Pembuatan Bahan Ajar Digital Berbasis Android Bagi Guru Kimia Se-Kota Bengkulu
DOI:
https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i2.5489Keywords:
bahan ajar digital, android, microsoft office powerpointAbstract
Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam merancang bahan ajar digital berbasis android menggunakan Microsoft Office PowerPoint (PPT) dengan bantuan iSpring Suite 10 dan Website 2 Apk Builder. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah workshop dan pelatihan yang diikuti oleh 20 orang guru kimia perwakilan dari SMA Negeri dan SMA Swasta di Kota Bengkulu. Pada pelaksanaan, peserta diberikan materi tentang pembuatan media berbasis android, praktik dan pembimbingan secara langsung. Pembuatan media ini sangat menarik dan mudah dibuat sehingga guru sangat antusias dalam membuat produk media pembelajaran yang akan mereka rancang. Dari 20 peserta yang mengikuti kegiatan, 80% peserta yaitu 16 orang telah berhasil membuat bahan ajar berbasis android. Dari angket respon yang disebarkan 100% peserta sangat tertarik untuk membuat bahan ajar, pemahaman tentang pembuatan media sebanyak 85%, kemampuan dalam mengembangkan materi ajar yang dibuat sebesar 85% serta keinginan untuk menerapkan bahan ajar yang dibuat sebanyak 90%. Pemahaman peserta terhadap bahan ajar digital menjadi meningkat dan peserta termotivasi untuk mengimplementasikan bahan ajar yang dibuat di kelas sehingga mendukung era industri 4.0.
Downloads
References
Arsanti, M. (2018). Pengembangan bahan ajar mata kuliah penulisan kreatif bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter religius bagi mahasiswa prodi pbsi, fkip, unissula. Jurnal Kredo, 1(2), 71-90.
Diani, R., dan Hartati, S. (2018). Flipbook berbasis literasi Islam: Pengembangan media pembelajaran fisika dengan 3D pageflip professional. Jurnal Inovasi pendidikan IPA, 4(2), 234-244.
Handayani, D., Ginting, S. M., & Alperi, M. (2023, March). The development of android-based learning media for organic chemistry i. In Mathematics and Science Education International Seminar 2021 (MASEIS 2021) (pp. 53-60). Atlantis Press.
Irawan, A., Risa, M., dan Norr, T. (2018). Remastering sistem operasi android untuk peningkatan performa pada lenovo a6000 plus. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi, 4(1), 12-16.
Jannah, M., Husna, A., dan Nurhalimah, S. (2020). Pembuatan aplikasi android dengan cepat menggunakan ispring untuk menunjang pembelajaran secara daring. Vektor, 1(2), 66-72.
Kartini, K.S., dan Putra, I N.T.A. (2020). Respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1), 12-19.
Kayandra, Y., dan Agustin, F. (2020). Perancangan aplikasi media pembelajaran interaktif menggunakan metode linear congruent method (lcm) pengenalan danau di indonesia berbasis android. Jurnal FTIK, 1(1), 1231-1240.
Magdalena, I., Wahyuni, H., Imelda, M. I., & Tazki, N. N. (2020). Analisis evaluasi formatif pada materi kewajiban, hak dan tanggung jawab pelajaran pkn kelas v sdn salembaran iii. Pandawa, 2(2), 255-269.
Rais, M dan Taha, S. (2017). Pengembangan aplikasi microsoft power point pada sistem operasi android sebagai bentuk media pembelajaran ilmu bahan listrik. Media Elektrik, 14(1), 1-6.
Ramadani, E.M., dan Nana. (2020). Media pembelajaran berbasis aplikasi android menggunakan powerpoint ispring suite 9 dengan model poe2we pada materi teori kinetik gas: literature review. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT), 8(3), 79-86.
Subagiyo, S. (2019). Penerapan model blended learning untuk meningkatkan pemahaman konsep termokimia siswa. Journal Education of Chemistry, 1(1), 1-8.
Supandi, A., Sahrazad, S., Wibowo, A.N., dan Widiyarto, S. (2020). Analisis kompetensi guru: pembelajaran revolusi industri 4.0. Prosiding Samasta, 1(1), 1-6.
Wati, S.S., Artayasa, I.P., dan Kusmiyati. (2020). Pengembangan bahan ajar sistem gerak makhluk hidup berbasis literasi sains dalam model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk siswa smp. Jurnal Pijar MIPA, 15(5), 548-553.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by GERVASI prior to the publication.