Penyegaran Kompetensi Guru dalam Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Aplikasi Articulate Storyline 3
DOI:
https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i2.5464Keywords:
kompetensi guru, media pembelajaran interaktif, articulate storyline 3Abstract
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dilakukan di MA Muhammadiyah Malang yang didasari masih terbatasnya guru dalam memperoleh pengetahuan dan pelatihan terkait dengan media pembelajaran. Tujuan dari kegiatan PkM ini adalah meningkatkan kompetensi pedagogi guru untuk merancang dan mengimplementasikan media pembelajaran yang menarik dan interaktif sehingga diharapkan tercipta kegiatan pembelajaran yang efektif dan efisien. Peserta dalam kegiatan ini adalah guru-guru di MA Muhammadiyah 1 Malang yang berjumlah 10 orang. Metode pengabdian yang digunakan berupa focus group discussion, pelatihan dan pendampingan serta monitoring dan evaluasi. Untuk mengukur kemampuan guru dalam merancang media pembelajaran yang kreatif dan inovatif dilakukan dengan menggunakan angket. Hasil pre-test diperoleh rata-rata 74,8% sedangkan hasil posttest diperoleh rata-rata 90,2%, sehingga terjadi peningkatan sebesar 15% dengan tingkat ketercapaian sebesar 100%. Selain itu guru juga bisa membuat media articulate storyline 3 dengan sangat baik.
Downloads
References
Annur, C. M. (2022). Ada 204,7 juta pengguna internet di indonesia awal 2022. Kata Data, (Online), (https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03 /23/ada-2047-juta-pengguna-internet-di-indonesia-awal-2022#:~:text=Menurut laporan We Are Social,tercatat sebanyak 202%2C6 juta).
Arwanda, P., Irianto, S., & Andriani, A. (2020). Pengembangan media pembelajaran articulate storyline kurikulum 2013 berbasis kompetensi peserta didik abad 21 tema 7 kelas iv sekolah dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 193. https://doi.org/10.35931/am.v4i2.331
Aspi, M., & Syahrani, S. (2022). Profesional Guru dalam menghadapi tantangan perkembangan teknologi pendidikan. Indonesian Journal of Education (INJOE), 2(1), 64–73.
Azzahra, N. F. (2020). Indonesia di masa krisis pandemi covid-19. Ringkasan Kebijakan, 19(2), 1–9.
Effendi, D., & Wahidy, A. (2019). Prosiding seminar nasional pendidikan program pascasarjana universitas PGRI palembang. Pemanfaatan Teknologi dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21, 2(pendidikan), 999–1015.
Hadza, C., Sesrita, A., & Suherman, I. (2020). Development of learning media based on articulate storyline. Indonesian Journal of Applied Research (IJAR), 1(2), 80–85. https://doi.org/10.30997/ijar.v1i2.54
Juhaeni, J., Safaruddin, S., & Salsabila, Z. P. (2021). Articulate storyline sebagai media pembelajaran interaktif untuk peserta didik madrasah ibtidaiyah. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(2), 150. https://doi.org/10.24252/auladuna.v8i2a3.2021
Jahring, J., Mashuri, S., Marniati, M., & Nasruddin, N. (2023). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pembuatan Instrumen Evaluasi Online Menggunakan Aplikasi Quizizz. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 7(1), 1-11.
Kaswar, A. B., Nurjannah, N., Fathahillah, F., & Andayani, D. D. (2023). Pelatihan pembuatan media pembelajaran praktis dan interaktif untuk guru smp kabupaten bone. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 7(1), 172-180.
Kuswarno, E. (2015). Potret wajah masyarakat digital indonesia. Jurnal Communicate, 1(1), 47–54.
Pustikayasa, I. M. (2019). Grup whatsapp sebagai media pembelajaran. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu, 10(2), 53–62.
Rahayuningsih, Y. S., & Muhtar, T. (2022). Pedagogik Digital Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Abad 21. Jurnal Basicedu, 6(4), 6960–6966. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3433
Risdiany, H. (2021). Pengembangan profesionalisme guru dalam mewujudkan kualitas pendidikan di indonesia. Al-Hikmah (Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam), 3(2), 194-202.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by GERVASI prior to the publication.