Penyegaran Kompetensi Guru dalam Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Aplikasi Articulate Storyline 3

Authors

  • Rose Fitria Lutfiana Universitas Muhammadiyah Malang
  • Budiono Budiono
  • Candra Rahma Wijaya Putra

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i2.5464

Keywords:

kompetensi guru, media pembelajaran interaktif, articulate storyline 3

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dilakukan di MA Muhammadiyah Malang yang didasari masih terbatasnya guru dalam memperoleh pengetahuan dan pelatihan terkait dengan media pembelajaran. Tujuan dari kegiatan PkM ini adalah meningkatkan kompetensi pedagogi guru untuk merancang dan mengimplementasikan media pembelajaran yang menarik dan interaktif sehingga diharapkan tercipta kegiatan pembelajaran yang efektif dan efisien. Peserta dalam kegiatan ini adalah guru-guru di MA Muhammadiyah 1 Malang yang berjumlah 10 orang. Metode pengabdian yang digunakan berupa focus group discussion, pelatihan dan pendampingan serta monitoring dan evaluasi. Untuk mengukur kemampuan guru dalam merancang media pembelajaran yang kreatif dan inovatif dilakukan dengan menggunakan angket. Hasil pre-test diperoleh rata-rata 74,8% sedangkan hasil posttest diperoleh rata-rata 90,2%, sehingga terjadi peningkatan sebesar 15% dengan tingkat ketercapaian sebesar 100%. Selain itu guru juga bisa membuat media articulate storyline 3 dengan sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annur, C. M. (2022). Ada 204,7 juta pengguna internet di indonesia awal 2022. Kata Data, (Online), (https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03 /23/ada-2047-juta-pengguna-internet-di-indonesia-awal-2022#:~:text=Menurut laporan We Are Social,tercatat sebanyak 202%2C6 juta).

Arwanda, P., Irianto, S., & Andriani, A. (2020). Pengembangan media pembelajaran articulate storyline kurikulum 2013 berbasis kompetensi peserta didik abad 21 tema 7 kelas iv sekolah dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 193. https://doi.org/10.35931/am.v4i2.331

Aspi, M., & Syahrani, S. (2022). Profesional Guru dalam menghadapi tantangan perkembangan teknologi pendidikan. Indonesian Journal of Education (INJOE), 2(1), 64–73.

Azzahra, N. F. (2020). Indonesia di masa krisis pandemi covid-19. Ringkasan Kebijakan, 19(2), 1–9.

Effendi, D., & Wahidy, A. (2019). Prosiding seminar nasional pendidikan program pascasarjana universitas PGRI palembang. Pemanfaatan Teknologi dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21, 2(pendidikan), 999–1015.

Hadza, C., Sesrita, A., & Suherman, I. (2020). Development of learning media based on articulate storyline. Indonesian Journal of Applied Research (IJAR), 1(2), 80–85. https://doi.org/10.30997/ijar.v1i2.54

Juhaeni, J., Safaruddin, S., & Salsabila, Z. P. (2021). Articulate storyline sebagai media pembelajaran interaktif untuk peserta didik madrasah ibtidaiyah. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(2), 150. https://doi.org/10.24252/auladuna.v8i2a3.2021

Jahring, J., Mashuri, S., Marniati, M., & Nasruddin, N. (2023). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pembuatan Instrumen Evaluasi Online Menggunakan Aplikasi Quizizz. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 7(1), 1-11.

Kaswar, A. B., Nurjannah, N., Fathahillah, F., & Andayani, D. D. (2023). Pelatihan pembuatan media pembelajaran praktis dan interaktif untuk guru smp kabupaten bone. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 7(1), 172-180.

Kuswarno, E. (2015). Potret wajah masyarakat digital indonesia. Jurnal Communicate, 1(1), 47–54.

Pustikayasa, I. M. (2019). Grup whatsapp sebagai media pembelajaran. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu, 10(2), 53–62.

Rahayuningsih, Y. S., & Muhtar, T. (2022). Pedagogik Digital Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Abad 21. Jurnal Basicedu, 6(4), 6960–6966. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3433

Risdiany, H. (2021). Pengembangan profesionalisme guru dalam mewujudkan kualitas pendidikan di indonesia. Al-Hikmah (Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam), 3(2), 194-202.

Downloads

Published

2023-08-01

How to Cite

Lutfiana, R. F., Budiono, B., & Putra, C. R. W. (2023). Penyegaran Kompetensi Guru dalam Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Aplikasi Articulate Storyline 3. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 581–591. https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i2.5464