Implementasi Program Sekolah Siaga Bencana dalam Meningkatkan Kesiapsiagaan dan Mitigasi Bencana Longsor
DOI:
https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i2.5575Keywords:
sekolah siaga bencana, kesiapsiagaan bencana, mitigasi bencana, bencana longsorAbstract
Sekolah Siaga Bencana sebagai solusi dalam mereduksi dampak dari bencana terhadap kelompok rentan, terutama anak-anak di sekolah. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai bencana longsor serta kesiapsiagaan untuk menghadapi bencana melalui program Sekolah Siap Bencana (SSB). Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan pada 16-18 Maret 2023 dan bertempat pada Sekolah Dasar Negeri 1 Desa Batu Merah dengan jumlah peserta kegiatan sebanyak 42 siswa. Kegiatan pengabdian dilaksanakan oleh Program Studi Pendidikan Geografi. Metode kegiatan menggunakan ceramah melalui penyuluhan maupun praktik simulasi evakuasi. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa pemahaman siswa tentang bencana longsor dan kesiapsiagaan meningkat setelah mengikuti pelatihan sehingga dapat melakukan evakuasi dengan aman dan efektif. Pelatihan program SSB perlu terus disosialisasikan dan didukung oleh pihak-pihak terkait untuk memastikan kesiapsiagaan dan mitigasi bencana longsor yang optimal.
Downloads
References
Arifin. (2020). Efektivitas program penanggulangan bencana kabut asap di kota pontianak. JPASDEV: Journal of Public Administration and Sociology of Development, 1(2), 189–208.
Arsyad, U., Barkey, R. A., Wahyuni, W., & Matandung, K. K. (2018). Karakteristik tanah longsor di daerah aliran sungai tangka. Jurnal Hutan Dan Masyarakat, 10(1), 203–214.
Asadel, S. T., Kurniawan, A., & Setiawan, M. C. A. (2022). Implementasi sendai framework terhadap respons bencana alam di filipina tahun 2016-2020. Journal of Political Issues, 3(2), 86–97.
Benchelha, S., Chennaoui Aoudjehane, H., Hakdaoui, M., Hamdouni, R. E. L., Mansouri, H., Benchelha, T., Layelmam, M., & Alaoui, M. (2020). Landslide Susceptibility mapping in the commune of oudka, taounate province, north morocco: a comparative analysis of logistic regression, multivariate adaptive regression spline, and artificial neural network models. Environmental and Engineering Geoscience, 6(1), 185–200.
Badan Nasional Penanggulangan Bencana. (2021). Korban dan kerusakan menurut bencana. Bidang Pengelolaan Data dan Sistem Informasi (PDSI), BNPB.
Badan Penanggulangan Bencana Daerah. (2020). Longsor Terjadi di Sejumlah Titik di Kota Ambon. REPUBLIKA.CO.ID, AMBON, (Online), (tersedia dihttps://d.republika.co.id/berita/qcqo0a284/longsor-terjadi-di-sejumlah-titik-di-kota-ambon).
Edward, Y. R., Afiezan, H. A., & Tarigan, A. E. (2022). The role of construction army in recovery phase disaster landslide (study case of yonzikon 13/ke task at sukamakmur bogor). International Journal of Social Science Research and Review, 5(10), 381–396.
Fathani, T. F., Karnawati, D., Wilopo, W., & Setiawan, H. (2023). Strengthening the resilience by implementing a standard for landslide early warning system. Progress in Landslide Research and Technology, 1(1), 277–284.
Febriani, T., Putri, R. E., & Wijaya, W. (2023). Implementasi program siaga bencana di sekolah menengah pertama pada kawasan rawan bencana gunung merapi kecamatan kayu aro kerinci. Journal on Education, 05(04), 33–39. https://doi.org/https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/2173
Fernando, N., & Jayasinghe, N. (2023). Disaster-Induced relocation of vulnerable households: evidence from planned relocation in sri lanka. Rebuilding Communities After Displacement: Sustainable and Resilience Approaches, 4(2), 245–268.
Indriasari, F. N., & Kusuma, P. D. (2020). Peran komunitas sekolah terhadap pengurangan risiko bencana di yogyakarta. Jurnal Perawat Indonesia, 4(2), 395–401.
Lasaiba, M. A. (2023). Sistem informasi geografi dan penginderaan jauh dalam pemetaan zona longsor lahan di kawasan terbangun. STRING (Satuan Tulisan Riset Dan Inovasi Teknologi), 7(3), 344–358.
