Upaya Peningkatan Kemampuan Guru dalam Menulis Buku Cerita Anak Islami

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i2.5662

Keywords:

cerita anak, guru, keterampilan, pelatihan

Abstract

Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam membuat buku cerita anak Islami yang menjadi bahan belajar menarik bagi siswa taman kanak-kanak (TK). Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah workshop dan pelatihan kepada guru-guru TK yang berjumlah 15 orang. Pelatihan ini dimulai dengan pre-test untuk mengukur pemahaman awal guru tentang tema-tema cerita anak Islami, dilanjutkan dengan pemaparan materi, latihan menulis cerita, presentasi hasil karya guru, dan diakhiri dengan posttest. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa guru mampu membuat buku cerita Islami yang menarik dan dapat dipasarkan atau diperjualbelikan sebagai media pembelajaran bagi anak TK.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Falikhatun Falikhatun, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret

Program Studi Akuntansi

References

Anjelina, L., Putri, D., Yetti, E., & Hartati, S. (2020). Pengaruh keterlibatan orangtua dan regulasi diri terhadap perilaku bullying anak usia dini abstrak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4(1), 715-732. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.438

Dini, J. P. A. U. (2022). Strategi pendidik dalam menumbuhkan karakter jujur pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 261-270.

Jusmawati, Rusdinal, & Barlian, E. (2020). Exploration of the honest character of the orphanage and its implications for strengthening character education. Proceedings of the 2nd International Conference Innovation, 504(ICoIE), 232-235. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201209.225

Hartati, S. (2015). Perkembangan belajar pada anak usia dini. Jakarta: Depdiknas

Nizar, S., & Hasibuan, Z. E. (2011). Membangun kerangka pendidikan ideal perspektif Rasulullah. Jakarta: Kalam Mulia.

Purwaningsih, C., & Syamsudin, A. (2022). Pengaruh perhatian orang tua, budaya sekolah, dan teman sebaya terhadap karakter religius anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2439-2452.

Rohita, R. (2020). Pengenalan Covid-19 pada anak usia prasekolah: analisis pada pelaksanaan peran orangtua di rumah. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 315-326.

Suprajogo, T., Kalida, M., & Roshonah, A. F. (2020). Anticipation of corruption through literation based honest behaviour learning in early childhood education. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(08), 1307-1319. https://doi.org/10.37200/IJPR/V24I8/PR280145

Tambak, S. (2016). Metode bercerita dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1(1), 1-26.

Wachidah, L. R., Suwignyo, H., & Widiati, N. (2017). Potensi karakter tokoh dalam cerita rakyat sebagai bahan bacaan literasi moral. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(7), 894-901.

Downloads

Published

2023-08-01

How to Cite

Falikhatun, F., Wahyuni, S., & Tirtoprojo, S. (2023). Upaya Peningkatan Kemampuan Guru dalam Menulis Buku Cerita Anak Islami. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 694–705. https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i2.5662