Upaya Peningkatan Kemampuan Guru dalam Menulis Buku Cerita Anak Islami
DOI:
https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i2.5662Keywords:
cerita anak, guru, keterampilan, pelatihanAbstract
Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam membuat buku cerita anak Islami yang menjadi bahan belajar menarik bagi siswa taman kanak-kanak (TK). Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah workshop dan pelatihan kepada guru-guru TK yang berjumlah 15 orang. Pelatihan ini dimulai dengan pre-test untuk mengukur pemahaman awal guru tentang tema-tema cerita anak Islami, dilanjutkan dengan pemaparan materi, latihan menulis cerita, presentasi hasil karya guru, dan diakhiri dengan posttest. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa guru mampu membuat buku cerita Islami yang menarik dan dapat dipasarkan atau diperjualbelikan sebagai media pembelajaran bagi anak TK.
Downloads
References
Anjelina, L., Putri, D., Yetti, E., & Hartati, S. (2020). Pengaruh keterlibatan orangtua dan regulasi diri terhadap perilaku bullying anak usia dini abstrak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4(1), 715-732. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.438
Dini, J. P. A. U. (2022). Strategi pendidik dalam menumbuhkan karakter jujur pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 261-270.
Jusmawati, Rusdinal, & Barlian, E. (2020). Exploration of the honest character of the orphanage and its implications for strengthening character education. Proceedings of the 2nd International Conference Innovation, 504(ICoIE), 232-235. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201209.225
Hartati, S. (2015). Perkembangan belajar pada anak usia dini. Jakarta: Depdiknas
Nizar, S., & Hasibuan, Z. E. (2011). Membangun kerangka pendidikan ideal perspektif Rasulullah. Jakarta: Kalam Mulia.
Purwaningsih, C., & Syamsudin, A. (2022). Pengaruh perhatian orang tua, budaya sekolah, dan teman sebaya terhadap karakter religius anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2439-2452.
Rohita, R. (2020). Pengenalan Covid-19 pada anak usia prasekolah: analisis pada pelaksanaan peran orangtua di rumah. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 315-326.
Suprajogo, T., Kalida, M., & Roshonah, A. F. (2020). Anticipation of corruption through literation based honest behaviour learning in early childhood education. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(08), 1307-1319. https://doi.org/10.37200/IJPR/V24I8/PR280145
Tambak, S. (2016). Metode bercerita dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1(1), 1-26.
Wachidah, L. R., Suwignyo, H., & Widiati, N. (2017). Potensi karakter tokoh dalam cerita rakyat sebagai bahan bacaan literasi moral. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(7), 894-901.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by GERVASI prior to the publication.