasi Edukasi Pemasaran Digital

Authors

  • Nyoman Sri Manik Parasari Universitas Pendidikan Nasional
  • I Made Galang Suputra Universitas Pendidikan Nasional
  • Ni Putu Yunita Anggreswari
  • Ida Ayu Iswari Pidada

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i2.5371

Keywords:

edukasi, digital marketing, sosialisasi, produk

Abstract

Sejumlah usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Desa Pitra Tabanan belum mengikuti perkembangan digital secara langsung, disebabkan oleh kurangnya keterampilan dan pelatihan mengenai pemasaran digital. Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan pelaku UMKM dalam melakukan pemasaran digital sebagai upaya membangun dan memperluas jaringan pemasaran berbasis teknologi digital. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pelatihan dan sosialisasi mengenai penggunaan sosial media dalam memasarkan suatu produk. Hasil yang telah dicapai dari program kegiatan ini yaitu adanya perkembangan terhadap masyarakat dan UMKM di Desa Pitra dalam menggunakan media sosial sebagai sarana untuk mempromosikan dan mengembangkan usaha UMKM agar lebih dikenal luas di berbagai wilayah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chrisna, H., & Noviani, H. (2022). Penyuluhan jual beli kredit secara syariah pada pelaku empowerment. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1, 128–135.

Halim, A. (2020). Pengaruh pertumbuhan usaha mikro, kecil dan menengah terhadap pertumbuhan ekonomi kabupaten mamuju. GROWTH jurnal ilmiah ekonomi pembangunan, 1(2), 157-172.

Idxchannel.com. (2020). Begini pentingnya umkm dalam perekonomian indonesia!. (Online), (https://idxchannel.com/begini-pentingnya-peran umkm-dalam-perekonomian-indonesia, diakses pada 07 Februari 2022).

Lestari, P., & Saifuddin, M. (2020). Implementasi strategi promosi produk dalam proses keputusan pembelian melalui digital marketing saat pandemi covid’19. Jurnal Manajemen dan Inovasi (MANOVA), 3 (2), 23–31.

Opiida. (2014). Pengertian E-Marketplaces. 9online) (https://tokokhalista.wordpress.com/2014/04/18/pengertian-e-marketplace/).

Pradiani, T. (2017). Pengaruh sistem pemasaran digital marketing terhadap peningkatan volume penjualan hasil industri rumahan. Jurnal Jibeka, 11(2), 46–53.

Puspitaningtyas, Z., Wahono, P., & Poernomo, D. (2013). Laporan Akhir Penelitian Hibah Bersaing tidak diterbitkan.

Retnasary, M., Setiawati, S. D., Fitriawati, D., & Anggara, R. (2019). Pengelolaan media sosial sebagai strategi digital marketing pariwisata. Jurnal Kajian Pariwisata, 1(1), 76-83.

Ryan, D.,& Jones, C. (2009). Understanding digital marketing: marketing strategies for enganging the digital generation. London: Kogan.

Werdani, R. E., Kurniawati, N. I., Sukoco, J. B., Windriya, A., & Iskandar, D. (2020). Pelatihan pemasaran produk homemade melalui sosial media. JPPM

(Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 1-5.

Yacub, R., & Mustajab, W. (2020). Analisis pengaruh pemasaran digital (digital marketing) terhadap brand awareness pada e-commerce. Jurnal Manajerial, 12(2), 198.

Yasmin, A., Tasneem, S., & Fatema, K. (2015). Effectiveness of digital marketing in the challenging age: An empirical study. International journal of management science and business administration, 1(5), 69-80.

Downloads

Published

2023-08-01

How to Cite

Parasari, N. S. M., Suputra, I. M. G., Anggreswari, N. P. Y., & Pidada, I. A. I. (2023). Upaya Peningkatan Usaha Mikro Kecil Menengah di Desa Pitra Tabanan Melalui Sosialisasi Edukasi Pemasaran Digital. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 837–845. https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i2.5371