Peningkatan Kualitas Produksi Amplang Ikan Sungai Pada Usaha Mikro Dasawisma Keluarga Bersama Kecamatan Tayan Hilir

Authors

  • Evi Fitriyani POLITEKNIK NEGERI PONTIANAK
  • Nani Nuraenah
  • Sri Syabanita Elida
  • Purnamawati Purnamawati

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i1.5466

Keywords:

pelatihan dan penyuluhan, kerupuk, amplang ikan sungai

Abstract

UKM Dasawisma Keluarga Bersama salah satu mitra dalam kegiatan PIM. UKM ini memiliki beberapa faktor permasalahan baik produksi, pemasaran dan manajemen usaha. Tujuan pengabdian ini adalah untuk melatih dan mendampingi peserta UMKM dalam meningkatkan kualitas produksi amplang ikan sungai. Kegiatan diawali dengan tahap persiapan berupa sosialisasi dan survei kondisi di lokasi Kecamatan Tayan Hilir. Metode yang dilakukan pada pelaksanaan PKM adalah pelatihan dan praktik secara langsung. Adapun tahapan pelaksanaan PKM adalah (1) pelatihan dan penyuluhan mengenai pengolahan kerupuk amplang ikan, desain kemasan, manajemen usaha dan administrasi keuangan serta pembuatan e-commerce, (2) praktik pembuatan kerupuk amplang, (3) bantuan fasilitas peralatan pengolahan, (3) pendampingan mitra, dan (4) monitoring dan evaluasi keberhasilan mitra dengan kuesioner. Berdasarkan hasil kuesioner, terdapat peningkatan pengetahuan, keterampilan, kualitas produk, dan kemampuan manajerial mitra tentang proses produksi kerupuk amplang ikan setelah dilaksanakan program PKM.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto S. (2013). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Bennion, M (1980). The science of food. John Willey and Sons. Singapore.

Fitriyani E, Nuraenah N, Laksono, Putra Y.P, Masi A, Novalina K, Deviarni, I.M. (2022). Pengembangan olahan produk value added dengan memanfaatkan kolam akuaponik sebagai peluang usaha masyarakat pada masa pendemi covid kabupaten kubu raya. Jurnal Kapuas Polnep, 2(1), 1-7.

Fitriyani E, Deviarni, I.M, Nuraenah N, Nugroho TS. (2021). Pengembangan usaha produk perikanan yang bernilai tambah dari hasil samping tulang ikan dan daging bagi masyrakat sekitar pondol pesantren almurrabby kabupaten kubu raya. Jurnal Kapuas Polnep, 1(1): 14-19.

Leiwakabessy, Lahallo, Ferdinandus, Pattiwael, Pakpahan, Rupilele. (2020). Pendampingan usaha mikro kecil dan menengah dalam meningkatkan produktivitas usaha. J-depace, 3(2), 231-239.

Mathis, R.L. & Jackson, J.H. (2006). Human resources management (10th ed.). Jakarta: Salemba Empa.

Mudjajanto, Eddy & Noor. (2004). Pembuat aneka roti. Jakarta: Penebar Swadaya.

Nadler. (1986) Keterampilan dan jenisnya. Jakarta: PT. Grapindo Persada.

Robbins, P., Stephen. (2000). Perilaku Organisasi: Konsep, Kontroversi, Aplikasi, Jilid 1 dan 2. Jakarta: Prehalindo.

Sulistiyani. (2010). Pengaruh manajerial kreativitas program pemasaran dan kemampuan berinovasi terhadap kinerja usaha kecil dan menengah di kota semarang. economica jurnal ekonomi islam. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo, 1 (1), 89-100.

Qosthari & Ana. (2016). Pengaruh penggunaan jumlah tapioka dan soda kue terhadap hasil jadi amplang ikan lele (clarias sp.). e-journal Boga, Volume 5 (1), 265 – 273.

Widyastuti E, Sugiarto Y, Wijayanti S., D. (2016). Inovasi pengembangan produk ikan asin organik dalam rangka pemberdayaan istri nelayan desa tambakrejo, sendangbiru. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 5(3), 133-142.

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Fitriyani, E., Nuraenah, N., Elida, S. S., & Purnamawati, P. (2023). Peningkatan Kualitas Produksi Amplang Ikan Sungai Pada Usaha Mikro Dasawisma Keluarga Bersama Kecamatan Tayan Hilir. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 277–291. https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i1.5466