Pengenalan Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini Melalui Tema Kesehatan
DOI:
https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i2.5458Keywords:
anak usia dini, kesehatan, pengenalan bahasa InggrisAbstract
Pengabdian kepada masyarakat bertujuan untuk mengenalkan bahasa Inggris kepada anak usia dini melalui tema kesehatan. Sasaran program pengabdian adalah anak usia dini dengan rentang usia 3-7 tahun di Desa Wisata Sumberbulu, Karanganyar. Pelaksana kegiatan adalah tim dosen dan dibantu oleh mahasiswa diploma tiga keperawatan Universitas Kusuma Husada Surakarta. Metode pelaksanaan pengabdian menggunakan demonstrasi melalui musik dan gerak/tari. Kegiatan dilakukan pada tanggal 27 Desember 2022 yang dihadiri 12 anak usia dini sebagai peserta. Tahapan kegiatan meliputi tahapan persiapan, pelaksanaan kegiatan dan evaluasi kegiatan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa adanya peningkatan keterampilan anak usia dini tentang kosakata dan frasa bahasa Inggris yang berkaitan dengan kesehatan dan gaya hidup sehat. Keberhasilan kegiatan ini dapat dilihat pada hasil evaluasi kegiatan menunjukkan bahwa semua peserta memahami dan mampu mengucapkan/melafalkan kosakata dan frasa bahasa Inggris dengan tema kesehatan dengan benar.
Downloads
References
Anisarahma, S., & Safrina, R. (2019). Mencari identitas Indonesia : Perspektif guru bahasa Inggris anak. Jurnal Penelitian Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, 19(3), 422-433.
Ariyani, E. (2021). Pelatihan bahasa Inggris dasar bagi anak usia dini di Pesisir Pantai Ampenan - NTB. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Radisi. Volume 1 No 3, 240–248.
Arum, D. S., & Padmaningrum, D. (2022). Kajian dimensi community-based tourism dalam pengembangan Desa Wisata Sumberbulu. Journal of Agricultural Extension. Jilid 46 (1), 45-55.
Arumsari, A. D., Arifin, B., & Rusnalasari, Z. D. (2017). Pembelajaran bahasa Inggris pada anak usia dini di Kec Sukolilo Surabaya. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini. 4 (2), 133.
Asmin, A. I. (2015). Pengenalan dan peningkatan minat anak usia dini untuk mempelajari bahasa Inggris. Prosiding Seminar Nasional, 02, 191–197. Universitas Cokroaminoto Palopo, Sulawesi Selatan 9-10 Juni 2016.
Khairani, A. I. (2016). Pendidikan bahasa inggris untuk anak usia dini. Jurnal bastra (bahasa dan sastra), 1(1).
Purwanti, R. (2020). Pembelajaran bahasa Inggris untuk anak usia dini melalui metode gerak dan lagu. Jurnal Ilmiah Potensia. 5(2), 91–105.
Putra, I. D. G. R. D. (2018). Pembelajaran bahasa inggris untuk anak usia dini: 15 prinsip pendekatan dan metode pembelajaran oleh professor jack c. richard. Jurnal pendidikan anak usia dini. Jilid 3 (1), 1–11.
Setiawan, I. R. (2016). Pengembangan sumber daya manusia di bidang pariwisata: perspektif potensi wisata daerah berkembang. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan, 1(1), 23–35.
Ulfah, A. A., Dimyati, D., & Putra, A. J. A. (2021). Analisis penerapan senam irama dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 5(2), 1844–1852.
Wati, S. (2016). Parental involvement and English language teaching to young learners: parents’ experience in Aceh. Prosiding ICCTTE FKIP Universitas Sebelas Maret, 1, 527–533, Surakarta, 1-2 Maret 2016.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by GERVASI prior to the publication.