Pelatihan Fotografi Produk Pada Kelompok Masyarakat Jeneponto Menuju Usaha Mikro Kecil dan Menengah Go Digital
DOI:
https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i2.5398Keywords:
pelatihan, fotografi produk, go digital, perekonomianAbstract
Kabupaten Jeneponto telah memberdayakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai penggerak perekonomian terutama dalam menghadapi era revolusi industri digital 4.0 agar dapat bersaing dan berkompetisi. Namun, pelaku usaha UMKM Jeneponto belum memanfaatkan penggunaan teknologi secara maksimal terutama dalam hal teknik pengambilan gambar atau foto produk sebagai bahan promosi dan pemasaran produk. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah peningkatan pengetahuan kepada para pelaku usaha UMKM Jeneponto melalui pelatihan teknik foto produk untuk menghasilkan tampilan yang lebih menarik dan berkualitas. Metode pelaksanaan yang diterapkan yakni presentasi, diskusi dan demonstrasi materi serta praktik oleh peserta. Pelatihan ini diikuti sekitar 19 orang yang berasal dari berbagai jenis UMKM yang ada di kabupaten Jeneponto. Evaluasi peningkatan pengetahuan diukur melalui hasil pre-test dan posttest saat pelatihan. Hasil pelaksanaan pengabdian masyarakat adalah meningkatkan pengetahuan peserta pelaku usaha UMKM Kabupaten Jeneponto tentang cara foto produk, yang ditunjukkan dari hasil perbandingan persentase pre-test dan posttest terhadap pemahaman materi tentang angel foto produk dari 15,79% menjadi 89.47%, komposisi foto produk dari 5.26% menjadi 78.95%, box foto dari 5.26% menjadi 84.21%, dan aplikasi editing canva dari 10.53% menjadi 47.37%.
Downloads
References
Agustin, D., Rushadiyati, R., Asim, A., Ahmadun, A., & Nurminingsih, N. (2022). Pelatihan membuat foto produk dengan kamera smart-phone bagi usaha mikro kecil di kelurahan cilangkap, jakarta timur. Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (Pamas), 6(1), 39-44.
Kabupaten Jeneponto, B. P. S. (2020). Badan Pusat Statistik Kabupaten Jeneponto, Jumlah Penduduk (Jiwa), 2018-2020, (Online) (https://jenepontokab.bps.go.id/indicator/12/30/1/jumlah-penduduk.html).
Lestari, P. A. (2020). Pelatihan teknik fotografi menggunakan smart phone untuk meningkatkan nilai produk hasil kerajinan tangan di yayasan kasih peduli anak kota denpasar. Jurnal Lentera Widya, 1(2), 1–7.
Nurlaily, F., Asmoro, P. S., & Aini, E. K. (2021). Pelatihan teknik foto produk menggunakan smartphone untuk meningkatkan visual branding usaha rintisan. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 347-356.
Purwanto, Y. S., & Veranita, M. (2018). Pelatihan fotografi dasar bagi pelaku usaha kecil dan menengah (ukm) kecamatan lengkong kota bandung. Dharma Bhakti Ekuitas, 2(2), 205–211.
Prasetya, A. J., Laksono, Y. T., & Hidayat, W. (2020). Pengabdian kepada masyarakat (PKM) pengembangan marketing website dan desain kemasan pada UKM Bumi Cipta Sejahtera Surabaya. JPM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(01), 92-98.
Rahmayanti, H. D. (2021). Pendampingan foto produk umkm komunitas saung taleus di kota bogor menggunakan ponsel cerdas. Jurnal Pekamas, 1(2), 79-83.
Sari, W. P., & Irena, L. (2022). Komunikasi visual melalui foto produk untuk meningkatkan nilai jual produk umkm. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 4(3), 633–642.
Setyowati, R., & Rohmah, A. N. (2022). Peningkatan promosi melalui fotografi produk dengan smartphone pada bukuan fried chicken (bfc). Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 1(3), 75-82.
Werdani, R. E., Kurniawati, N. I., Sukoco, J. B., Windriya, A., & Iskandar, D. (2020). Pelatihan pemasaran produk homemade melalui sosial media. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 1-5.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by GERVASI prior to the publication.