Bimbingan Belajar Calistung (Membaca, Menulis Dan Berhitung) Gratis Bagi Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i2.5520Keywords:
bimbingan belajar, membaca, menulis, berhitungAbstract
Pelaksanaan bimbingan belajar “calistung†(membaca, menulis dan berhitung) bertujuan untuk meningkatkan kompetensi literasi dan numerasi siswa. Kegiatan ini merupakan bagian program pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh lima orang mahasiswa bersama satu orang dosen pembimbing lapangan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas HKBP Nommensen Medan. Metode kegiatan dilakukan dengan memberikan bimbingan belajar gratis setiap harinya  kepada siswa-siswi kelas satu hingga kelas enam usai jam pelajaran sekolah. Selain bimbingan belajar, kegiatan untuk meningkatkan kreativitas seni siswa juga dilakukan dengan menyelenggarakan latihan minat dan bakat di hari Jumat dan Sabtu. Kegiatan ini dinilai berhasil dengan indikator adanya peningkatan nilai rata-rata posttest dari nilai rata-rata pre-test dan pertunjukan kreativitas siswa yang baik dalam penampilan drama dalam Bahasa Inggris, bernyanyi dan menari tari tradisional pada saat pelaksanaan pentas seni yang diselenggarakan pada hari terakhir kegiatan.
Downloads
References
Abdullah, D. (2016). Bimbingan Belajar Bagi Siswa Berkesulitan Membaca. Jurnal Suloh, 1(1).
Emaliana, I. (2017). Teacher-centered or student-centered learning approach to promote learning?. Jurnal Sosial Humaniora (JSH), 10(2).
Erica, D. (2016). Hubungan dan pengaruh bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada sma kafah unggul tangerang. Cakrawala: Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika, 16(1).
Fathurohman, I., & Ulya, H. (2021). Analisis keterampilan membaca permulaan dan berhitung pada siswa sekolah dasar. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(2), 79-87.
Mulyadi. (2010), Diagnosis kesulitan belajar dan bimbingan terhadap kesulitan belajar khusus. Yogyakarta : Nuha Litera.
Pratiwi, T. L., Yanelyn, W., Suksawai, P., Tohmi, N., & Alhaddad, S. (2021, October). Implementasi bimbingan belajar pada siswa kelas xi nongchok pittaya nussorn mattayom school untuk menghadapi ujian nasional bahasa inggris. National Conference for Community Service Project (NaCosPro), 3(1), 849-856.
Rinawati, A., Mirnawati, L. B., & Setiawan, F. (2020). Analisis hubungan keterampilan membaca dengan keterampilan menulis siswa sekolah dasar. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 4(2), 85-96.
Risdianti, D. A. (2021). Penggunaan model pembelajaran expositori/model pembelajaran yang berpusat pada guru/model pembelajaran konvensional untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.
Sari, A. R. (2018). Efektivitas bimbingan belajar menggunakan layanan konseling kelompok untuk meningkatkan tanggungjawab belajar peserta didik kelas viii smpn 11 bandar lampung tahun ajaran 2017/2018. Disertasi tidak diterbitkan. Lampung: UIN Raden Intan Lampung.
Wulan Suci, D. (2019). Manfaat Seni Musik Dalam Perkembangan Belajar Siswa Sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 177-184.
Sudrajat, A. (2008). Pengertian pendekatan, strategi, metode, teknik, taktik, dan model pembelajaran. (Online), (http://smacepiring. wordpress. com).
Sufa, F. F., & Setiawan, M. H. Y. (2020). Memberikan pemahaman tentang membaca menulis berhitung (calistung) kepada orang tua untuk anak usia dini. Adi Widya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 83-89.
Suyono & Hariyanto. (2011). Belajar dan pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Upa, R., & Tangkelangi, N. I. (2022). Pendampingan kegiatan belajar siswa untuk meningkatkan motivasi membaca dan penguasaan kosakata dasar bahasa inggris di mts opu daeng risaju palopo. Abdimas Langkanae, 2(1), 15-20.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by GERVASI prior to the publication.