Strategi Branding dan Pemasaran Kopi Robusta Produksi Petani di Desa
DOI:
https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i2.5628Keywords:
branding, kopi Robusta, media sosial, pemasaran, pengemasanAbstract
Desa Sembuang memiliki lahan tanam kopi Robusta terluas di Kecamatan Serbajadi, Kabupaten Aceh Timur. Namun, saat ini perhatian masyarakat Desa Sembuang terhadap kopi menurun, sehingga sebagian kebun kopi tidak terurus. Hal ini dikarenakan mutu pengemasan kopi yang rendah dan penjualan yang masih terbatas. Tujuan pengabdian ini yaitu untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan petani dalam melakukan pemasaran dan branding. Branding dilakukan dengan merek dagang, modernisasi pengemasan menggunakan standing pouch, dan pemasaran menggunakan media sosial. Metode yang digunakan pada pengabdian ini terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, persiapan, pelaksanaan, serta evaluasi. Luaran pengabdian ini adalah pengembangan produk kopi robusta dari sesi pengemasan dan pemasaran serta peningkatan pengetahuan mitra tentang pengemasan sebesar 45% dan pemasaran sebesar 42%.
Downloads
References
Ali, D. M. (2022). Enterpreneur villages: mewirausahakan desa melalui potensi desa. Kabupaten Aceh Timur.
Andika, T. H., Rizki, F., Dewi, A. P., Maarif, F., & Nugraha, D. A. Y. (2022, December). Pelatihan pengemasan dan pemasaran produk untuk meningkatkan pendapatan bagi pengusaha kopi srikandi pekon ngarip kecamatan ulubelu kabupaten tanggamus. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 3, pp. SNPPM2022EK-159).
Balik, D., Tuhuteru, J., & Joseph, C. N. (2020). Implementasi packaging strategy guna meningkatkan daya saing usaha kue tradisional berbahan baku sagu. MAREN: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 11-17.
Bastomi, M., Fadila, I., Nu'man, M. S., Putri, H. E., Zahro, A., Syamsudin, M. N., ... & Hakim, T. (2022). Peningkatan daya saing kopi dengan strategi kemasan dan pemasaran di Dusun Borojabung. DINAMIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1-6.
BPS. (2021). Kecamatan Serbajadi dalam angka 2021. Badan Pusat Statistik Kabupaten Aceh Timur.
Chandra, D., Ismono, R. H., & Kasymir, E. (2013). Prospek perdagangan kopi Robusta Indonesia di pasar internasional. Jurnal Ilmu Ilmu Agribisnis: Journal of Agribusiness Science, 1(1), 10-15.
Hidayanti, V. E. S., Rahmawati, M., Septiyadi, H. A., Indriyawati, I., Sa’adah, N. L., Tyas, M. Y. S., Alamaera, A. F. P, Choirullah, A.H., & Alfianto, A. G. (2021, December). Pengolahan susu kambing etawa pada masyarakat Desa Tamansari. In Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH) (pp. 853-858).
Immanuel, D. M. (2019). Pembelajaran online marketing pada program kewirausahaan pemberdayaan wanita Desa Kesamben Wetan Gresik. Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS, 5(2), 149-159.
Jayanti, N. K. D. A., Sastrawangsa, G., & Suradarma, I. B. (2016). Pemanfaatan teknologi informasi dalam meningkatkan nilai jual dan pemasaran bagi UKM Kopi Bali. Ngayah: Majalah Aplikasi IPTEKS, 7(2), 224-232.
Negara, M. I. S., Fajriati, A., Atmaja, D. D., Iyas, A. S. A. F., Alfiyah, T., Rizal, M., ... & Fatiatun, F. (2022). Strategi peningkatan branding produk yoghurt sebagai upaya pengembangan UMKM di Desa Kapencar Kertek Wonosobo. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(5), 1674-1679.
Rahmawati, Y., & Alfarozi, R. D. (2022). Pemberdayaan home industry melalui strategi pengemasan dan pemasaran kopi tradisional di Sukoharjo Pacitan. Abdimas Indonesian Journal, 2(1), 75-91.
Rukmana, R. (2014). Untung selangit dari agribisnis kopi. Yogyakarta: Lily Publisher.
Ukilarizqi, M. D., Sari, K. S. P., Mimaki, E. A., Mahadewi, K. J., & Arta, I. G. A. (2022). Penerapan strategi pemasaran guna peningkatan penjualan pupuk maggot di Desa Marga Dajan Puri. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(4), 1417-1427.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by GERVASI prior to the publication.