Strategi Branding dan Pemasaran Kopi Robusta Produksi Petani di Desa

Authors

  • Muhammad Fauzan Isma Universitas Samudra
  • Seprianto Seprianto Universitas Samudra
  • Nasrul Kahfi Lubis Universitas Samudra

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i2.5628

Keywords:

branding, kopi Robusta, media sosial, pemasaran, pengemasan

Abstract

Desa Sembuang memiliki lahan tanam kopi Robusta terluas di Kecamatan Serbajadi, Kabupaten Aceh Timur. Namun, saat ini perhatian masyarakat Desa Sembuang terhadap kopi menurun, sehingga sebagian kebun kopi tidak terurus. Hal ini dikarenakan mutu pengemasan kopi yang rendah dan penjualan yang masih terbatas. Tujuan pengabdian ini yaitu untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan petani dalam melakukan pemasaran dan branding. Branding dilakukan dengan merek dagang, modernisasi pengemasan menggunakan standing pouch, dan pemasaran menggunakan media sosial. Metode yang digunakan pada pengabdian ini terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, persiapan, pelaksanaan, serta evaluasi. Luaran pengabdian ini adalah pengembangan produk kopi robusta dari sesi pengemasan dan pemasaran serta peningkatan pengetahuan mitra tentang pengemasan sebesar 45% dan pemasaran sebesar 42%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Muhammad Fauzan Isma, Universitas Samudra

Program Studi Akuakultur

Seprianto Seprianto, Universitas Samudra

Program Studi Pendidikan Kimia

Nasrul Kahfi Lubis, Universitas Samudra

Program Studi Akuntansi

References

Ali, D. M. (2022). Enterpreneur villages: mewirausahakan desa melalui potensi desa. Kabupaten Aceh Timur.

Andika, T. H., Rizki, F., Dewi, A. P., Maarif, F., & Nugraha, D. A. Y. (2022, December). Pelatihan pengemasan dan pemasaran produk untuk meningkatkan pendapatan bagi pengusaha kopi srikandi pekon ngarip kecamatan ulubelu kabupaten tanggamus. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 3, pp. SNPPM2022EK-159).

Balik, D., Tuhuteru, J., & Joseph, C. N. (2020). Implementasi packaging strategy guna meningkatkan daya saing usaha kue tradisional berbahan baku sagu. MAREN: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 11-17.

Bastomi, M., Fadila, I., Nu'man, M. S., Putri, H. E., Zahro, A., Syamsudin, M. N., ... & Hakim, T. (2022). Peningkatan daya saing kopi dengan strategi kemasan dan pemasaran di Dusun Borojabung. DINAMIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1-6.

BPS. (2021). Kecamatan Serbajadi dalam angka 2021. Badan Pusat Statistik Kabupaten Aceh Timur.

Chandra, D., Ismono, R. H., & Kasymir, E. (2013). Prospek perdagangan kopi Robusta Indonesia di pasar internasional. Jurnal Ilmu Ilmu Agribisnis: Journal of Agribusiness Science, 1(1), 10-15.

Hidayanti, V. E. S., Rahmawati, M., Septiyadi, H. A., Indriyawati, I., Sa’adah, N. L., Tyas, M. Y. S., Alamaera, A. F. P, Choirullah, A.H., & Alfianto, A. G. (2021, December). Pengolahan susu kambing etawa pada masyarakat Desa Tamansari. In Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH) (pp. 853-858).

Immanuel, D. M. (2019). Pembelajaran online marketing pada program kewirausahaan pemberdayaan wanita Desa Kesamben Wetan Gresik. Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS, 5(2), 149-159.

Jayanti, N. K. D. A., Sastrawangsa, G., & Suradarma, I. B. (2016). Pemanfaatan teknologi informasi dalam meningkatkan nilai jual dan pemasaran bagi UKM Kopi Bali. Ngayah: Majalah Aplikasi IPTEKS, 7(2), 224-232.

Negara, M. I. S., Fajriati, A., Atmaja, D. D., Iyas, A. S. A. F., Alfiyah, T., Rizal, M., ... & Fatiatun, F. (2022). Strategi peningkatan branding produk yoghurt sebagai upaya pengembangan UMKM di Desa Kapencar Kertek Wonosobo. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(5), 1674-1679.

Rahmawati, Y., & Alfarozi, R. D. (2022). Pemberdayaan home industry melalui strategi pengemasan dan pemasaran kopi tradisional di Sukoharjo Pacitan. Abdimas Indonesian Journal, 2(1), 75-91.

Rukmana, R. (2014). Untung selangit dari agribisnis kopi. Yogyakarta: Lily Publisher.

Ukilarizqi, M. D., Sari, K. S. P., Mimaki, E. A., Mahadewi, K. J., & Arta, I. G. A. (2022). Penerapan strategi pemasaran guna peningkatan penjualan pupuk maggot di Desa Marga Dajan Puri. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(4), 1417-1427.

Downloads

Published

2023-08-01

How to Cite

Isma, M. F., Seprianto, S., & Lubis, N. K. (2023). Strategi Branding dan Pemasaran Kopi Robusta Produksi Petani di Desa. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 676–683. https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i2.5628