Pengenalan Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini Melalui Tema Kesehatan

Authors

  • Bambang Abdul Syukur Universitas Kusuma Husada Surakarta
  • Agnes Sri Harti

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i2.5458

Keywords:

anak usia dini, kesehatan, pengenalan bahasa Inggris

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat bertujuan untuk mengenalkan bahasa Inggris kepada anak usia dini melalui tema kesehatan. Sasaran program pengabdian adalah anak usia dini dengan rentang usia 3-7 tahun di Desa Wisata Sumberbulu, Karanganyar. Pelaksana kegiatan adalah tim dosen dan dibantu oleh mahasiswa diploma tiga keperawatan Universitas Kusuma Husada Surakarta. Metode pelaksanaan pengabdian menggunakan demonstrasi melalui musik dan gerak/tari. Kegiatan dilakukan pada tanggal 27 Desember 2022 yang dihadiri 12 anak usia dini sebagai peserta. Tahapan kegiatan meliputi tahapan persiapan, pelaksanaan kegiatan dan evaluasi kegiatan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa adanya peningkatan keterampilan anak usia dini tentang kosakata dan frasa bahasa Inggris yang berkaitan dengan kesehatan dan gaya hidup sehat. Keberhasilan kegiatan ini dapat dilihat pada hasil evaluasi kegiatan menunjukkan bahwa semua peserta memahami dan mampu mengucapkan/melafalkan kosakata dan frasa bahasa Inggris dengan tema kesehatan dengan benar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anisarahma, S., & Safrina, R. (2019). Mencari identitas Indonesia : Perspektif guru bahasa Inggris anak. Jurnal Penelitian Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, 19(3), 422-433.

Ariyani, E. (2021). Pelatihan bahasa Inggris dasar bagi anak usia dini di Pesisir Pantai Ampenan - NTB. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Radisi. Volume 1 No 3, 240–248.

Arum, D. S., & Padmaningrum, D. (2022). Kajian dimensi community-based tourism dalam pengembangan Desa Wisata Sumberbulu. Journal of Agricultural Extension. Jilid 46 (1), 45-55.

Arumsari, A. D., Arifin, B., & Rusnalasari, Z. D. (2017). Pembelajaran bahasa Inggris pada anak usia dini di Kec Sukolilo Surabaya. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini. 4 (2), 133.

Asmin, A. I. (2015). Pengenalan dan peningkatan minat anak usia dini untuk mempelajari bahasa Inggris. Prosiding Seminar Nasional, 02, 191–197. Universitas Cokroaminoto Palopo, Sulawesi Selatan 9-10 Juni 2016.

Khairani, A. I. (2016). Pendidikan bahasa inggris untuk anak usia dini. Jurnal bastra (bahasa dan sastra), 1(1).

Purwanti, R. (2020). Pembelajaran bahasa Inggris untuk anak usia dini melalui metode gerak dan lagu. Jurnal Ilmiah Potensia. 5(2), 91–105.

Putra, I. D. G. R. D. (2018). Pembelajaran bahasa inggris untuk anak usia dini: 15 prinsip pendekatan dan metode pembelajaran oleh professor jack c. richard. Jurnal pendidikan anak usia dini. Jilid 3 (1), 1–11.

Setiawan, I. R. (2016). Pengembangan sumber daya manusia di bidang pariwisata: perspektif potensi wisata daerah berkembang. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan, 1(1), 23–35.

Ulfah, A. A., Dimyati, D., & Putra, A. J. A. (2021). Analisis penerapan senam irama dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 5(2), 1844–1852.

Wati, S. (2016). Parental involvement and English language teaching to young learners: parents’ experience in Aceh. Prosiding ICCTTE FKIP Universitas Sebelas Maret, 1, 527–533, Surakarta, 1-2 Maret 2016.

Downloads

Additional Files

Published

2023-08-01

How to Cite

Syukur, B. A., & Harti, A. S. (2023). Pengenalan Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini Melalui Tema Kesehatan. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 569–580. https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i2.5458