Lasaiba, M. A., & Arfa, H. (2022). Spatial distribution of the earthquake episentrum based on geographic information system (gis) on ambon island. Jurnal Tunas Geografi, 11(1), 37–46.
Li, X., & Wang, Y. (2022). Construction of urban flood disaster emergency management system using scenario construction technology. Computational Intelligence and Neuroscience, 2(2), 27-44.
Lu, F., & Sohail, M. T. (2022). Exploring the effects of natural capital depletion and natural disasters on happiness and human wellbeing: a study in china. Frontiers in Psychology, 13(1), 23–33.
Mărgărint, M. C., KovaÄić, S., Albulescu, A. C., & Miljković, Ä. (2023). Natural multi-hazard risk perception and educational insights among geography and tourism students and graduates amid the covid-19 pandemic. International Journal of Disaster Risk Reduction, 86(1), 49-54. h
Mavrouli, M., Mavroulis, S., Lekkas, E., & Tsakris, A. (2023). The Impact of earthquakes on public health: a narrative review of infectious diseases in the post-disaster period aiming to disaster risk reduction. Microorganisms, 11(2) 1-23.
Nurfalaq, A., Manrulu, R. H., Ramli, I., Jusmi, F., & Illing, I. (2023). Pendidikan kebencanaan di sma negeri 11 luwu kecamatan lamasi kabupaten luwu. Madaniya, 4(1), 142–149.
Parkash, S. (2023). Lessons learned from landslides of socio-economic and environmental significance in india. Progress in Landslide Research and Technology, 1(2), 309–315.
Permatasari, A. L., Suherningtyas, I. A., & Kusuma Wiguna, P. P. (2022). Development and evaluation of the webgis application to support volcanic hazard mitigation in the southern flank of merapi volcano, sleman regency, yogyakarta province, indonesia. Geography, Environment, Sustainability, 15(4), 57–63.
Prakoso, B., Widana, I. D. K. K., & Subiyanto, A. (2021). Pendidikan dan literasi bencana dalam kerangka tri sentra pendidikan untuk generasi tangguh bencana. Jurnal Manajemen Bencana, 7(1), 59–76.
Pramajati, H., Sukaesih, N. S., Lindayani, E., Purnama, A., Nuryani, R., & Ridwan, H. (2020). Peningkatan Kesiapan sekolah siaga bencana melalui pelatihan siswa kader sekolah siaga bencana di smpn 1 cimalaka. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(3), 843–853.
Saha, S., Bera, B., Shit, P. K., Sengupta, D., Bhattacharjee, S., Sengupta, N., Majumdar, P., & Adhikary, P. P. (2023). Modelling and predicting of landslide in western arunachal himalaya, india. Geosystems and Geoenvironment, 2(2), 1–8.
Sari, D. P., & Suciana, F. (2019). Pengaruh edukasi audio visual dan role play terhadap perilaku siaga bencana pada anak sekolah dasar. Journal of Holistic Nursing Science, 6(2), 44–51.
Sujatha, E. R., Sudarsan, J. S., & Nithiyanantham, S. (2023). A review on sustainable reinforcing techniques to stabilize slopes against landslides. International Journal of Environmental Science and Technology, 3(2), 40–54.
Syarifuddin, S., EfendI, J. F., & Fauzia, F. A. (2023). Pemahaman mitigasi bencana alam siswa berbasis permainan tradisional pada pembelajaran matematika di sekolah darurat semeru. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 8(1), 152–160.
Tumpu, M., Jamal, M., SYAHRIR, M., Pasanda, O. S. R., Lapian, F. E. P., Rustam, M. S. P. A., Adhimastra, I. K., Mustika, W., & Muliawan, I. W. (2023). Infrastruktur berbasis mitigasi bencana. CV. Tohar Media.
Tyas, R. A., Pujianto, P., & Suyanta, S. (2020). Evaluasi manajemen program sekolah siaga bencana (ssb). Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(1), 10–23.
Zuhroh, N., Zuhdi, A., Maimunah, S. A., & Sari, U. A. (2023). Pemberdayaan guru dalam mewujudkan madrasah aman bencana melalui pelatihan membuat media komik berbasis mitigasi bencana. Journal of Research on Community Engagement(JRCE), 4(2), 60–67.
Zulkifli, L., Emilga, E. V., Zulkifli, L., Muh. Gibran Abdurrahman, Lingga Daniswara, Asmita, Basitha, M., & Ariesta, M. G. D. (2022). Sosialisasi mitigasi bencana dan pemetaan jalur evakuasi untuk mendukung desa sengkol sebagai desa tanggap bencana. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(1), 295–299.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by GERVASI prior to the publication.