Sosialisasi Analisis Kelayakan dan Potensi Digital Startup Ditinjau dari Aspek Finansial

Authors

  • Syafira Ulya Firza Universitas Mikroskil
  • Agustina Agustina
  • Robinhot Gultom

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i2.5383

Keywords:

aspek finansial, digital startup, teknologi

Abstract

Generasi Z yang dikenal sebagai digital native merupakan sebuah potensi untuk menghasilkan talenta-talenta yang bisa bekerja dan berkarir di dunia startup. Dalam tahap pengembangan startup bukan hanya teknologi informasi yang dibutuhkan namun juga kualitas dan kapasitas sumber daya manusia yang memiliki pengetahuan tentang bisnis dan teknologi informasi serta aspek finansial untuk menganalisis kelayakan keberadaan startup. Siswa SMA Santo Thomas 1 yang terdiri dari 72 siswa adalah para generasi Z yang diharapkan mampu menjadi para talenta digital. Tujuan dilakukannya pengabdian ini adalah untuk memberikan pengetahuan tentang startup digital dan aspek keuangannya kepada para generasi Z. Metode pelaksanaan diawali dengan memberikan kuesioner pre-test, kemudian dilanjutkan dengan memberikan sosialisasi kepada para siswa SMA dan ditutup dengan memberikan kuesioner posttest. Berdasarkan hasil kuesioner diperoleh bahwa pengetahuan mitra meningkat tentang startup digital dan aspek finansialnya dengan rata-rata tingkat pemahaman mencapai 80.60%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aldiansyah, R., Chumaidiyah, E., & Sagita, B. H. (2018). Analisis kelayakan startup digital yukcetak ditinjau dari aspek pasar, aspek teknis dan aspek finansial. e-Proceeding of Engineering, 2495-2500.

Daroin, A. D., Wirawan, Y. R., & Lingga, R. A. (2022). Analisis studi kelayakan bisnis startup sky hoes clean kota madiun. Patriot Journal Economics Education (PAT-JEE), 1(1), 6-13.

Fauziah, S. A., Mahendra, A. F., Larien, M. A., Yuliasari, Herdiansah, W., & Effendy, A. A. (2021). Sosialisasi bisnis digital pada siswa-siswi smk techno media. Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat, 140-144.

MRB Finance. (2021, Februari 25). (Online) (https://www.mrbfinance.com/education/survey-masalah-bisnis-startup-di-indonesia, diakses 6 Februari 2023).

Raharja, B. S., & Bachtiar, N. K. (2021). Pelatihan dan pendampingan bagi digital platform "luar kuliah" untuk akselerasi peluncuran di pasar bisnis. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 250-256.

Rahayu, A., Budyawati, I., & Hartanto, W. (2020). Mengadopsi model akuntansi startup untuk umkm: studi kasus pada pengerajin kayu desa grenden, kabupaten jember. Warta Pengabdian, 181-190.

Satriandhini, M., & Indriani, F. (2022). Start up digital business: mengenal peluang dan tips bisnis bagi para pemula di sma n 6 purworejo. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 21-27.

Setyawan, M. B., Alwi, A., & Munirah. (2018). Konstruksi jiwa kewirausahaan melalui pelatihan startup digital 4.0 bagi siswa sma. Jurnal Masyarakat Mandiri (JMM), 19-28.

Sitepu, S. N. (2017). Pengaruh faktor internal terhadap keberhasilan start-up bisnis di kota surabaya. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan, 10(1), 37-50.

Slamet, Purwono, Wibisono, S. K., & Dewa, B. P. (2022). Meningkatkan pengetahuan dan minat gen-z untuk berkarir di dunia startup dengan webinar “startup for gen-z: is it possible?â€. PIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 122-128.

TB, D. R., & Aulia, N. (2021). Start up digital business: mengenal peluang dan tips bisnis bagi para pemula. Jurnal Pengabdian Masyarakat INOTEC UUI, 3(2), 34-39.

Downloads

Additional Files

Published

2023-08-01

How to Cite

Firza, S. U., Agustina, A., & Gultom, R. (2023). Sosialisasi Analisis Kelayakan dan Potensi Digital Startup Ditinjau dari Aspek Finansial. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 1018–1027. https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i2.5383